Apa Itu Asam Humat ? | Pengertian Asam Humat

- Februari 21, 2018

Apa Itu Asam Humat ? | Pengertian Asam Humat

 
ASAM HUMAT (Humic Acid)
Asam Humat (Humic Acid) mulai tidak sedikit dipakai dalam pertanian lantaran efek positifnya dalam pertumbuhan tanaman serta budidaya tanaman. Asam Humat bukanlah pupuk yng bisa atau mampu menyediakan nutrisi bagi tanaman, melainkan pelengkap pupuk.
Keuntungan yng diperoleh dari penggunaan Asam Humat merupakan :
1. Penambahan bahan organik pada tanah miskin bahan organik
2. Menaikan kebugaran atau kesehatan serta vitalitas akar
3. Menaikan perkecambahan benih
4. Menaikan penyerapan nutrisi
5. Menaikan sintesis klorofil
6. Menaikan retensi pupuk (kemampuan tanah memegang serta melepaskan nutrisi)
7. Memacu aktivitas mikroba tanah
8. Tanaman yng lebih sehat serta hasil meningkat.
Bagaimana Asam Humat Menaikan Kualitas Tanah?
Disaat diaplikasikan ke tanah liat, asam humat membantu mengurangi kepadatan tanah, membantu penetrasi air serta udara menjadikan pertumbuhan serta perkembangan daerah perakaran menjadi lebih baik. Disaat di aplikasikan ke tanah berpasir, asam humat menaikan kandungan bahan organik yng menaikan kapasitas retensi tanah dalam menyerap unsur hara.
Peran Asam Humat terhadap Aktivitas Mikroorganisme Tanah?
Aktivitas mikroba yng menguntungkan Amat penting bagi keberlanjutan tanah serta pertumbuhan tanaman. Asam humat adalah sumber karbon bagi mikroba yng menjadi sumber nutrisinya, yng selanjutnya akan menaikan pertumbuhan serta aktivitasnya dalam tanah. Mikroba berperan dalam siklus unsur hara serta pelarutan beberapa nutrisi semisal phosphat yng terikat oleh tanah. Mikroba pula berperan penting dalam kontinuitas pembentukan humus (humifikasi) dalam tanah. Asam Humat serta Pemupukan Asam humat adalah bahan pelengkap pupuk, baik pupuk kimia ataupun organik. Penggunaan asam humat secara rutin bisa membantu mengurangi penggunaan pupuk kimia, menjadi akibat dari perbaikan kualitas tanah serta mikroba. Asam humat bisa atau mampu mengikat nutrisi mikro (khelasi) menjadikan menjadi lebih gampang diserap tanaman. Pada beberapa kondisi, penambahan pupuk kimia mampu dihilangkan percis sekali disaat tanah mempunyai kandungan bahan organik yng cukup dan proses mikrobiologis berjalan yang dengannya baik.
Bagaimana Asam Humat Menaikan Pertumbuhan Tanaman?
Semisal dijelaskan di atas bahwasanya yang dengannya meningkatnya kualitas tanah dan tingginya aktivitas mikrobiologis dalam tanah, maka pertumbuhan tanaman pula akan makin baik. Tanaman menjadi lebih sehat, pertumbuhan tanaman pula meningkat akibat kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi dan mendapatkan nutrisi lebih tidak sedikit yng disediakan oleh tanah.
Kebutuhan Asam Humat 1 ha cuma bth 4 L dipakai 3 hari sebelum pemakaian bioboost disaat pengolahan tanah.
Dosis pemakaian 1/2 liter asam humat bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 tabung 14 Kg
SATU HAL LAGI YANG PALING PENTING ASAM HUMAT ADALAH menetralisir pH tanah menjadi normal menjadikan aktifitas pembentukan hara dalam tanah lebih cepat serta mampu diserap oleh tanaman yang dengannya gampang.

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/03/pengertian-asam-humat.html.

Seputar Apa Itu Asam Humat ? | Pengertian Asam Humat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Apa Itu Asam Humat ? | Pengertian Asam Humat