Cara Fermentasi Daun Jati Untuk Pakan Ternak Sapi

- Februari 13, 2018

Cara Fermentasi Daun Jati Untuk Pakan Ternak Sapi

 
Fermentasi Daun Jati Untuk Pakan Ternak Sapi
Satu dari sekian banyaknya kunci keberhasilan dalam bisnis khususnya dalam bisnis peternakan merupakan kita menjadi peternak bisa atau mampu menyediakan pakan yng berkualiatas yng terus-menerus tanpa putus ataupun secara berkesinambungan dalam bisnis peternakan semisal penggemukan ataupun breeding.
Dalam bisnis ini kita bisa melihat, pakan merupakan biaya yng tertinggi yng bisa mencapai 70% dari total biaya bisnis peternakan.
Lantaran tingginya biaya pada bagian pakan yang telah di sebutkan, kita mesti mensiasati serta menjadi pokok pikiran kita supaya bisa menyediakan pakan bermutu yang telah di sebutkan.
Bermacam-macam bisnis yng di lakukan, antara lain yang dengannya mencari pengganti sumber pakan baru yng relatif murah serta tentunya yang dengannya kondisi gizi paling baik.
Terbatasnya lahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam pakan hijauan, menjadikan ternak kita jadi Suka mengalami kekurangan pakan pada musim kemarau.
Banyak sekali upaya di lakukan yng mampu di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan sumber pakan lain yng memiliki nilai gizi yng percis yang dengannya rumput hijau.
Satu dari sekian banyaknya pakan yng bisa diolah merupakan limbah pertanian, perhutanan, serta perkebunan, semisal : guguran daun jati, batang pohon pisang, serta lain-lain.
Yang akan di sajikan kali ini merupakan Cara Fermentasi Daun Jati
Semisal yng sudah disampaikan dalam tulisan atau artikel sebelumnya, fermentasi adalah pakan ternak hasil proses pemecahan senyawa organik, dimana yang dengannya bantuan mikroorganisme diubah menjadi senyawa yng simpel.
Bahan-bahannya Merupakan :
Daun Jati 10 Kg
Daun-daun kering 10 Kg
Rumput Hijauan Lapang 20 Kg
Ketela 8 Kg
Janggelan 10 Kg
Molases ataupun Tetes Tebu 6 Kg
Bekatul 3 Kg
Kulit Kacang 10 Kg
K-Bioboost 1 L
Air secukupnya
Cara Pengolahan Bahan Pakan Fermentasi :
Timbanglah bahan yng akan dipakai yng akan difermentasi
Potong bahan pakan yang telah di sebutkan yang dengannya parang ataupun mesin chopper.
Daun Jati bisa digiling supaya menjadi halus.
Bahan pakan yng sudah disiapkan dibuat berlapis serta lapis, lantas dicampur yang dengannya bekatul, tetes tebu, serta Bioboost.
Pakan yng sudah dibuat, diaduk secara merata seluruhnya.
Lantas masukkan ke dalam drum plastik ataupun silo, dipadatkan yang dengannya tatacara dinjak-injak hingga padat, lantas tutuplah yang dengannya rapat.
Lamanya fermentasi selama 15 hari menjadikan hasil akan maksimal.
Hasil fermentasi ini akan dikatakan sukses andai :
Pakannya berbau harum
Warna kuning kecoklatan
Teksturnya lembut serta lembab
Tak berjamur
Andai hasil fermentasi ini, yng diberikan tak habis, kita Perlu menutup kembali yang dengannya rapat, agar bisa mikroba pengurai yng ada dalam drum tak mati, serta sisa yng belum habis andai akan dipakai kembali
Disarankan langsung habis diberikan pada ternak
Mudah-mudahan Memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/cara-fermentasi-daun-jati-untuk-pakan.html.

Seputar Cara Fermentasi Daun Jati Untuk Pakan Ternak Sapi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Fermentasi Daun Jati Untuk Pakan Ternak Sapi