Aquaponik | Referensi Seputar Aquaponik

- Februari 15, 2018

Aquaponik | Referensi Seputar Aquaponik

 
AQUAPONIK
Dasarnya memang, aquaponik adalah kombinasi antara hidroponik yang dengannya budidaya hewan yang dengannya air ataupun aquakultur.
Hewan yng dimaksud dalam budidaya ini tidak lain serta tidak bukan merupakan ikan.
Yang dengannya teknik ini, dimungkinkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memelihara ataupun mengembangkan tanaman dan ikan secara bersamaan, dalam satu tempat dan satu waktu.
Melakukan hidroponik memanglah praktis di lakukan di rumah. Akan tetapi, harga dari vitamin ataupun nutrisi yng dibutuhkan tidak murah harganya.
Begitu juga andai Kamu melakukan aquakultur.
Selain Perlu memberikan pakan sehat, kita pula Perlu membersihkan kolam secara terpola supaya ikan bisa tumbuh yang dengannya baik.
Dalam proses hidroponik ini berlangsung simbiosis mutualisme, dimana tanaman memperoleh sumber makanan dari limbah kotoran ikan sementara ikan mendapatkan air menjadi tempat hidup dari air sesudah dimurnikan oleh tanaman.
Jadi kita tidak butuh repot-repot membeli pakan serta nutrisi bagi atau bisa juga dikatakan untuk keduanya dan mengeluarkan uang yng tidak sedikit.
Andai dijabarkan siklusnya, dalam proses aquakultur, ada sisa pakan yng diperoleh ikan dalam bentuk feses yng terakumulasi di dalam air.
Feses yang dengannya kandungan nitrat serta amonia ini bersifat toksin ataupun beracun bagi ikan, akan tetapi sebetulnya kaya nutrisi andai dijadikan sumber hara bagi tanaman.
Pada tatkala nitrat sudah terserap oleh tanaman menjadi bahan makanan, di waktu yng percis tanaman menyuling air dari bahan rawan yng lantas kembali ke kolam ikan.
Semisal halnya hidroponik, aquaponik pula mampu di lakukan di rumah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat budidaya yang dengannya system ini, yng kita butuhkan merupakan beberapa komponen menjadi berikut :
Kolam ataupun Tangki pemeliharaan ikan.
Unit penangkap serta pemisahan limbah padat (sisa pakan serta feses).
Bio filter, menjadi media tumbuh bakteri nitrifikasi serta mengonversi amonia menjadi nitrat, yng bisa dipakai oleh tanaman.
Subsistem hidroponik, yaitu bagian dari system di mana tanaman tumbuh yang dengannya menyerap kelebihan hara dari air.
Sump, titik terendah dalam system.
Tempat air mengalir ke serta dari yng dipompa kembali ke tangki pemeliharaan.
Ketiga media system aquaponik ini rata-rata bisa bertahan selama 10 tahun pemakaian serta menghabiskan sekitar Rp5-10 juta bagi atau bisa juga dikatakan untuk biaya pembuatannya.
Yang dengannya mempergunakan model yang telah di sebutkan, kita bisa membudidayakan sekitar 500-4000 ekor ikan serta 20-200 lubang tanaman.
Tentunya kita pula mampu membuat aquaponik versi lebih kecil yang dengannya biaya pembuatan yng lebih murah.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sayuran yng bisa kita tanam merupakan okra, tomat, paprika selada, kemangi, buncis, kubis, kacang polong, talas, bawang, ubi jalar, strawberry sampai-sampai rempah-rempah bumbu dapur.
Sementara itu ikan-ikan yng bisa kita pelihara merupakan jenis air tawar semisal ikan mas, nila, lele, patin, belut, sampai-sampai lobster air tawar.
Mudah-mudahan Memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/06/aquaponik.html.

Seputar Aquaponik | Referensi Seputar Aquaponik

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Aquaponik | Referensi Seputar Aquaponik