Manfaat Buah Matoa

- Februari 07, 2018

Manfaat Buah Matoa

 

Matoa (Pometia pinnata) merupakan tanaman buah asli khas Papua, Matoa berasal dari keluarga (family) rambutan (Sapindaceae). Matoa sebetulnya tumbuh liar di hutan-hutan Papua, sejenis tumbuhan pohon besar, tinggi pohon rata-rata 16 meter yang dengannya diameter rata-rata maksimum 90 cm. Matoa berbuah sekali dalam setahun, berbunga pada bulan Juli sampai-sampai Oktober. Matoa adalah buah musiman yng berbuah pada bulan September-Nopember. Distribusinya di Papua terdapat di seluruh wilayah dataran rendah sampai-sampai ketinggian ± 1200 m dpl. Tumbuh baik pada daerah yng kondisi tanahnya kering (tak tergenang) yang dengannya lapisan tanah yng tebal. Iklim yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan yng baik merupakan iklim yang dengannya curah hujan tinggi (>1200 mm/tahun). Matoa terdapat pula di beberapa daerah diMaluku, Sulawesi, serta Papua New Guenea dan di daerah tropis Australia. Kini buah matoa pula terdapat di pulau Jawa (introduksi).
Di Papua terdapat 2 jenis matoa, yakni matoa kelapa serta matoa papeda. Matoa Kelapa tekstur daging buahnya agak kenyal semisal rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,8 cm serta diameter biji 1,25-1,40 cm. Sedangkan Matoa Papeda tekstur daging buahnya agak lembek serta lengket yang dengannya diamater buah 1,4-2,0 cm. Tanaman ini gampang beraptasi yang dengannya kondisi panas ataupun dingin. Pohon ini pula tahan terhadap serangga, yng pada biasanya merusak buah.
Buah matoa mempunyai rasa manis (manis legit) beraroma campuran antara rambutan, durian, serta kelengkeng. Bentuk buahnya lonjong, seukuran buah pinang (keluarga Palem), disaat muda berwarna hijau serta sesudah matang berwarna hijau kekuningan ataupun coklat kemerahan ataupun kehitaman.
2. MANFAAT BUAH MATOA

Buah matoa bisa dikonsumsi segar serta mempunyai rasa semisal gabungan antara rambutan, durian serta kelengkeng yng tentu saja membuat buah ini Amat lezat. Lantaran rasanya yng enak, buah ini mempunyai nilai jual yng cukup tinggi. Buah matoa kaya akan vitamin C serta E, serta buah ini pula kaya akan kandungan glukosa jenuh, menjadikan andai terlalu tidak sedikit mengkonsumsinya akan memicu agak mumet (teler).
Vitamin C serta E dalam buah matoa berguna menjadi antioksidan yng bisa menangkal radikal bebas yng menyerang system kekebalan tubuh yng mampu merusak dan menggerogoti sel-sel tubuh. Vitamin C pula berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya tahan tubuh dari serangan macam-macam penyakit. Vitamin E dalam buah matoa pula bisa membantu meringankan stress, menaikan daya tahan tubuh, menaikan kesuburan wanita dan meminimalkan resiko terserang penyakit kanker dan penyakit jantung koroner. Vitamin E dalam buah matoa pula mempunyai peran penting dalam melindungi kebugaran atau kesehatan kulit yang dengannya tatacara melindungi dan menaikan kelembaban dan elastisitas kulit. Bersama-sama yang dengannya beberapa senyawa fitokimia yng terkandung dalam buah matoa, vitamin E ini bisa atau mampu menaikan regenerasi sel-sel kulit.(elly gunawan)-kompasiana

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/manfaat-buah-matoa.html.

Seputar Manfaat Buah Matoa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Buah Matoa