Cara Budidaya Terung Dan Budidaya Oyong

- November 04, 2017

Cara Budidaya Terung Dan Budidaya Oyong

 
Budidaya Terung
1. Tanda-ciri dan jenis-jenis terung
Terung mempunyai ciri-ciri menjadi berikut:
  • Berbentuk perdu,
  • Berakar tunggang,
  • Batangnya keras, bercabang tidak sedikit, dan berbulu agak kasar,
  • Tumbuh di dataran rendah,
  • Bunganya berwarna ungu dan putih,
  • Bentuk buahnya bulat, lonjong, ataupun bulat panjang,
  • Warna buah ungu, putih, dan hijau bergaris putih,
  • Daging buah kenyal dan tak berair.

Ada beberapa jenis terung yng dikenal oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat luas, di antaranya menjadi berikut.
budidaya terung
a. Terung kopek
Bentuk buah terung kopek merupakan bulat panjang yang dengannya ujung tumpul. Adapun warna terung ini ungu ataupun hijau keputih-putihan.
b. Terung craigi
Bentuk buah terung jenis ini merupakan bulat panjang yang dengannya ujung runcing; ada yng lurus dan ada yng bengkok. Adapun warna terungnya merupakan ungu.
c. Terung bogor ataupun terung kelapa
Bentuk terung jenis ini bulat besar. Warna-nya putih, hijau keputih-putihan. Rasa terung ini renyah dan agak getir
Terung gelatik ataupun terung lalap
Bentuk terung jenis ini semisal terung bogor, akan tetapi lebih kecil. Jenis terung ini berwarna ungu ataupun putih kekuning-kuningan. Rasa terung ini renyah, akan tetapi tak getir.
2. Bertanam terung
Tanaman terung tidak sedikit ditanam di pekarangan. Jenis sayuran ini bisa yang dengannya gampang ditanam, baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi.Selain itu, penanaman dan pemeliharaan tanaman terung salah satunya gampang. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertanam terung, anda Perlu memilih lahan yng subur dan cukup air. Musim tanam yng baik merupakan musim kemarau meskipun mampu pula musinm hujan.
Andai akan bertanam terung, anda Perlu menebar biji terung berlebi dahulu di pesemaian. Benih ini akan tumbuh sesudah 10 hari. Seusai bibit terung berumur 1,5 bulan ataupun kira-kira berdaun empat helai, bibit terung ditanam di lubang tanam tanam yng sudah dipersiapkan di lahan yng sudah diolah berlebi dahulu. Tiap lubang tanam ini diberi pupuk sangkar ataupun pupuk kompos secukupnya.
Dua minggu lantas, anda Perlu memberinya pupuk buatan. Pupuk buatan yang telah di sebutkan berupa urea, TSP, dan KCL yang dengannya perbandingan 1:2:1. Tiap tanaman terung diberi pupuksekitar 12 g. pemberian pupuk ini tak boleh terlalu dekat yang dengannya (Cucumis sativus L) berasal dari Asia Selatan. Mentimun tidak sedikit memiliki kandungan vitamin A, B, dan vitamin C. Ketiga vitamin itu Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk tubuh lantaran membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
budidaa oyong
Menanam Oyong
Oyong merupakan satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yng mempunyai kandungan vitamin yng baik bagi kebutuhan kita-kita, lantaran oyong memiliki kandungan vitamin A, vitamin, dan vitamin C. meskipun oyong jenis sayuran yng tidak lebih popular tetatapi oyong mempunyai rasa yng tak kalah enak dibanding yang dengannya sayuran lain.
Tanaman yng satu ini Suka kita jumpai di pinggir-pinggir pagar ataupun tumbuh di dekat pohon besar.
Tanda-ciri Oyong
Oyong mempunyai ciri-ciri menjadi berikut :
  1. Tanamannya hidup yang dengannya merambat, yang dengannya alat pemegang berbentuk pilin.
  2. Berbatang panjang (mampu mencapai puluhan meter) dan kuat
  3. Berdaun lebar dan berlekuk menjari yang dengannya bulu halus
  4. Buahnya berbentuk bulat panjang dan berusuk-rusuk (sepuluh buah)

Cara Menanam Oyong
Pada dasranya tanaman oyong bisa ditanam di segala tempat, baik di dataran rendah ataupun dataran tinggi. Akan tetapi, syarat yng terpenting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam oyong ini merupakan tanahnya Perlu cukup memiliki kandungan cukup air, beriklim kering, dan kelembaban tanah.
Tanah yng akan ditanami oyong tak butuh dicangkul, akan tetapi buatlah lubang yng lebarnya kira-kira 25 cm yang dengannya kedalaman 20 cm. jarak antar lubang yang telah di sebutkan 50-60 cm dan antara baris lubang kira-kira 200 cm.
Setiap lubang diisi pupuk, boleh pupuk sangkar atapun kompos sebanyk 1 kg. biji oyong yang telah di sebutkan dimasukan ke lubang yng sudah tersedia, lantas ditutup yang dengannya tanah tipis.
Andai tinggi oyong telah mencapai 50 cm, buatlah tiang yng terbuat dari bamboo yang dengannya ketinggian 1,5-2 m. tiang yang telah di sebutkan bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk merambatkan oyong. Pemeliharaan oyong di lakukan yang dengannya tatacara memangkas dan mengurangi daunnya.
Adapun hama yng Suka menyerang oyong merupakan oteng-oteng. Hama yang telah di sebutkan Suka merusak daun dan bunga oyong.
Seusai berumur 1,5-2 bulan, oyong bisa dipanen. Tanaman oyong yng terawatt bisa menghasilkan 1,5 kg buah setiap pohon.
Manfaat Oyong
Oyong memiliki tidak sedikit manfaat, diantaranya menjadi obat dan menjadi makanan. Menjadi obat, oyong bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembersih darah. Adapun menjadi makanan, oyong bisa dipakai menjadi sayur lodeh. Kulit buah oyong yng sudah kering bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggosok badan disaat mandi.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/02/cara-budidaya-terung-dan-budidaya-oyong.html.

Seputar Cara Budidaya Terung Dan Budidaya Oyong

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Terung Dan Budidaya Oyong