Budidaya Bawang Bombay Dan Cara Menanam Bawang Bombay

- Februari 21, 2018

Budidaya Bawang Bombay Dan Cara Menanam Bawang Bombay

 
Lingkungan yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan bawang bombay
Bawang bombay bisa tumbuh yang dengannya baik pada tempat-tempat yng udaranya sejuk. Suhu udara yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya bawang bombay adalah 18 – 20 °C. pada suhu ini pembentukan umbi berjalan yang dengannya baik.
Di indonesia, suhu yng yng demikian terdapat di daerah-daerah yng ketinggiannya antara 800 – 1000 meter di atas permukaan laut. Pada suhu yng lebih rendah, yakni 10 – 15 °C, bawang Bombay bisa membentuk bunga.
Bawang bombay butuh sinar matahari yng cukup tidak sedikit, yakni sekitar 14 jam per hari. Andai bawang bombay tumbuh terlindungi ataupun tak cukup sinar matahari, produksinya akan rendah, daya simpannya tak akan lama, dan rasanya tawar.
budidaya, bawang bombay, cara, menanam
Tanah yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan bawang bombay adalah tanah yng gembur, subur, dan tidak sedikit memiliki kandungan humus. Bawang bombay tak menyukai tanah yng becek, namun tak pula menyukai tanah yng kering. Tanah yng gampang mengalirkan air merupakan jenis merupakan tanah yng disukai tanaman ini.
Tanaman bawang bombai Amat butuh air yng cukup tidak sedikit, akan tetapi andaikan air terlalu tidak sedikit tak sesuai yng dibutuhkan akan memicu terhambatnya pertumbuhan bawang yang telah di sebutkan, yang dengannya tanda semisal daun mengering, pembentukan umbi menjadi susah, ataupun malah tak berbentuk umbi.
Cara penanaman bawang bombay
Langkah-langkah tips menanaman bawang Bombay percis halnya semisal bawang merah dan bawang putih yng Perlu melalui tahapan : menentukan waktu tanam, memilih bibit yng tidak jelek alias bagus, pengolahan tanah, teknik menanam dan pemeliharaan tanaman.
Menetukan waktu tanam
Bawang bombay sebaiknya ditanam pada musim kemarau, akan tetapi Perlu dibarengi yang dengannya pengairan yng baik. Waktu yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam bawang bombay yakni pada akhir musim penghujan, ataupun pada tatkala awal musim kemarau. Andai menanam bawang bombay pada tatkala tidak sedikit turun hujan tanaman akan gampang terserang penyakit.
Pemilihan bibit yng baik
Budidaya bawang bombai di Indonesia mampu dikatakan masih tergolong tidak banyak yng membudidayakan, disbanding bawang merah dan bawang putih. Bawang Bombay bisa dikembangbiakkan yang dengannya baik mempergunakan umbi ataupun bijinya. Akan tetapi di Indonesia penanaman yang dengannya umbi lebih tidak sedikit di lakukan meskipun hrganya tidak murah. Sedanggkan kalau menanam yang dengannya biji harganya akan lebih murah.
Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh biji bawang bombai cukup susah, lantaran Perlu memperoleh secara impor dari luar negeri, lantaran tanaman bawang bombay susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk berbunga dan berbiji di daerah iklim tropis.
Andaikan ingin berupaya memperoleh bibit biji sendiri, bawang Bombay Perlu ditanam hingga menghasilkan bunga dan membentuk biji, suhu yng dibutuhkan supaya tanaman berbunga merupakan 5 – 10 °C. dan simpen selama 4 minggu. Selanjutnya tanam umbi yang telah di sebutkan ditempat yng sejuk.
Kalu telah mendapay bibit yng baik, sebar bibit yang telah di sebutkan pada lahan yng telah dipersiapkan.
Lahan yng berupa bedengan-bedengan yng sudah digemburkan tanahnya dan telah diratakan permukaannya. Lebar bedengan 1 meter dan tingginya 10 – 15 cm. sebaiknya, bedengan-bedengan persemaian dibuat yang dengannya arah utara selatan supaya mendapatkan sinar matahari yng tidak sedikit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga persemaian dari air hujan, Perlu dibuat peneduh yng terbuat dari plastic.
Biji yng sudah disemai setiap tatkala Perlu disiram supaya tak mengalami kekeringan. Penyiraman dilakuakn tanpa memicu penggenangan air agar bisa tak becek. Penyiraman bisa di lakukan tiga kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore hari. Seminggu sesudah disemai, biji akan mulai tumbuh. Seusai biji tumbuh, butuh di lakukan penyiangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilang-kan tanaman pengganggu, semisal rumput-rumputan. Seusai umur empat minggu, di lakukan penjarangan semai yang dengannya tips mencabutinya.
Penyemprotan pestisida butuh di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan hama dan penyakit tanaman. Seusai berumur 6-10 minggu, semaian bisa dicabut dan ditanam pada lahan yng sudah disediakan. Pencabutan semai di lakukan secara hati-hati, dan bila butuh bisa dipakai alat pencukil. Jumlah batang semai yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 hektare tanah yng akan ditanam merupakan 300.000-400.000 batang semai. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh bibit yng berupa umbi, bisa di lakukan yang dengannya tips membuat pesemaian berlebi dulu.Semai dibiarkan tumbuh hingga membentuk umbi mudadengan ukuran tertentu. Umbi dipanen dan dipakai menjadi bibit. Umbi muda yang telah di sebutkan dinamakan sets. Ukuran sets ada tiga, yakni:
a. Besar, andai berdiameter 2 - 2,5 cm
b. Tengah, andai berukuran 1,25 - 2 cm
c. Kecil, andai berdiameter 0,5 - 1,25 cm
Ukuran sets yng dipakai menjadi bibit merupakan 1,25 - 2,5 cm. Sets yng berukuran lebih dari 2,5 cm tak mampu dibuat bibit, umumnya sets yng ukuaran itu dibuat acar bawang bombay. Jumlah umbi sets yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 hektare tanah, andai bobotnya 6,3 gram setiap umbi merupakan 2 - 2,5 ton.
Bibit pula bisa berasal dari umbi yng sudah tua. Umbi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit sebaiknya dipilih yng berukuran besar walupun harganya lebih tidak murah. Umbi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit Perlu sehat, tak ada tanda-tanda di kenai penyakit, tak mempunyai luka, ataupun rusak.
Selain itu, bibit Perlu berasal dari tanaman yng benar-benar tua. Umbi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit sebelum ditanam dipotong bagian ujungnya, dan bekas potongannya dibiarkan kering. Pemotongan bisa di lakukan sehari sebelum umbi ditanam. Andai ukuran umbi bibit rata-rata 20 gram, maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1 hektare lahan dibutuhkan 6 – 8 ton umbi.
Pengolahan tanah
Pengolahan tanah di lakukan supaya tanah tetap dalam kondisi yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tanaman yng akan kita tanam. Pengolahan tanah di lakukan 2 - 4 minggu sebelum penanaman, dan diawali yang dengannya menggemburkan tanah. Penggemburan tanah bisa di lakukan yang dengannya cangkul, bajak, ataupun traktor.
Seusai itu, dibuat bedengan-bedengan yang dengannya parit kecil di antara bedengan. Lebar bedengan kira-kira 80 – 100 cm, sedangkan panjangnya disesuaikan yang dengannya ukuran lahan. Sebaiknya, panjang bedengan merupakan 3 – 5 m, tinggi bedengan 20 – 25 cm, sedangkan kedalaman parit 25 – 35 cm.
Seminggu sebelum lahan ditanami, di lakukan pemupukan dasar yang dengannya kompos ataupun pupuk sangkar. Pupuk dicampurkan pada tanah bedengan hingga rata. Seusai itu, lahan dibahasi secukupnya. Dua ataupun tiga hari sebelum penanaman, tanah diberi pupuk buatan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemaparan Teknik Menanam dan Pemeliharaan Tanaman mampu dilihat dipostingan selanjutnya
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/12/Budidaya-Bawang-Bombay-dan-Cara-Menanam-Bawang-Bombay.html.

Seputar Budidaya Bawang Bombay Dan Cara Menanam Bawang Bombay

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Bawang Bombay Dan Cara Menanam Bawang Bombay