Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka

- Februari 14, 2018

Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka

 
Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka
http://tipspetani.blogspot.com/2015/07/pengolahan-media-tanam-untuk-tanaman.htmlPersiapan lahan Menanam NangkaSebelum kegiatan penanaman dilaksanakan, butuh di lakukan pemeriksaan lapangan serta didasari hasil pemeriksaan lapangan ditentukan batas-bata sareal .Faktor-faktor yng memberi pengaruh pertumbuhan tanaman nangka semisal gulma,genangan air, struktur dan pola tekstur tanah Perlu dibenahi/dikendalikan. Untuk itu tindakan pembersihan lapangan secara total, pengaturan drainase serta pengolahan tanah lebih-lebih di tempat yng akan dibuat lobang tanam.
Pembentukan Bedengan tanaman nangkaBeberapa ketentuan yng butuh diperhatikan dalam pembuatan bedengan pembibitan menjadi berikut:
    • Ukuran bedengan beragam akan tetapi umumnya dipakai antara 5 x1 m ataupun 10 x1 m.
    • Bedengan membusur arah Utara ke Selatan serta pinggirnya diperkuat denganbambu, batu merah, ataupun kayu dan permukaannya ditinggikan 10-15 cm dariatas permukaan tanah.
    • Antar bedengan berjarak 0,45 m serta setiap 5-10 m bedengan dibuat jalanpemeriksaan sekitar 60-100 m.
    • Saluran air dibuat sepanjang kiri kanan pemeriksaan.
    • Bedengan diberi naungan yang dengannya atap nipah ataupun sarlom. Bagian yng menghadap ke timur dibuat lebih tinggi daripada yng menghadap ke Barat.
    • Dalam bedengan disusun kantong-kantong plastik yng telah diisi media tumbuh serta telah diberi lobang-lobang kecil di bagian bawahnya. Media tumbuh yng dipakai campuran tanah lapisan olah, pupuk organik, serta pasir halus yang dengannya perbandingan 2:1:1. Ukuran kantong plastik yng dipakai 20 x30 cm yang dengannya tebal 0,08 mm serta berwarna hitam.
PengapuranApabila pH tanah bersifat terlalu asam ataupun basa maka butuh di lakukan beberapa upaya supaya nangka mampu tumbuh serta memberikan hasil yng optimal. Andaikan terlalu asam (pH 7) mampu ditambahkan belerang. Dosis yng dipakai bergantung pada kondisi tanahnya akan tetapi menjadi pedoman 1 kg kapur ataupun belerang bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 m3 lobang tanam.5>
PemupukanPada lobang tanam, tanah hasil galian dicampur yang dengannya pupuk sangkar 20kg/lubang serta dolomit 0,5 kg/lubang (bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikkan pH). Tanah campuran ini dimasukkan ke lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. Seminggu sebelum tanam berilah pupuk NPK (15-15-15) 100 gram ke dalam lubang penanaman.
Teknik Penanaman
Penentuan Pola TanamPola bisnis pekarangan merupakan bertanam di lahan sekitar rumah. Hasil ini tak semata-mata bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijual akan tetapi sebagian bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonsumsi sendiri. Sedangakan pola bisnis kebun yakni bertanam di lahan yng jauh lebih luas dari pekarangan yang dengannya pertimbangan hasil nya bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan pasar, modal serta tenaga kerja cukup tersedia dan lahannya sesuai yang dengannya persyaratan tempattumbuh nangka.Pola bisnis kebun bisa berbentuk kebun tanaman murni serta kebun tanaman campuran. Pada kebun tanaman murni cuma ditanam satu jenis tanaman yakni seluruhnya ditanami nangka. Sedangkan di kebun campuran, pohon nangka dicampur nenas, pepaya, serta sebagainya. Pohon nangka yng dipelihara di kebun buah jarak tanamnya 8 - 12 m, dalam pola segi empat ataupun segi enam: kepadatan yng umum merupakan 100-120 batang/ha.Jarak tanamnya antara lobang tanam 12 x 12 m ataupun 4 x 6 m.
Pembuatan Lobang TanamLubang tanam dibuat yang dengannya ukuran 0,5 x 0,5 x 0,5 m ataupun 1 x 1 x 0,5 m. Pada tatkala penggalian lubang tanam, tanah bagian atas dijauhkan dari tanah bagianbawah. Tanah bagian atas dicampur yang dengannya pupuk sangkar yng telah matang sebanyk 20 kg per lubang. Lubang tanah yng sudah digali dibiarkan terbukaselama 1-2 minggu, supaya mendapatkan sinar matahari menjadikan teroksidasi denganbaik. Untuk menghindari kendala tanah asam, tanah galian dicampur yang dengannya dolomit/kapur pertanian sebanyk 0,5-1 kg per lubang tanam serta tanah campuranini dimasukkan ke dalam lubang 2-3 minggu sebelum penanaman. Untuk tanah yng terlalu berat, selain pengolahan tanah bisa juga ditambahkan pasir sebanyk 0,5 kaleng per lubang. Seminggu sebelum tanam berilah NPK (15–15– 15) 100 gram ke dalam lubang penanamn andaikan butuh. Bibit hasil semaian ataupun okulasi ditanam tegak serta kokoh ke dalam sedang lubang penanaman. Jarak antara lubang tanam 12 x 12 m ataupun 4 x 6 m.
Tatacara PenanamanPenanaman di lakukan sore hari ataupun pagi hari pada permulaan musim penghujan yakni tatkala curah hujan telah cukup merata.Bibit ditanam pada lubang yng telah tersedia, tegak lurus. Sebelum bibit ditanam, kantong plastik Perlu dibuang. Kalau penanaman di lakukan di luar musim penghujan ataupun lantaran adanya kelainan iklim, yakni musim hujan mendadak berganti menjadi kemarau lagi, maka bibit yng sudah ditanam butuh disiram secara teratur.
Pembuatan Lubang pada MulsaPemberian mulsa di sekeliling pohon nangka Amat butuh; lebih-lebih pada tatkala musim kemarau bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kelembapan tanah. Akan tetapi pada musim hujan mulsa tak dibutuhkan lantaran bisa mendatangkan serangan jamur. Mulsa pula bisa dimasukkan ke dalam tanah menjadi pupuk organi, pemberian dua kaliper tahun Amat membantu pertumbuhan tanaman. Pemberian pupuk pabrik majemuk di lakukan di Malaysia yang dengannya dosis 2-3 kg per pohon.
Pemeliharaan Tanaman nangka
Penjarangan serta PenyulamanPenyulaman tanaman yng mati di lakukan pada tatkala hujan masih turun di tahun pertama serta tahun kedua.
PenyianganPenyiangan ataupun membebaskan tanaman dari serangan gulma ataupun tumbuhan pengganggu di lakukan yang dengannya tatacara membersihkan gulma secara manual/kimia dari tanaman nangka yang dengannya radius 1-2 m. Pengendalian gulma secara kimiawi mempergunakan herbisida misalnya Paracol 1,5 liter dalam 600 liter air per ha ataupun Roundup 2-3 liter dalam 800 liter air/ha.Penyiangan pertama di lakukan 1-2 bulan seusai penanaman, selanjutnya setiap2-4 bulan di lakukan selama 2-3 tahun. Penyiangan di lakukan yang dengannya tatacara manual ataupun kimiawi.
PemupukanPemberian pupuk organik berupa pupuk sangkar ataupun pupuk kompos 1-2 kalisetahun sebanyk 20 kg per tanaman. Pemberian pupuk anorganik di lakukan satu minggu seusai penanaman yang dengannya dosis 100 gram NPK per tanaman.Pemupukan kedua pada umur 6 bulan yang dengannya dosis 150 gram NPK per tanaman.Pemupukan ketiga di lakukan pada tanaman umur 12 bulan yang dengannya dosis 200gram per tanaman. Pemupukan keempat pada umur 18 bulan yang dengannya dosis 250gram per tanaman serta pemupukan kelima di lakukan pada tanaman umur 24 bulan yang dengannya dosis 300 gram per tanaman. Selanjutnya bagi tanaman yng telah berbunga pada lahan tak subur bisa ditambahkan pupuk organik 650gram/pohon.Untuk menaikan tanaman dibutuhkan tambahan pupuk daun guna merangsang pembentukan daun. Pemberian pupuk daun di lakukan selang 2minggu hingga tanaman umur 17 bulan. Jenis pupuk daun yng dipakai Gandasil D/Bayfolan.
Pengairan serta PenyiramanTanaman nangka butuh drainase yng baik. Pengairan ini dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produktivitasnya.Tanaman nangka mempunyai perakaran dalam, tak butuh penggenangan pada tatkala musim kemarau lantaran tanaman nangka tidak lebih toleran terhadapgenangan. Akarnya masih bisa atau mampu meyerap air pada tanah yng dalam.Pemberian air tambahan dibutuhkan selama dua tahun pertama pertumbuhannya.
Pemeliharaan Lain
  • Pemangkasan di lakukan pada bagian tanaman yng tak subur serta tak produktif. Pemangkasan cabang di lakukan terhadap pohon nangka yng bertajuk rimbun supaya sinar matahari tak terhalangi menjadikan merangsang perbungaan.Pemangkasan terbatas pada penjarangan pucuk disaat pohon mulai ditanam serta tidak banyak pemotongan dahan-dahan yng memiliki kandungan buah supaya membuat mudah mencapai buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibungkus serta lantas dipanen. Pemangkasan cabang dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur pembuahan, lantaran bunga betina muncul pada batang utama ataupun cabang primer.
  • Perangsangan pembungaan di lakukan yang dengannya tatacara melukai, mengebor/mengikat batang. Tujuan perlakuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghambat hasil asimilasi daun supaya tak meyebar ke seluruh bagian tanaman, melainkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merangsang pembungaan. Supaya buah nangka hasil nya baik serta besar, lakukan penjarangan buah. Buah yng mulai membesar bungkuslah yang dengannya kantong/kertas semen yng telah dicelupakan ke dalam larutan insektisida. Mampu pula dibungkus yang dengannya anyaman dedaunan, misalnya mempergunakan daun-daun palem ataupun anyaman kelapa.Tindakan ini bisa memperhalang serangan tikus ataupun kelelawar, serta memikat semut yng bisa mengusir serangga lain menjadikan diperoleh buah yng kulitnyamulus serta cerah
  • CARA BUDIDAYA TANAMAN NANGKA
  • SYARAT TUMBUH TANAMAN NANGKA
  • TEKNIK PEMBIBITAN BUDIDAYA TANAMAN NANGKA
  • Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/07/pengolahan-media-tanam-untuk-tanaman.html.

Seputar Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengolahan Media Tanam Untuk Tanaman Nangka