Cara Menanam Bengkuang | Budidaya Bengkuang

- Maret 10, 2018

Cara Menanam Bengkuang | Budidaya Bengkuang

 

Bengkuang ataupun Suka disebut pula yang dengannya bengkoang adalah satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yng masuk dalam jenis umbi-umbian. Kandungan air yng terdapat pada buah bengkuang membuatnya terasa segar. Selain kesegarannya, diluar dugaan buah bengkuang pula mempunyai tidak sedikit manfaat bagi kebugaran atau kesehatan semisal:
  • Antioksidan bagi tubuh, kandungan vitamin C pada bengkuang bisa berfungsi menjadi antioksidan bagi tubuh.
  • Mencerahkan kulit, mencegah penuaan, melindungi wajah tetap segar, serta melembabkan kulit, menjadikan tak jarang bengkuang menjadi bahan bagi kosmetik.
  • Menyembuhkan Maag, kandungan alkali pada bengkuang bisa mengurangi serta bisa menyembuhkan maag.
  • Selain kaya manfaat, bengkuang pula bisa menjadi sumber penghasilan bagi para petani. Budidaya tanaman bengkuang dalam sekala besar bisa memberikan keuntungan finansial bagi petani. Selain dijual sendiri, bengkuang umumnya dicari para pengumpul.

Selain menjadi bahan kosmetik serta buah-buahan, tatkala ini bengkuang tidak sedikit diolah menjadi keripik serta olahan makanan lain. tentunya ini akan menaikan permintaan akan bahan baku buah bengkuang. Biaya penanaman serta perawatan bengkuang pula tergolong murah, lantaran tanaman ini tak memerlukan perawatan yng tidak sedikit semisal tanaman lain-lainnya.
Tips menanam bengkuang bisa di lakukan yang dengannya tips berikut:
Menyiapkan Benih Bengkoang
Benih bengkuang bisa diperoleh dari buah polongnya, akan tetapi kamu Perlu benar-benar merencanakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembibitan. Lantaran buah polong diperoleh dari tanaman bengkoang yng berbunga serta berbuah, andai kamu berniat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil ubinya maka bunga-bunga bengkoang Perlu dipangkas. Andai tak dipangkas bunganya, bengkoang tak akan keluar ubinya (cuma akar).
Oleh lantaran itu persiapkan pohon bengkuang yng tumbuh subur serta pohonnya tidak jelek alias bagus, biarkan berbunga serta menghasilkan buah polong andai diperuntukkan menjadi bibit. serta pangkas tanaman bengkuang yng berbunga andai ingin diambil ubinya.
Pilih biji polong yng telah tua (kulit polongnya telah coklat kehitaman), buka kulitnya serta jemur biji bengkuang selama sehari. Andai ingin dipakai dalam jangka lama, jangan buka kulit polong. Cukup jemur beserta kulitnya.
Menyiapkan Lahan Tanam
Mempersiapkan lahan Perlu benar-benar diperhatikan tingkat kegemburan tanahnya, lantaran bengkuang cuma bisa berkembang baik di tanah yng gembur. Perkembangan ubi bengkuang akan Amat baik pada jenis tanah yng memiliki kandungan pasiran. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempersiapkan lahan tanam yng baik bagi pertumbuhan bengkoang, lakukan penggemburan yang dengannya mempergunakan cangkul ataupun bajak.
Buatlah tegalan memanjang yang dengannya ukuran lebar 1 meter, taburkan pupuk sangkar ataupun pupuk kompos pada lahan yng disiapkan sembari diaduk-aduk. Sesudah seluruh luasan lahan sudah dibuat tegalan (tanggul), langkah selanjutnya merupakan menanam bibit bengkuang.
Menanam Bibit Bengkuang
Penanaman bibit bengkuang di lakukan yang dengannya membuat lubang yang dengannya tongkat kayu yng diruncingkan (tugal) yang dengannya jarak 20 - 30 cm antar tanaman. Masukkan bibit bengkuang sebanyk 1-2 biji per lubang. serta tutup yang dengannya menekan tanah secara perlahan. Tanaman bengkoang akan tumbuh serta menjalan sekitar umur 2 minggu.
Perawatan tanaman Bengkuang
Tanaman bengkoang yng sudah tumbuh serta menjalar Perlu rajin di lakukan pemotongan pucuk daun pada seluruh tanaman bengkoang. hal ini bertujuan supaya ubi bengkoang bisa berkembang. Umumnya pemotongan pertama di lakukan pada tatkala umur 1 bulan, serta diteruskan secara rutin setiap 1 bulan sekali.
Pada awal penanaman andai kondisi cuaca tak hujan, lakukan penyiraman secara rutin pagi serta sore hari. Akan tetapi andai musim hujan tak butuh disiram pula tak apa, lantaran tanaman bengkoang tahan terhadap kondisi air yng minim.
Lakukan pemupukan pada usia tanaman menginjak 3 minggu, pupuk yng dipakai merupakan pupuk sangkar. diusahakan yng mempunyai sekam-sekam supaya menjadi bahan makanan bagi tanaman bengkuang.
Penyiangan rumput-rumput liar pula Perlu rutin di lakukan supaya tak mengganggu pertumbuhan bengkuang. Pembasmian hama pula Perlu dikakukan supaya pertumbuhan bengkuang subur.
Pemanenan bengkuang
Bengkoang yng baik akan bisa dipanen pada umur 5 bulan, serta hasil yng dikatakan berhasil akan menghasilkan panen sebanyk 7 - 9 ton per hektar. Maka penghasilan bisa dilihat 9 ton dikali yang dengannya harga perkilo.
Amat menjanjikan bukan budidaya bengkuang, tentunya yng butuh diperhatikan merupakan tips menanam bengkuang yng benar, tips perawatan bengkuang, serta pemupukan. Selain kaya manfaat diluar dugaan bengkuang bisa menjadi solusi bagi pertanian.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/11/cara-menanam-bengkuang.html.

Seputar Cara Menanam Bengkuang | Budidaya Bengkuang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Bengkuang | Budidaya Bengkuang