Tips Memilih, Sebelum Membeli Benih Tanaman

- Februari 01, 2018

Tips Memilih, Sebelum Membeli Benih Tanaman

 
Andai Kamu ingin bercocok tanam, pastilah butuh benih bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam. Benih yang telah di sebutkan mampu Kamu dapatkan dari hasil pembuatan sendiri, ataupun membelinya di toko pertanian. Andai Kamu membuatnya sendiri, pasti sudah tau kualitas tanaman yng diperoleh dari benih yang telah di sebutkan. Namun andai Kamu ingin membeli benih bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kalinya, mampu jadi Kamu pernah sempet mengalami kebingungan tatkala memilihnya.
Dari kebingungan itulah, yng membuat Kamu memerlukan sebuah cara bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih benih yng baik. Apalagi banyaknya benih yng dijual di pasaran, dan banyaknya pedagang yng ada, cukup membuat mumet kepala Kamu. Salah pilih, gagal panen resikonya. Jadi, mari lanjut membaca cara sebelum membeli benih di bawah ini.
Tips membeli benih
1. Bertanyalah kepada orang lain ihwal jenis yng tidak jelek alias bagus
Dalam hal memilih benih, langkah awal merupakan bertanyalah dulu kepada orang yng lebih berpengalaman, ihwal jenis benih apa yng tidak jelek alias bagus, bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditanam di daerah Kamu. Umumnya di satu daerah yang dengannya daerah lain-lainnya, mempunyai keadaan tanah serta iklim yng berbeda. Misalnya, Kamu akan menanam terong. Jadi Kamu Perlu mengetahui dulu, mana terong yng hidup subur di daerah Kamu. Apakah dari jenis Milano F1, Mustang F1, serta lain-lain.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itulah pentingnya bertanya, supaya Kamu mengetahui benih yng cocok di lahan Kamu. Selain itu, yang dengannya bertanya ini diharapkan Kamu pula memperoleh jawaban ihwal jenis benih apa yng hasil nya paling tidak jelek alias bagus, serta pastinya bisa menguntungkan bagi Kamu. Baik menguntungkan dalam hal perawatan, ataupun pun hasil penjualan yng tidak jelek alias bagus.
2. Bertanya kepada orang ihwal merek/brand yng tidak jelek alias bagus
Andai sebelumnya Kamu Perlu bertanya ihwal jenisnya, saat ini saatnya Kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk bertanya kepada orang lain, ihwal merek/brand benih yng tidak jelek alias bagus pendapat dari orang-orang. Permasalahannya, diluar dugaan merek pula berpengaruh terhadap kualitas tanaman yng diperoleh. Entah pengaruhnya di mana, yng terang faktanya memanglah ada tidak banyak perbedaan.
Saya mengambil semisal pada benih jagung manis. Walau pun sama-sama dari jenis Hibrida F1, namun beda produsen, beda juga hasil nya. Merek A buahnya besar, rasanya manis, namun kulitnya tebal serta terlihat tak segar. Andaikan direbus, tak terlihat tidak jelek alias bagus. Menjadikan membuat orang enggan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membelinya. Sedangkan merek B, buahnya besar, rasanya manis, kulitnya agak tipis. Andai direbus, hasil nya tidak jelek alias bagus serta lebih laris kalau dijual, lantaran disukai pembeli.
Yang dengannya demikian, dari hasil analisa ini bisa dikatakan bahwasanya merek satu tak percis yang dengannya merek lain-lainnya. Oleh lantaran itu, bertanya kepada orang lain ihwal merek yng tidak jelek alias bagus, menjadi hal wajib yng Perlu Kamu lakukan sebelum membelinya.
3. Bertanya kepada orang lain ihwal tempat penjualan benih yng murah
Andai Kamu sudah mengetahui jenis benih serta merek apa yng tidak jelek alias bagus, saat ini Kamu Perlu bertanya kepada orang lain, di mana tempat penjualan benih, yng menjual yang dengannya harga yng lebih murah.
Masalah harga, pula tidak kalah pentingnya yang dengannya yng lain-lainnya. Karena, andai Kamu membeli benih dalam jumlah yng tidak sedikit, pasti sisa uang dari selisih harga yang telah di sebutkan, akan mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli benih yng lain-lainnya. Menguntungkan bukan?
4. Lihat kemasan baik-baik
Tatkala Kamu sudah di toko pertanian, mintalah kepada penjaga toko bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambilkan benih yng Kamu cari. Lantas perhatikanlah baik-baik kemasan benih yang telah di sebutkan. Yng butuh Kamu telaah di sini merupakan jenis, merek, serta tanggal kadaluarsanya.
Jangan hingga Kamu sudah membelinya, diluar dugaan benih yang telah di sebutkan sudah kadaluarsa. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk merek serta jenisnya, umumnya ada di depan kemasan. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanggal kadaluarsanya, umumnya di belakang kemasan. Lihat baik-baik.
Kesimpulan akhir, sebelum membeli benih di toko pertanian, alangkah baiknya Kamu bertanya kepada orang yng lebih berpengalaman berlebi dahulu. Yakni ihwal merek serta jenis yng tidak jelek alias bagus, dan tempat penjualan yng memberikan harga lebih murah. Seusai itu perhatikan kemasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat merek serta jenis yng sesuai keinginan Kamu, dan melihat tanggal kadaluarsa pada benih yang telah di sebutkan.
Seluruh itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebaikan Kamu, supaya memperoleh keuntungan yng memuaskan dari hasil pertanian Kamu. Cukup sekian goresan pena dari saya, salam berhasil bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu..

Sumber rujukan dan gambar : http://senibertani.blogspot.com/2014/08/tips-memilih-sebelum-membeli-benih.html.

Seputar Tips Memilih, Sebelum Membeli Benih Tanaman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Memilih, Sebelum Membeli Benih Tanaman