Mengenal Pohon Tanjung | Referensi Pohon Tanjung

- Februari 14, 2018

Mengenal Pohon Tanjung | Referensi Pohon Tanjung

 

Tanjung (Mimusops elengi) merupakan sejenis pohon yng berasal dari India, Sri Lanka serta Burma. Sudah masuk ke Nusantara semenjak berabad-abad yng silam, pohon ini pula dikenal yang dengannya nama-nama sepertitanjong (Bug., Mak.), tanju (Bim.),angkatan, wilaja (Bal.), keupula cangè(Aceh), serta kahekis, karikis, kariskis, rekes(aneka bahasa di Sulut). Pohon tanjung berbunga harum semerbak serta bertajuk rindang, biasa ditanam di taman-taman serta sisi jalan.

Tanaman TanjungPohon berukuran tengah, tumbuh sampai-sampai ketinggian 15 m. Daun-daun tunggal, tersebar, bertangkai panjang; daun yng termuda berambut coklat, yng segera gugur. Helaian daun lingkaran telur sampai-sampai melonjong, panjang 9–16 cm, semisal jangat, bertepi rata akan tetapi menggelombang.
Bunga berkelamin dua, sendiri ataupun berdua menggantung di ketiak daun, berbilangan-8, berbau enak semerbak. Kelopak dalam dua karangan, bertaju empat-empat; mahkota yang dengannya tabung lebar serta pendek, dalam dua karangan, 8 serta 16, yng yang terakhir merupakan alat tambahan sejenis mahkota, putih kekuning-kuningan. Benang sari 8, berseling yang dengannya staminodia yng ujungnya bergigi. Buah semisal buah buni, berbentuk gelendong, bulat telur panjang semisal peluru, 2–3 cm, akhirnya merah jingga, yang dengannya kelopak yng tak rontok. Biji kebanykan 1, gepeng, keras mengilat, coklat kehitaman.
Buah tanjung
Manfaat
Bunganya yng wangi gampang rontok serta dikumpulkan di pagi hari bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengharumkan pakaian, ruangan ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk hiasan. Bunga ini, serta aneka bagian tumbuhan lain-lainnya, pula mempunyai khasiat obat. Buahnya bisa dimakan.
Air rebusan pepagannya dipakai menjadi obat penguat serta obat demam. Rebusan pepagan beserta bunganya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi murus yng disertai demam. Daun segar yng digerus halus dipakai menjadi tapal obat sakit kepala; daun yng dirajang sebagaimana tembakau, dicampur tidak banyak serutan kayu secang serta dilinting yang dengannya daun pisang, dipakai menjadi rokok bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati seriawan mulut.
Pohon tanjung
Kayunya padat, berat, serta keras. Kayu dari varietasparvifolia yng biasa tumbuh dekat pantai dipilih menjadi bahan pasak dalam pembuatan perahu, bagi atau bisa juga dikatakan untuk tangkai tombak serta tangkai perkakas lain, almari serta mebel, dan bagi atau bisa juga dikatakan untuk tiang rumah. Varietas ini mampu tumbuh setinggi 25 m serta segemang 40 cm. Kayu tanjung pula baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bahan ukiran, patung, penutup lantai, jembatan, serta bantalan rel kereta api.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/mengenal-pohon-tanjung.html.

Seputar Mengenal Pohon Tanjung | Referensi Pohon Tanjung

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Pohon Tanjung | Referensi Pohon Tanjung