Tips Memilih Bibit Jamur Tiram, Champignon, Merang, Kuping, Shitake, Lingzhi

- Februari 25, 2018

Tips Memilih Bibit Jamur Tiram, Champignon, Merang, Kuping, Shitake, Lingzhi

 
Tips Membeli dan Memilih Bibit Jamur
Bagi kita yng akan mengawali budidaya jamur, cara ini mampu membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari ataupun mengurangi resiko terjadinya kegagalan dalam memilih bibit jamur.
Lantaran banyak sekali para petani jamur mengalami kerugian yng cukup besar lantaran diantaranya penyebabnya yaitu awal mula memilih bibit yng tidak lebih baik.
Jamur Tiram, Jamur Champignon, Jamur Merang, Jamur Kuping, Jamur Shitake, Jamur Lingzhi
Dan di bawah ini berlaku bagi seluruh jenis jamur ( jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake, jamur merang, jamur champignon, ataupun jamur lingzhi), silahkan baca kriterianya di bawah ini:
  • Pilih bibit yng sudah teruji. Hal ini bisa diketahui dari nilai BER (biological efficiency ratio) jamur. BER jamur tiram dan jamur lingzhi sekitar 75%, jamur kuping 50-85%, jamur merang 30-35%. Jamur shitake 35-75%, dan jamur champignon 25-40%.

  • Mencari berita dari petani yng sudah dulu melakukan budidaya dan menyediakan bibit jamur.

  • Membeli bibit jamur dari instansi pemerintah ataupun perusahaan –perusahaan besar yng ternama . bila memungkinkan , beli bibit yng sudah dilegitimasi ataupun sertifikasi.

  • Miselium berwarna putih sudah tumbuh penuh dan merata di media tumbuhnya. Bila tak merata, dikhawatirkan pada bagian yng tak ditumbuhi miselium gampang terkontaminasi.

  • Bibit diketahui waktu pembuatannya menjadikan mampu diprediksi masa kadaluarsanya.

  • Mencari rujukan dari pengusaha jamur yng telah sukses.

Tips Mempertahankan kualitas Bibit Jamur
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan bibit jamur supaya tetap dalam kondisi prima Perlu ada perlakuan khusus yng Perlu diperhatikan, diantaranya menjadi berikut:
  • Perlakukan bibit jamur supaya tetap dalam kondisi lingkungan yng dibutuhkan. Menjadi semisal, jamur tiram butuh lingkungan yang dengannya kondisi suhu pada kisaran 24-29°C, kelembapan 90-100%, intensitas cahaya cukup, dan tak kena sinar matahari langsung.

  • Hindarkan bibit jamur dari kontaminasi mikroorganisme lain yng bisa membahayakan pertumbuhan jamur. Oleh lantaran itu, seluruh aktivitas yng bersentuhan yang dengannya bibit Perlu di lakukan secara steril supaya bibit jamur tak terkontaminasi.

  • Bibit jamur yng telah dibuka Perlu dipakai hingga habis lantaran gampang di kenai kontaminasi.

  • Bila bibit Perlu diangkut dan menempuh jarak yng jauh, pertahankan suhu dan kelembapan. Hindarkan dari terjadinya kerusakan wadah bibit lantaran mampu menjadi pencetus kontaminasi.

Sumber: Bisnis 6 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga, Penerbit: Penebar Swadaya
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/tips-memilih-dan-membeli-bibit-jamur-Tiram-champignon-merang-kuping-shitake-lingzhi.html.

Seputar Tips Memilih Bibit Jamur Tiram, Champignon, Merang, Kuping, Shitake, Lingzhi

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Memilih Bibit Jamur Tiram, Champignon, Merang, Kuping, Shitake, Lingzhi