Manfaat Untuk Bunga Anggrek Untuk Kecantikan Wajah & Kesehatan Kulit

- Februari 14, 2018

Manfaat Untuk Bunga Anggrek Untuk Kecantikan Wajah & Kesehatan Kulit

 
Di benua Asia, warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Cina, jepang, India, serta Indonesia tidak sedikit yng mempergunakan serta memanfaatkan tumbuhan obat guna memenihu kebutuhan kebugaran atau kesehatan.
Pendapat dari Kong (2003), sekitar 7300 spesies tumbuhan sudah dimanfaatkan oleh warga atau juga bisa dikatakan masyarakat Cina menjadi obat tradisional.
Hal ini menjadikan Cina menjadi Negara terdepan dalam pemanfaatan tumbuhan obat.
Bunga Anggrek, Tanaman anggrek, Manfaat bunga anggrek, manfaat tanaman anggrek, manfaat anggrek untuk Kecantikan & Kesehatan
Anggrek merupakan jenis tumbuhan yng masuk ke dalam keluarga Orchidaceae yng sudah lama dimanfaatkan menjadi tumbuhan obat antara lain Dendrobium, malaxis, Gastrodia, Bletilla, serta Anoectochillus.
Beberapa genus yang telah di sebutkan sudah dideskripsikan dalam buku Materia Medica yng ditulis di masa Kaisar Shen-Nung pada abad ke-28 SM.Malah, produk obat-obatan tradisional yng berasal dari Denrobium sudah lama diperdagangkan di Cina.
Alasan Dendrobium dijadikan obat merupakan lantaran menghasilkan aneka macam senyawa metabolit penting, di antaranya merupakan alkaloid.
Alkaloid yng paling tidak sedikit dijumpai pada anggrek jenis Dendrobium merupakan C 16H 25O2N. Ekstraksi pada tanaman anggrek jenis ini Suka di lakukan pada bagian batangnya.
Nobilonine, dendrine, dendroxime, serta dendramine merupakan jenis metabolit lain yng didapati pada tanaman anggrek jenis ini.
Indonesia memiliki kekayaan tumbuhan yng Amat besar. Kekayaan spesies anggrek yng ada di Indonesia adalah satu dari sekian banyaknya yng terbesar di dunia, jauh melebihi Cina.
Satu dari sekian banyaknya spesies anggrek di Indonesia merupakan anggrek merpati. Di Indonesia, anggrek merpati salah satunya spesies yng tumbuh secara liar, akan tetapi tidak sedikit dijumpai menjadi tanaman hias di rumah, kampus, sampai-sampai tepi jalan.
Selain menjadi tanaman hias, potensi anggrek di Indonesia bisa terus dikembangkan yang dengannya tips mengoptimalkannya menjadi tumbuhan obat.
Anggrek Berguna Untuk Kecantikan & Kesehatan
Khasiat yng terkandung di dalam anggrek bisa dipakai menjadi bahan baku dalam pembuatan produk kosmetik serta obat-obatan. Berikut merupakan beberapa manfaat dari tanaman anggrek, baik menjadi obat herbal ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebugaran atau kesehatan serta kecantikan.
1. Menjadi Simbol serta aroma Pengharum
Anggrek Suka dipergunakan menjadi symbol dari rasa cinta, kemewahan, serta keindahan. Malah, orang Yunani menggunkan anggrek menjadi symbol kejantanan. Sedangkan, orang Cina mempercayai bahwasanya anggrek merupakan tanaman yng mengeluarkan aroma harum dari tubuh kaisar Cina.
2. Bahan baku parfum
Ekstrak dari bunga anggrek bisa dijadikan menjadi bahan aroma dalam pembuatan minyak wangi
3. Tanaman herbal
Beberapa abad yng lantas, anggrek memiliki peran penting dalam pengembangan tekhinik pengobatan herbal. Penggunaan anggrek menjadi obat sudah dipakai dalam pengobatan tradisional guna mengobati banayk penyakit. Gastrodia elata adalah satu dari tiga jenis anggrek yng tercantum dalam buku Materia Medica.
4. Menjadi bahan makanan
Vanili (Vanilla plafonia) adalah anggota dari suku anggrek-anggrekan. Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan buahnya guna penyedap pada kue, pembuatan parfum, serta aromaterapi. Sedangkan, umbi dari anggrek Orchis mascula yng telah dijadikan bubuk bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran bumbu dalam memasak. Sementara itu, daun kering dari anggrek jumellea fragrans bisa diguanakn menjadi perasa pada minuman serta biasa dipakai di Pulau Reunion.
5. Obat sesak napas
Guna mengatasi penyakit tuberculosis, abses paru-paru, serta penyakit saluran pernapasan, genakan ramuan obat dari bahan tumbuh-tumbuhan, di antaranya merupakan anggrek tanah (Bletilla striata). Bunga anggrek ini berwarna merah muda keunguan serta bertangkai panjang. Umumnya, anggrek tanah tumbuh diberbagai kondisi tanah.
6. Menjadi obat kanker
Senyawa-senyawa aktif yng terdapat di dalam anggrek bisa memiliki kegunaan menjadi obat antikanker. Sedangkan, kandungan zat dendrobine serta alkaloid pada tanaman anggrek memiliki kegunaan guna pengobatan impotensi serta menurunkan kadar gula darah (Bulpitt,2007).
7. Menjadi antibiotik
Tanaman anggrek mempunyai kandungan zat yng cukup tidak sedikit. Menjadikan, tak menutup mungkin bahwasanya tanaman ini bisa dimanfaatkan menjadi bahan antibiotik yng memberikan manfaat bagi penyembuhan, misalnya menjadi penawar luka akibat serangan lebah.
Sumber: Tanaman-Tanaman Hias Ajaib bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kecantikan serta Kesehatan, Penulis Yusef N. Jatmika, Penerbit BUKUBIRU
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/bunga-anggrek-tanaman-ini-memiliki-manfaat-kecantikan-kesehatan.html.

Seputar Manfaat Untuk Bunga Anggrek Untuk Kecantikan Wajah & Kesehatan Kulit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Untuk Bunga Anggrek Untuk Kecantikan Wajah & Kesehatan Kulit