Cara Budidaya Kemiri Dan Cara Menanam Kemiri

- Agustus 11, 2017

Cara Budidaya Kemiri Dan Cara Menanam Kemiri

 
Cara budidaya kemiri dan tips menanam kemiri memanglah mampu dikatakan cukup gampang karean sifat tanaman yng satu ini cukup "bandel" tak terlalu susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakannya.
Selama ini tanaman kemiri di kebun rakyat kebanykan tak pernah dirawat. Akibatnya panenan yng diperoleh dibatasi, cuma 2 kali setahun.
Pendapat dari hasil penelitian yng di lakukan oleh puslitbang Tanaman indrusti, Bogor, intensifikasi budidaya kemiri mampu menaikan periode panen menjadi 3 kali setahun. Yang akan di sajikan kali ini teknik budidaya kemiri secara intensif yng di lakukan puslitbangtri.
cara, budidaya, kemiri, menanam
  • Kesesuaian Iklim dan tanah

1.Iklim
Tanaman kemiri menghendaki tempat yng suhu udaranya berkisar 21,42-26,30 derajat C yang dengannya kelembapan rata-rata 75 %. Curah hujannya 1.100-2.400 mm dan jumlah hari hujan 80-110 hari/tahun.
Pada ketinggian tanah 0-1.200 m dari permukaan laut (dpl), kemiri bisa tumbuh dan berbuah, namun hasil paling baik diperoleh andai ditanam pada ketinggian 0-800 m dpl.
2. Tanah
Kemiri tak terlalu memilih jenis tanah. Di tanah yng tidak lebih subur tanaman ini tetap mampu menghasilkan, akan tetapi hasil nya akan lebih tidak sedikit andai ditanam di tanah yng subur.
  • Pengolahan tanah

1. Di tanah miring
Tanah diolah pendapat dari system kontur, yaitu melintang terhadap lereng. Sesudah dicangkul, dibuat lubang tanam berukuran 80 X 80 X 80 cm. Jarak masing-masing lubang 5 X 5 m, menjadikan dalam 1 ha terdapat 400 lubang tanam.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah tumbuhnya gulma, tanah di antara lubang tanam secepatnya di tanami yang dengannya tanaman penutup tanah, semisal kacang ruji (pueraria javanica) ataupun kacang asu (calopagonium mucunoides). Jumlah benih yng dibutuhkan masing-masing 25-30 kg/ha.
2. Di tanah landai
Tanah dicangkul lantas di buat lubang tanam. Ukuran dan jaraknya percis yang dengannya di tanah miring. Akan tetapi andai tanahnya subur dan kemiri ingin ditanam secara monokultur, jarak tanam sebaiknya dibuat menjadi 10 X 10 m, menjadikan terdapat 100 tanaman /ha. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah tumbuhnya gulma, tanah yng masih kosong boleh ditanami palawija, misalnya jagung, kacang tanah, ataupun kedelai.
3. Di padang alang-alang
Di padang alang-alang tanah tak butuh diolah, melainkan cukuo dibuat lubang tanam. Ukuran lubang tanam tetap percis, Cuma jaraknya di buat menjadi 4 X 4 m (625 ataupun 312 lubang/ha). Pada jarak yng rapat pertumbuhan alang-alang cepat tertekan, akan tetapi buanhyan akan lebih lebat andai jarak tanamnya lebih renggang.
  • Bibit yng dipilih

Andai memungkinkan, sebaiknya dipilih bibit hasil cangkok, okulasi ataupun sambungan. Andaikan berupa benih, dianjurkan disemaikan dulu sebelum ditanam. Benih yng langsun ditanam di kebun memerlukan waktu berkecambah cukup lama, yakni 4-6 bulan, Jumlah yng sukses berkecambah paling tidak sedikit 50 %, dan yng akan tumbuh menjadi tanaman dewasa separonya lagi.
Benih yng disemaikan berlebi dulu, cuma butuh waktu berkecambah 1-2 bulan. Persentase tumbuhnya pun lebih besar, yaitu 80 % waktu perkecambahan 78 % sukses tumbuh menjadi tanaman produktif.
Ada 3 tips penyiapan benih. Pertama, benih disemaikan lantas dipindahkan ke polybag sesudah keeping bijinya terangkat. Cara selanjutnya benih di semai, sesudah berkecambah dipindahkan lagi ke pesemaian kedua. Cara terahir benih langsung disemaikan di polybag. Bibit siap di tanam di kebun andai umurnya sudah mencapai 7-10 bulan ataupun tingginya sekitar 25-40 cm.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Cara-Budidaya-Kemiri-dan-Cara-Menanam-Kemiri.html.

Seputar Cara Budidaya Kemiri Dan Cara Menanam Kemiri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Budidaya Kemiri Dan Cara Menanam Kemiri