Asal Usul Buah Mangga Dan Sejarah Lengkap Buah Mangga

- Oktober 14, 2017

Asal Usul Buah Mangga Dan Sejarah Lengkap Buah Mangga

 
Buah mangga telah lama dikenal di Indonesia, malah buah mangga telah tidak sedikit yng dibudidayakan oleh para petani Indonesia.
buah mangga, manfaat buah mangga, budidaya jamur, sejarah mangga, sejarah buah mangga, jenis jenis buah mangga, asal usul buah mangga;
Akan tetapi sebetulnya buah mangga bukan asli tanaman Indonesia, pendapat dari sejarah penyebarannya, buah mangga yng ada di Indonesia berasal dari Negara India.
Lantaran iklim serta suhu di Indonesia Amat cocok yang dengannya tanaman buah mangga maka, tanaman yang telah di sebutkan cepar berkembang serta tumbuh yang dengannya baik, menjadikan menghasilkan buah yng mempunyai kualitas yng baik.
Penyebaran buah mangga hampir penyeluruh di wilayah Indonesia, malah dari tiap-tiap daerah mempunyai nama local masing-masing. Di Madura, mangga disebut pao. Di Jawa Sedang serta Jawa Timur buah mangga disebut palem. Di Jawa Barat: Mangga. Di Aceh buah mangga disebut mamplam. Sedangkan di Bali buah mangga disebut ampelm.
Malah dalam bahasa Indonesia buah mangga pula Suka disebut mempelam.
Di Negara India buah mangga mempunyai cerita dongeng rakyat yakni asal usul adanya buah mangga. Dongeng rakyat di India ini menyebutkan bahwasanya mangga merupakan penjelmaan Dewa Prajapati.
Orang asing yng pertama kali melihat kebun mangga yng indah di lembah Indus adalah Alexander Agung pada tahun 327 SM. Penulis wacana buah mangga di India yng pertama barangkali Huien T’Sang, pada tahun 632-45 SM.
Rumphius (1741), ahli botani, memberikan kesimpulan bahwasanya tanaman mangga baru beberapa abad ditanam di Kepulauan Asia.
Sedangkan di India bagian timur yng berbatasan yang dengannya Birma, mangga sudah ditanam lebih dari empat ribu tahun, malah enam ribu tahun yng lantas. Ia berpendapat bahwasanya mangga berasal dari daerah perbatasan India-Birma.
Sebutan mangga berasal dari Bahasa Tamil di India yakni: mankay ataupun man-gas. Dalam bahasa botani, mangga disebut Mangifera indica L., yng berguna tanaman mangga berasal dari India.
Pada kenyataannya hampir di seluruh Negara bagian India terdapat tanaman mangga. Sebutan mangga dalam Bahasa Indonesia sama percis yang dengannya bahasa Tamil: man-gas.
Sejarah Penyebaran Buah Mangga Ke Indonesia
Dari India mangga menyebar ke Semenanjung Malaysia, lantas ke Indonesia serta sekitarnya. Penyebaran itu barangkali lantaran dibawa pedagang India da penyebar Agama Hindu serta Budha sekitar abad keempat ataupun kelima sebelum Masehi.
Mangga mulai ditanam di Kepulauan Maluku pada tahun 1665. Di Filipina, mangga ditanam pertama kali di Kepulauan Sulu serta Mindanao sekitar tahun 1400 serta 1450. Di Pulao Luzon sekitar tahun 1600 serta 1650.
Sumber : Bertanam Mangga. Penerbit: Penebar Swadaya
Budidaya JamurCara Budidaya JamurBudidaya Jamur Tiram

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/03/asal-usul-dan-sejarah-buah-mangga.html.

Seputar Asal Usul Buah Mangga Dan Sejarah Lengkap Buah Mangga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Asal Usul Buah Mangga Dan Sejarah Lengkap Buah Mangga