Sejarah Tanaman Tebu Dan Manfaat Tebu

- Januari 29, 2018

Sejarah Tanaman Tebu Dan Manfaat Tebu

 

Tanaman tebu (Saccharum officinarum L) adalah tanaman asli tropika basah.
- Penanaman tebu di Indonesia dimulai pada tatkala sistim Tanam Paksa (Tahun 1870) yng memberikan keuntungan besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk kas negara pemerintahan kolonial Belanda. Sesudah sistim Tanam Paksa dihentikan,bisnis perkebunan tebu di lakukan oleh pengusaha-pengusaha swasta.
- Perluasan perkebunan tebu tak pernah melampaui Pulau Jawa lantaran memanglah jenis tanaman serta pola pertanian di Pulau Jawa lebih sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman tebu. Daerah jantung perkebunan tebu yng tumbuh sejak tahun 1940-an serta berkembang hingga saat ini merupakan daerah pesisir utara dari Cirebon sampai-sampai Semarang di sebelah selatan Gunung Muria sampai-sampai Madiun, Kediri, Besuki, disepanjang Probolinggohingga ke Malang melalui Pasuruan.
- Pusat Penelitian serta Pengembangan Gula Indonesia (P3GI) Pasuran sudah berperan melakukan penelitian-penelitian bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan varietas unggul danberbagai produk turunannya semisal fermentasi pembuatan etanol dari tetes, pembuatan ragi roti, pakan ternak, gula cair, pulp, karton danparticle board dari ampas tebu, pembuatan kompos dari blotong, pemanfaatan pucuk tebu dari empulur ampas tebu bagi atau bisa juga dikatakan untuk pakan ternak.
Manfaat Tebu
Tebu (Sacharum officinarum) merupakan salah satunya keluarga Graminae ataupun rumput-rumputan serta berkembang biak di daerah beriklim udara tengah hingga panas. Tebu cocok pada yng memiliki ketinggian tanah 1 hingga 1300 meter di atas permukaan laut.
Tebu yng tumbuh di lebih dari 200 negara, India merupakan terbesar kedua produsen gula sdangkan pengasil terbesarnay merupakan Brasil. Di negera Negara Karibia tebu dioleh menjadi Falernum serta dipergunakan menjadi bahan campuran cocktail.
Selain menjadi bahan baku gula, tebu pula tidak sedikit memiliki kegunaan menjadi obat, khasiat dari Tebu merupakan menjadi berikut :
Ada beberapa manfaat tebu diantaranya gigunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikomsumsi langsung yang dengannya tatacara dibuat jus, dibuat menjadi tetes rum serta dibuat menjadi ethanol yng nantinya dipakai menjadi bahan bakar. Limbah hasil produksi dari tebu mampu dimanfaatkan menjadi listrik.Ekstrak sari tebu yng ditambah jeruk nipis serta garam biasa di komsumsi di India itu dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberika kekuatan gigi serta gusiAir tebu bisa dimanfaatkan menjadi penyembuh sakit tenggorokan serta mencegak sakit Flu dan mampu melindungi badan kita sehat. Air tebu ini mampu dimanfaatkan oleh penderita diabetes dimanfaatkan menjadi pemanis lantaran kadar gula yng rendah. Lantaran tebu bersifat alkali menjadikan bisa membantu melawan kanker payudara serta prostat.Mengkomsumsi air tebu secara teraktur bisa melindungi metabolisme tubuh kita dari kekurangan cairan lantaran tidak sedikit kegiatan yng telah di lakukan menjadikan bisa terhindar dari stroke. Yang dengannya banyaknya kandungan karbonhidrat menjadikan bisa menambah kekuatan jantung, mata, ginjal serta otak. Membantu dalam pengobatan penyakit kuning lantaran memberikan kekuatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk hati yng menjadi lemah selama penyakit kuning. Membantu dalam melindungi peredaran air kencing yng terang serta pula membantu ginjal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan fungsi orang-orang yang dengannya baik.


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/07/sejarah-tanaman-tebu-dan-manfaat-tebu.html.

Seputar Sejarah Tanaman Tebu Dan Manfaat Tebu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah Tanaman Tebu Dan Manfaat Tebu