Unsur Hara Mikro, Makro, Dan Esensial

- Maret 07, 2018

Unsur Hara Mikro, Makro, Dan Esensial

 
Pengertian Unsur hara
Selain air, media tanam pula Perlu bisa atau mampu menyediakan pasokan makanan bagi tanaman yng lebih dikenal denagn sebutan unsur hara.
Unsur hara adalah faktor yng mutlak dibutuhkan oleh tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk melengkapi daur hidupnya, mulai dari fase vegetative hingga generative.
Unsur-unsur yang telah di sebutkan menjadi bagian dari pertumbuhan tanaman yng penting, karenanya disebut menjadi unsur hara esensial.
Setiap tanaman butuh paling tidak banyak 16 unsur hara supaya pertumbuhannya normal. Dari ke-16 unsur hara yang telah di sebutkan, 3 diantaranya berasal dari udara, yaitu :
Karbon © Oksigen (O)Hidrogen (H)
Sementara 13 unsur hara lain-lainnya disediakan oleh tanah. Yang dengannya demikian, media tanam setidaknya Perlu menyediakan 13 unsur hara yang telah di sebutkan.
Didasari tingkat kebutuhannya, ke -13 unsur hara ini dibedakan menjadi 2 golongan, yaitu unsur hara makro serta unsure hara mikro.
Unsur hara makro Unsur hara makro merupakan unsur hara yng dibutuhkan tanaman dalam jumlah relative tidak sedikit.
Nitrogen (N)fosfor (P)kalium (K)kalsium (Ca)magnesium (Mg) belerang (S) adalah unsur hara makro.
Unsur hara mikroSementara unsur hara mikro merupakan unsur hara yng dibutuhkan tanaman dalam jumlah relative tidak banyak.
Besi (Fe)mangan (Mo)kuprum ataupun tembaga (Cu)zink ataupun seng (Zn)Klor (Cl) meruapakn unsurhara mikro.
Fungsi dari masing-masing unsure hara diatas bagi tanaman berbeda-beda. Ketersediannya di media tanam pun Perlu tetap terjaga.
Jumlah unsur hara yng diberikan pada media tanam Perlu disesuaikan yang dengannya jenis tanaman yng ditanam serta kondisi media tanam itu sendiri.
Gejala dari defisiensi unsur hara yang telah di sebutkan pun akan berbeda-beda menjadikan perlakuan dalam pemberian unsur hara pun Perlu disesuaikan.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/04/unsur-hara-mikro-makro-dan-esensial.html.

Seputar Unsur Hara Mikro, Makro, Dan Esensial

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Unsur Hara Mikro, Makro, Dan Esensial