Aneka Macam Anggrek Yang Mempesona

- September 03, 2017

Aneka Macam Anggrek Yang Mempesona

 
Indonesia merupakan negara yng Amat kaya akan tanaman anggreknya, Imdonesia memiliki lebih dari 6.000 jenis anggrek serta menjadikan Indonesia menjadi negara yang dengannya spesies anggrek terbanyak serta terlengkap di dunia. Tak cuma itu jenis anggrek di Indonesia pula adalah jenis anggrek terindah serta terlangka didunia.
Berikut merupakan beberapa jenis anggrek yng ada di Indonesia
– Anggrek macan
http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/aneka-macam-anggrek-yang-mempesona.html
Grammatophyllum speciosum ataupun seringpula disebut-sebut yang dengannya nama G. papuanum yng diyakini menjadi satu dari sekian banyaknya variannya. Tanaman ini tersebar luas dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, sampai-sampai Papua. Oleh lantaran itu, tak heran bila tidak sedikit didapati varian-varian nya yang dengannya bentuk tanaman serta corak bunga yng tidak banyak berbeda. Dalam satu rumpun dewasa, tanaman ini bisa mencapai berat lebih dari 1 ton serta panjang malai bunga sampai-sampai 3 meter yang dengannya diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya malai bunganya bisa atau mampu menyangga puluhan kuntum bunga berdiameter 7-10 cm.
Dari corak bungany penduduk lokal Suka menjulukinya yang dengannya sebutan anggrek macan namun sebutan ini Suka rancu yang dengannya kerabatnya, Grammatophyllum scriptum yng mempunyai corak sejenis. Oleh karena itu, anggrek ini ternama pula yang dengannya sebutan menjadi anggrek tebu, lantaran sosok batang tanamannya yng menyerupai batang pohon tebu. Walaupun persebarannya cukup luas…anggrek ini malahan menghadapi ancaman serius dari perburuan tidak terkendali dan kerusakan tempat asli. Sosok pohonnya yng Amat besar gampang terlihat oleh para pemburu, berlebi lagi tatkala memunculkan bunganya yng mencolok. Belum lagi perkembangbiakan alami di tempat asli yang dengannya biji sangatlah susah diandalkan lantaran lambatnya laju pertumbuhan dari fase biji sampai-sampai mencapai tanaman dewasa yng siap berbunga. Barangkali hal ini dia yng mendasari mengapa anggrek ini menjadi satu dari sekian banyaknya species anggrek yng dilindungi.
– Anggrek hitam
http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/aneka-macam-anggrek-yang-mempesona.html
(Coelogyne pandurata) merupakan spesies anggrek yng cuma tumbuh di pulau Kalimantan. Anggrek hitam merupakan maskot flora provinsi Kalimantan Timur. Tatkala ini, tempat asli asli anggrek hitam mengalami penurunan jumlah yng cukup besar lantaran makin menyusutnya luas hutan di Kalimantan akan tetapi masih mampu didapati di cagar alam Kersik Luway dalam jumlah yng tidak banyak. Diperkirakan jumlah yng lebih tidak sedikit berada di tangan para kolektor anggrek.
Dinamakan anggrek hitam lantaran anggrek ini mempunyai lidah (labellum) berwarna hitam yang dengannya tidak banyak garis-garis berwarna hijau serta berbulu. Sepal serta petal berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum semerbak serta biasa mekar pada bulan Maret sampai-sampai Juni.
Anggrek hitam salah satunya dalam anggrek golongan simpodial yang dengannya bentuk bulb membengkak pada bagian bawah serta daun terjulur di atasnya. Setiap bulb cuma mempunyai dua lembar daun saja. Daunnya sendiri sekilas mirip semisal daun pada tunas kelapa.
– Anggrek bulan
http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/aneka-macam-anggrek-yang-mempesona.html
Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah satu dari sekian banyaknya bunga nasional Indonesia, Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) ditetapkan menjadi Puspa Pesona Indonesia mendampingi bunga melati (Jasminum sambac) yng ditetapkan menjadi puspa bangsa Indonesia serta padma raksasa (Rafflesia arnoldii ) menjadi puspa langka Indonesia.
Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah satu dari sekian banyaknya anggota genus Phalaenopsis, genus yng pertama kali didapati oleh spesialis botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Phalaenopsissendiri sedikitnya terdiri atas 60 jenis (spesies) yang dengannya sekitar 140 varietas yng 60 varietas diantaranya terdapat di Indonesia.
Di Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali didapati di Maluku. Anggrek bulan mempunyai beberapa nama daerah semisal anggrek wulan (Jawa serta Bali), anggrek terbang (Maluku), serta anggrek menur (Jawa). Pemerintah menetapkan anggrek bulan menjadi puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa), serta padma raksasa (puspa langka) didasari Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1993.
Pesona Anggrek Bulan. Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) adalah jenis anggrek (Orchidaceae) yng memiliki tanda khas kelopak bunga yng lebar serta berwarna putih. Walaupun tatkala ini telah tidak sedikit anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yng mempunyai corak serta warna beragam jenis.
Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) salah satunya dalam tanaman anggrek monopodial yng menyukai tidak banyak cahaya matahari menjadi penunjang hidupnya. Daunnya berwarna hijau yang dengannya bentuk memanjang. Akar anggrek bulan berwarna putih berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging. Bunga anggrek bulan mempunyai tidak banyak keharuman serta waktu mekar yng lama dan bisa tumbuh sampai-sampai diameter 10 cm lebih.
Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) tumbuh liar serta tersebar luas mulai dari Malaysia, Indonesia, Filipina, Papua, sampai-sampai ke Australia. Anggrek bulan hidup secara epifit yang dengannya menempel pada batang ataupun cabang pohon di hutan-hutan. Secara liar anggrek bulan bisa atau mampu tumbuh subur sampai-sampai ketinggian 600 meter dpl.
Lantaran keindahannya itu wajar andai lantas anggrek bulan ditetapkan menjadi puspa pesona, satu diantara 3 bunga nasional Indonesia. Anggrek bulan ditetapkan menjadi puspa pesona mendampingi melati (puspa bangsa) serta padma raksasa (puspa langka).

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/aneka-macam-anggrek-yang-mempesona.html.

Seputar Aneka Macam Anggrek Yang Mempesona

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Aneka Macam Anggrek Yang Mempesona