Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Jahe Gajah Yang Menguntungkan

- Agustus 13, 2017

Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Jahe Gajah Yang Menguntungkan

 

Jahe(Zingiber officanale)mempunyai nilai ekonomi tertinggi dibanding jenis lain-lainnya.Hal ini lantaran manfaatnyayang beragam,menjadi obat,jamu,pemberi aroma pada makanan dan minuman,hingga menjadi penghangat badan.Maka tak heran andai kebutuhan dunia terhadap rimpang jahe selalu meningkat di pasar lokal ataupun di pasar dunia.Apalagi permintaan pasar yang telah di sebutkan tatkala ini masih belum terpenuhi menjadikan kesempatan bisnis jahe adalah pengganti bisnis yang menguntungkan andai dikelola yang dengannya baik dan benar.
A.
Jahe dipasaran


Jahe segar,yakni jahe yang langsung dipasarkan tanpa diolah.Sesudah dipanen,batang dan akar-akarnya a dibersihkan,dicuci,lantas dipasarkan.
Jahe kering,biasanya berbentuk irisan.
Awetan jahe,ada tiga jenis yakni asinan jahe,jahe dalam sirup,dan jahe kristal.
Jahe bubuk,adalah produk olahan dalam industri obat,jamu,farmasi.
Minyak Atsiri jahe,menyuling jahe kering yang dihaluskan.
B.Peluang Jahe gajah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pasar ekspor,jahe gajah merupakan jenis jahe yang paling tidak sedikit dicari di pasar dunia.Malah jahe gajah telah menyentuh pasar negara luar diantaranya Inggris,Jerman,Jepang,Amerika Serikat,Belgia,Kuwait,Bahrain,Senegal,dan Kanada.
Ketidak seimbangnya permintaan pasar dan rendahnya kemampuan memenuhi terang adalah kesempatan yang besar menjadi pelaku bisnis budidaya jahe.
Peluang budidaya bisnis jahe mempunyai keuntungan yang cukup tinggi.Apalagi saat ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk panen jahe gajah tak butuh menunggu 10-12bulan.Permintaan awetan jahe ataupun asinan jahe yang tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk ekspor memungkinkan jahe dipanen dalam waktu muda yakni 3-4bulan.
Andai tujuan pembudidayaan jahe gajah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipanen waktu muda,jarak tanam mampu lebih rapat.
C.Produktivitas Dan Pemasaran
Produktivitas jahe gajah rata-rata 10-20Ton/Hektar.Andai dioptimalkan maka mampu mencapai 20-40Ton/Hektar.
Pemasaran jahe bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokal
Petani jahe menjual hasil panen ke pedagang(distributor)yang selanjutnya dijual ke pedagang-pedagang besar lantas dipasarkan melalui pasar ataupun pedagang eceran.
Pemasaran jahe bagi atau bisa juga dikatakan untuk ekspor
Petani mengirim hasil panennya ke pabrik perusahaan yang sudah bekerjasama lantas pihak perusahaan ataupun eksportir menjual kembali kepasar luar negeri.
D.Analisa usaha jahe gajah
1.Luas areal penanaman 1hektar(10.000meter persegi).
2.Penanaman di lakukan secara intensif,menjadikan panen jahe yang muda(3-4bulan) mencapai 20Ton dan panen jahe yang tua(10-12bulan)
mencapai 30Ton.
3.Jarak tanan 30x40cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe yang dipanen muda dan 40x60cm bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe yang dipanen sesudah tua.
4.Harga bibit jahe rp8000/kg,dibutuhkan 70kuintal bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe yang dipanen muda dan 30kuintal bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe yang dipanen waktu tua.
5.Pemanenan jahe muda di lakukan dua kali setahun dan jahe tua sekali setahun.
6.Hasil panen dijual dalam bentuk rimpang segar yang dengannya harga rp6000/kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe muda dan rp7000/kg bagi atau bisa juga dikatakan untuk jahe tua.
7.Harga per januari 2016.
Pemasukan
Panen jahe muda musim tanam pertama dan kedua yang dengannya produksi 20Ton yang dengannya Harga jual Rp.6000,- maka mendapatkan pemasukan senilai
=6000x20.000=120.000.000/120juta
Panen jahe tua yang dengannya produksi 30ton yang dengannya harga jual Rp.7000 maka mendapatkan pemasukan senilai =7000x30.000=210.000.000/210jt.
Total pemasukkan=210jt+120jt=330jt
Pengeluaran
Bibit jahe gajah bagi atau bisa juga dikatakan untuk satu hektar dibagi menjadi dua bagian bagi atau bisa juga dikatakan untuk yang muda dan yang tua total biaya=56jt bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit muda 24jt bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit tua
Biaya pemupukan(sangkar,za/urea,TSP,kcl,npk)zat perangsang tumbuh pestisida,mulsa,kapur dolomot total biaya Rp.20jt/thn
Biaya ketenagakerjaan/pengelolaan tanah total=Rp30jt/tahun
Keutungan=Pendapatan-pengeluaran
Keuntungan=330jt-130jt=200jt
Jadi keuntungan yang didapat dari analisa usaha yang telah di sebutkan selama 1tahun yakni 200jt.
Menjadi negara tropis,Indonesia Amat berpeluang menjadi produsen utama jahe dunia.kita mempunyai lahan yang luas bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbudidaya,iklim yang mendukung,sumber daya kita-kita yang melimpah.Selama ini pasar jahe dunia masih dikuasi India yang memasok lebih dari 1/2 50% kebutuhan jahe dunia.Dan Indonesia cuma bisa atau mampu memenuhi 4-5%kebutuhan jahe di dunia.Hal ini dikarenakan minimnya lahan para petani yang mebudidayakannya dan rendahnya produktivitas jahe yang mendongkrak produksi jahe d Indonesia.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/10/peluang-bisnis-dan-analisa-usaha-jahe.html.

Seputar Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Jahe Gajah Yang Menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peluang Bisnis Dan Analisa Usaha Jahe Gajah Yang Menguntungkan