Jenis Tanaman – Tanaman Perkebunan Industry Yang Ada Di Indonesia

- Agustus 25, 2017

Jenis Tanaman – Tanaman Perkebunan Industry Yang Ada Di Indonesia

 
Negara kita Indonesia dikenal mempunyai tingkat kesuburan tanah yng tinggi yng menjadikannya mempunyai keanekaragaman jenis hayati yng Amat beragam. Hal yang telah di sebutkan membuat negara kita menjadi produsen komoditi perkebunan strategis di dunia. Satu dari sekian banyaknya komoditi yng paling dikenal merupakan tanaman - tanaman perkebunan industry yng bukan cuma dipasarkan di dalam negeri akan tetapi pula sudah menjangkau pasar internasional. Nah, berikut merupakan daftar beberapa jenis tanaman perkebunan industry dari Indonesia yng paling diminati di pasar internasional.

1. Kelapa sawit
kelapa sawit menjadi
komoditas perkebunan penghasil minyak nabati terbesar kedua di dunia. Hasil olahan minyak sawit Amat beragam, mulai dari minyak makan, minyak industry sampai-sampai bahan bakar biodiesel.
2. Kapas kapas
adalah satu dari tanaman perkebunan industri yng paling penting serta komersial. Serat kapas dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk industry tekstil, kertas serta bahan perekat. Indonesia adalah satu dari sekian banyaknya negara penghasil kapas terbesar di dunia.
3.Karet

Indonesia merupakan penghasil getah karet terbesar kedua di dunia. Produk olahan karet terbesar adlah di industry otomotif, yaitu menjadi bahan baku ban. Selain itu, industry alat kebugaran atau kesehatan pula adalah pangsa pasar yng Amat besar.
4. Kopi
Indonesia merupakan penghasil biji kopi terbesar ketiga di dunia. Hasil olahan dari biji kopi dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali industry, mulai dari minuman, makanan sampai-sampai industry farmasi serta kosmetik.
5. Kakao
Kakao di
dunia, Indonesia dikenal menjadi penghasil biji kakao terbesar ketiga. Tiga jenis kakao yng ditanam di Indonesia merupakan Criollo,Forestero serta Trinitario. Biji kakao tidak sedikit dimanfaatkan di dalam industry makanan, minuman dan kecantikan.
6. Teh

Teh lebih tidak sedikit dipakai di dalam industry makanan, minuman, kebugaran atau kesehatan dan kecantikan. Indonesia sendiri sejak jaman penjajahan telah dipakai menjadi pusat penghasil daun teh. Walau dalam perjalanannya malah mengalami perlambatan, akan tetapi daun teh Indonesia dikenal mempunyai kualitas yng baik di pasar Internasional.
7. Tebu

Tebu dikenal menjadi komoditas perkebunan paling komersial lantaran adalah bahan baku dalam industry gula serta vetsin. Hasil olahan tebu mayoritas dipakai di dalam industry makanan, minuman, farmasi dan pakan ternak.
8. Kelapa
Seluruh
tanaman kelapa mampu dimanfaatkan. Akan tetapi, hasil olahan kelapa, yaitu berupa kopra serta air kelapa merupakan yng paling tidak sedikit dimanfaatkan.
9. Tembakau

Tembakauadalah komoditas perkebunan yng Amat menjanjikan walau di tidak sedikit negara merokok merupakan kegiatan yng Amat terbatas. Walau begitu, hasil olahan tembakau tetap saja dibutuhkan, lebih-lebih dalam industry cerutu, pestisida serta tentu saja rokok.
10. Lada
Lada merupakan komoditas perkebunan yng Amat strategis. Malah, indonesia pernah dikenal menjadi penghasil lada terbesar di dunia, yaitu pada zaman penjajahan. Biji lada masih tidak sedikit dipakai dalam industry kebugaran atau kesehatan, bumbu dapur, farmasi dan obat – obatan herbal.
11. Cengkeh

Semisal halnya lada, cengkeh Indonesia pula pernah merajai pasaran internasional.cengkeh secara luas dipakai dalam industry pembuatan bumbu dapur, vetsin, aroma meinuman serta makanan, farmasi, parfum dan industry obat – obatan herbal.
12. Kayu manis
Kayu manis merupakan komoditas perkebunan asli Indonesia yng Amat diminati di pasar internasional. Oleh karena itu, kayu manis menjadi komoditi yng Amat menjanjikan bagi indonesia.
Selain ke-12 jenis tanaman perkebunan di atas, Indonesia masih mempunyai beberapa jenis tanaman perkebunan industry yng Amat potensial, di antaranya panili, pala serta rami. Oleh karena itu, tak ada salahnya andaikan Kamu berupaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk terjun di bidang budidaya tanaman perkebunan lantaran memanglah akan selalu menjadi lamenjadi
g menjanjKakao

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/10/jenis-tanaman-tanaman-perkebunan.html.

Seputar Jenis Tanaman – Tanaman Perkebunan Industry Yang Ada Di Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis Tanaman – Tanaman Perkebunan Industry Yang Ada Di Indonesia