Jenis-jenis Bambu Dan Manfaatnya

- September 14, 2017

Jenis-jenis Bambu Dan Manfaatnya

 
Bambu merupakan tanaman jenis rumput-rumputan yang dengannya rongga serta ruas di batangnya. Bambu mempunyai tidak sedikit tipe. Nama lain dari bambu merupakan buluh, aur, serta eru. Kalau orang Jawa menyebutnya pring. Di dunia ini bambu adalah satu dari sekian banyaknya tanaman yang dengannya pertumbuhan paling cepat. Lantaran mempunyai system rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu bisa tumbuh sepanjang 60 cm (24 Inchi) malah lebih, bergantung pada kondisi tanah serta klimatologi tempat ia ditanam.
Bambu diklasifikasikan ke lebih dari 10 genus serta 1450 spesies. Di Indonesia, khususnya di wilayah Kabupaten Kebumen bisa yang dengannya gampang ditemui 5 jenis bambu/pring yaitu bambu/pring tali, wulung, ampel, petung, kuning, serta pring tulup. Spesies bambu didapati di aneka macam tempat iklim, dari iklim dingin pegunungan sampai-sampai daerah tropis panas. Orang-orang terdapat di sepanjang Asia Timur dari 50 derajat Lintang Utara di Sakhalin hingga ke sebelah utara Australia, serta di bagian barat India sampai-sampai ke Himalaya.Orang-orang pula terdapati di sub-Sahara Afrika, serta di Amerika dari pertengahan Atlantik Amerika Utara sampai-sampai ke selatan ke Argentina serta Cili, mencapai titik paling selatan Bambu pada 47 derajat Lintang Selatan. Benua Eropa tak mempunyai spesies bambu asli.( Sumber bacaan : Wikipedia )
Tanda-Tanda Bambu
Secara umum seluruh jenis bambu mempunyai ciri-ciri menjadi berikut :

  • Berakar serabut
  • Berkembang biak yang dengannya tunas/rebung/bung ( ada pula jenis bambu yng mampu yang dengannya gampang dikembangbiakan yang dengannya tips stek batang yaitu bambu ampel )
  • Mempunyai rongga di batangnya
  • Mempunyai ruas batang
  • Daun bambu bertulang daun sejajar
Tanda Khusus Bambu serta Fungsinya
Tanda Khusus Bambu serta Fungsinya
Seluruh jenis bambu mempunyai tanda khusus yakni pada batangnya/pelepah batangnya terdapat lugut. Lugut merupakan bulu-bulu halus berwarna hitam yng menempel pada pelepah batang bambu. Pelepah batang bambu oleh orang Jawa disebut kelotokan. Lugut pula menempel pada batang bambu. Fungsi tanda khusus bambu mempunyai lugut merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga dirinya ataupun mengusir musuhnya. Andai badan kita di kenai lugut, maka akan terasa gatal semisal gatalnya kulit kita disaat di kenai bulu ulat.
6 Jenis Bambu serta Manfaatnya
Ada aneka macam jenis bambu, namun di halaman ini cuma saya tuliskan 6 jenis bambu lantaran saya sesuaikan yang dengannya jenis bambu yng Suka saya lihat/jumpai khususnya di Kabupaten Kebumen. Adapun perihal manfaat bambu, saya tuliskan sesuai jenis bambunya. Sebetulnya manfaat tumbuhan bambu itu Amat tidak sedikit, malah mampu dikatakan percis yang dengannya ataupun melebihi manfaat pohon yng selama ini kita kenal serba manfaat dari akar hingga daunnya yaitu pohon kelapa. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk manfaat tumbuhan bambu yng akan saya sebutkan di bawah kelak cuma lah sebagian dari begitu banyaknya manfaatnya. Ini lantaran pengetahuan saya yng masih sebatas itu, jadi andaikan para pembaca berkenan, silakan tambahkan perihal manfaat bambu di kolom komentar.
1. Bambu/Pring Tali/Bambu Apus ( Gigantochloa Apus )
Bambu Tali/Gigantochloa Apus
Bambu tali merupakan jenis bambu yng warna kulitnya hijau tua serta tidak lebih mengkilap. Disebut bambu/pring tali lantaran satu dari sekian banyaknya manfaat bambu jenis ini merupakan mampu dijadikan bahan pembuat tali/pengikat ( misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengikat bungkus tempe, yng mana pada biasanya dulu tempe dibungkus yang dengannya daun pisang serta jati lantas diikat menggunkan tali yng terbuat dari bambu tali yng masih muda ).
Bambu tali pada biasanya mempunyai diameter 3-7 cm, besar ataupun kecilnya bergantung kesuburan tanahnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ketinggian/panjangnya pun bervariasi yaitu antara sekitar 4-12 meter.Pada biasanya bambu tali bisa tumbuh subur di tepi sungai.
Manfaat Bambu Tali
Batang Bambu :
  • menjadi senjata tradisional. Bambu tali bisa dibuat senjata, misalnya dibuat bambu runcing
  • bahan pembuat tali
  • tiang bendera
  • alat/tempat menjemur pakaian
  • bahan bangunan, misalnya dibuat menjadi rangka atap rumah, alat bantu/tangga disaat para tukang bangunan membuat rumah yaitu menjadi tempat berpijak disaat dalam ketinggian tertentu
  • menjadi bahan pembuat jembatan bambu/powotan
  • alat komunikasi tradisional ( misalnya dibuat kentong )
  • bahan pembuat perlengkapan dapur ( misalnya dibuat tampah,ceting, besek/piti, kipas nasi/ilir, centong, serta sebagainya )
  • bahan pembuat sangkar ternak
  • alat pemikul/mbatan
  • menjadi kayu bakar
  • membuat pagar jalan/pekarangan
  • menjadi tempat merambatnya tanaman ( misalnya menjadi tempat rambatan kacang panjang, mentimun, kecipir, serta lain-lain )
  • serta manfaat lain-lainnya
Manfaat/Khasiat Air Bambu Tali :
Air bambu merupakan air yng terkandung dalam batang bambu. Air ini mampu didapatkan yang dengannya tips memotong pucuk tumbuhan bambu yng masih muda ataupun tua ( pilihlah tumbuhan bambu yng pucuknya gampang dijangkau ataupun yng melengkung ), lantas di bekas potongan yang telah di sebutkan bungkuslah yang dengannya plastik ( kegiatan ini sebaiknya di lakukan pada sore hari ), misalkan pada sore hari kita memotong serta membungkus pucuk bambu, maka keesokan harinya ambil lah air bambu yng telah memenuhi kantong plastik. Ya benar, dari pucuk bambu yng kita potong yang telah di sebutkan bisa mengeluarkan/mengalir air bambu yng Amat berguna menyembuhkan segala jenis penyakit batuk. Tatacara pengobatannya cuma yang dengannya meminumnya 3 kali sehar, 1 kali minum 1 gelas.
2. Bambu/Pring Wulung ( Gigantochloa Atroviolacea )
Bambu Wulung /Gigantochloa Atroviolacea
Bambu wulung merupakan bambu yng warna kulitnya wulung/hitam/hijau kehitaman/ungu tua serta ada garis berwarna kuning di sepanjang batang ataupun rantingnya. Diameter bambu wulung mayoritas antara 5-12 cm yang dengannya panjang/tinggi antara 7-18 meter.
Manfaat Tunas/Rebung/Bung Bambu Wulung:
Tunas bambu wulung yng masih muda ataupun baru muncul yang dengannya ketinggian sekitar maksimal 20 cm dari permukaan tanah, bisa dimanfaatkan menjadi sayur. Rebung bisa dimasak yang dengannya tips dibikin tongseng/tumis/oseng-oseng ataupun dimasak yang dengannya dicampur air santan kelapa. Oh ya bagi atau bisa juga dikatakan untuk rebung bambu tali rasanya Amat pahit menjadikan jarang ada yng mau memanfaatkannya menjadi sayur.
Manfaat Batang Bambu Wulung antara lain:
  • membuat bambu runcing
  • menjadi bahan bangunan misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat rangka atap
  • tiang bendera
  • kerajinan semisal hiasan dinding yng berupa potongan bambu yng diukir menjadi gambar pemandangan alam, hewan, serta sebagainya
  • pagar
  • tiang antena televisi
  • membuat kursi serta meja bambu
  • alat kesenian semisal kentongan serta angklung/calung
  • anyaman
  • serta lain-lain
3. Bambu/Pring Ampel
Bambu Ampel
Bambu ampel merupakan bambu yng kulit batangnya berwarna hijau serta mengkilap. Diameter bambu ini berkisar antara 8-15 cm. Sedangkan panjang/tingginya sekitar 10-19 meter.
Manfaat Bambu Ampel
  • rebungnya menjadi sayur
  • meskipun batangnya gampang rapuh/brubukan/tidak lebih awet namun bambu ampel pula mampu dimanfaatkan menjadi bahan bangunan
  • pagar/jaro
  • serta lain-lain
4. Bambu/Pring Petung ( dendrocalamus asper )
Bambu Petung/Betung ( dendrocalamus asper )
Bambu petung/betung ataupun dendrocalamus asper merupakan satu dari sekian banyaknya jenis bambu yng mempunyai ukuran lingkar batang yng cukup besar serta salah satunya ke dalam suku rumput-rumputan.Bambu betung mempunyai nama lokal yng berbeda di setiap wilayah di Indonesia semisal sebutan awi bitung (Sunda), pring petung (Jawa), awo petung (Bugis), serta bambu swanggi (Papua).
Tumbuhan bambu betung yng masih muda ditutupi oleh lapisan berwarna coklat serta bertekstur semisal kain beludru.Tinggi bambu betung bisa mencapai 10 kaki sedangkan lingkar batangnya bisa mencapai 8 inchi.Bambu betung mempunyai batang berkayu serta bernding tepal yakni antara 11 hingga 20 mm.Bagian batang bambu betung bagian bawah terdapat node serta terdapat akar udara.Batang bambu betung terdiri dari ruas-ruas, panjang setiap ruas bambu antara 20 sampai-sampai 45 cm dan berwarna hijau pucat serta tertutup rambut coklat pendek.Daun tumbuhan ini berbentuk tombak yang dengannya panjang sekitar 15 cm sampai-sampai 30 cm serta lebarnya antara 10 mm sampai-sampai 25 mm.( Sumber : Wikipedia )
Manfaat Bambu Petung antara lain :
  • rebungnya menjadi sayur
  • menjadi tiang penyangga rumah
  • penyangga rangka atap
  • tempat sajeng/alat nderes
  • alat kesenian
  • serta lain-lain
5. Bambu/Pring Kuning
Bambu Kuning via Apotekgriyafarma
Bambu kuningadalah satu dari sekian banyaknya tanaman dari kelompok bambu.Bambu jenis ini mempunyai tanda batang yng beruas-ruas, tinggi, serta batangnya berwarna kuning.Umumnya, bambu jenis ini hidup di lingkungan tropis. Di daerah Asia Tenggara, bambu jenis ini tidak sedikit dibudidayakan. Ia Suka dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, serta menjadi tanaman hiasan di perkotaan.
Bambu kuning bisa diperbanyak yang dengannya tips rhizoma, stek rumpun ataupun cabang, cangkok, serta kultur jaringan. Akan tetapi, tips termudah serta Suka di lakukan merupakan stek rumpun ataupun cabang.Biasanya, rumpun yng akan di stek merupakan rumpun yng tak terlalu muda ataupun tak terlalu tua.Rebusan pada bambu ini memiliki kandungan saponin serta iavonoida.Tak cuma itu, bambu kuning ini memiliki kandungan sumber potassium yng rendah kalori, dan mempunyai rasa manis yng terkenal menjadi sumber protein serta nutrisi yng baik bagi tubuh.Bambu ini mempunyai khasiat mengobati bermacam jenis infeksi serta pencegah hepatitis. ( Sumber : Wikipedia )
6. Bambu/Pring Tulup
Pring Tulup via Daetarawangsa
Bambu tulup merupakan bambu yng Amat mirip warna-nya yang dengannya bambu tali, perbedaannya terdapat atau terletak pada diameternya yng jauh lebih kecil serta tingginya yng pada umunya maksimal 5 meter. Jarak antara ruas yng satu denga yng lain cukup panjang.
Manfaat Bambu Tulup
  • membuat tulup. Tulup merupakan alat permainan tradisional, bambu tulup dibuat tulup yang dengannya tips memotong ruasnya. Tatacara memainkan tulup yaitu yang dengannya meniup lubang bambu yang dengannya kencang menjadikan peluru yng umumnya berupa butiran tanah liat/kacang hijau mampu keluar lantaran tekanan udara dari tiupan yang telah di sebutkan.
  • membuat suling bambu
  • membuat peluit/sempritan yng dimasukkan pada balon ataupun yng Suka disebut yang dengannya toet-toet
  • kerajinan
  • serta lain-lain
SUMBER : Ilmupengetahuanalam.com-

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/jenis-jenis-bambu-dan-manfaatnya.html.

Seputar Jenis-jenis Bambu Dan Manfaatnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis-jenis Bambu Dan Manfaatnya