Cara Membasmi Lalat Di Rumah, Kandang Sapi, Pada Tanaman Cabe, Pada Tanaman Jeruk, Dan Mangga

- September 19, 2017

Cara Membasmi Lalat Di Rumah, Kandang Sapi, Pada Tanaman Cabe, Pada Tanaman Jeruk, Dan Mangga

 
Cara Membasmi Lalat di Rumah, Kandang Sapi, pada Tanaman Cabe, pada Tanaman Jeruk, dan Pada Mangga
Ini merupakan Cara Membasmi Lalat yng biasanya dipakai di rumah warung makanan dan ditempat jualan di pasar :
1. Menyalakan Lilin
Suka kita jumpai ada warung makan yng menyalakan lilin di siang hari.
Itu bukan tanpa alasan..! mengusir lalat-lalat supaya tak hinggap di makanan yng di jual merupakan tujuan utamanya lantaran lalat tak menyukai asap.
2. Daun Pandan
Kamu pula mampu mempergunakan daun pandan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir lalat.
Tatacaranya :
Ambil beberapa helai daun pandan, iris halus lantas letakkan irisan daun pandan yang telah di sebutkan dalam sebuah mangkuk ataupun piring.
Nah, di tempat yng tidak sedikit dihinggapi lalat yang telah di sebutkan letakkan piring ataupun mangkuk berisi irisan daun pandan tadi.
3. Apel
Ini masih berhubungan yang dengannya cengkeh..
Kadang bau cengkeh masih tidak lebih menyengat.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu supaya wangi cengkeh lebih tajam menjadikan lebih efektif mengusir lalat, siapkan satu buah apel yng telah matang.
Tusukkan bunga-bunga cengkeh ke permukaan kulit apel secara merata.
Lantas letakkan apel yng telah tertutup cengkeh yang telah di sebutkan di atas meja makan ataupun yng tidak sedikit lalatnya.
Lalat pun jadi enggan mendekat.
4. Cengkeh
Cengkeh selain bagi atau bisa juga dikatakan untuk campuran rokok dan masakan, diluar dugaan pula mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir lalat.
Cara mengusir lalat mempergunakan cengkeh merupakan yang dengannya merendam cengkeh (secukupnya saja) pada semangkuk air.
Lantas letakkan rendaman cengkeh tadi di tempat yng sekiranya tidak sedikit dihinggapi lalat.
5. Jeruk Lemon
Bukan cuma buat mengobati sakit tenggorokan dan obat batuk, jeruk lemon diluar dugaan pula mampu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir lalat.
Penggunaan jeruk lemon bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengusir lalat mirip semisal tatkala mempergunakan apel.
Potong jeruk lemon masing–masing menjadi empat potong memanjang. Tancapkan 12 cengkih kering pada setiap potongan.
Tata irisan perpaduan lemon dan cengkih di piring dan letakkan pada kedua ujung meja.
Lalat mampu mendeteksi bau buah jeruk lemon dan aroma rempah cengkeh.
Perpaduan aroma yng tajam ini berperan menjadi pengusir serangga yng baik.
6. Menutup Tempat Sampah
Cara yng paling simpel yaitu menutup tempat sampah.
Lantaran sampah adalah tempat yng paling digemari oleh lalat.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk terhindar dari lalat, disaat malam hari tempat sampah yng berada di dapur segera pindahkan ke pekarangan rumah.
Ataupun cari tempat sampah yng ada penutupnya.
Jangan tidak ingat, jaga kebersihan rumah Kamu.
Bersihkan setiap sisa makanan yng ada di meja makan dan pula tutup makanan yng ada.
Cara Mengatasi Lalat Sapi
Pengendalian relatif susah di lakukan.
Sanitasi dan kebersihan sangkar adalah satu dari sekian banyaknya tips yng bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan populasi lalat.
Penggunaan insektisida pula adalah tips dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membunuh lalat yang dengannya tips menyemprot sangkar yang dengannya :
Lindane 0,03-0,05%,
Toxaphene 0,5%,
Metoxychlor 0,05%,
Coumaphos 0,125%,
Dioxanthion 0,15%,
Malation 0,5%,
Ronnel 0,75%.
Pemberian dichlorvos dalam minyak mineral diberikan sehari-hari pula bisa atau mampu mengusir lalat bagi atau bisa juga dikatakan untuk hinggap dipermukaan tubuh hewan.
Selain dichlorvos mampu pula dipakai coumophos, malathion ataupun tetrachlorvinphos yng diberikan 2-3 kali seminggu dalam sediaan tabur.
App insektisida bisa di lakukan yang dengannya tips Dipping (populasi ternak tidak sedikit), Spraying, Back Rubber, Dust Bag, Pour on, lewat makanan dan mempergunakan keping resin (semisal kalung).
Metode pengendalian biologi yang dengannya mempergunakan parasit penyengat yng telah dikembangkan menjadi kompetitor biologis bagi atau bisa juga dikatakan untuk Musca domestica.
Ada Cara Membasmi Lalat sangkar sapi yng lain selain tips diatas, yakni yang dengannya menyemprotkan cairan disinfektan (Bioboost) pada daerah yng luka akibat dihinggapi lalat.
Cairan disinfektan ini akan membuat lalat tak mau hinggap, menjadikan penyebarannya mampu dicegah seminimal barangkali.
Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Cabe
Yang akan di sajikan kali ini merupakan Cara Membasmi Lalat buah pada Tanaman Cabe.
Ini bertujuan menghindari pembusukan pada buah cabe :
1. Genakan perangkap lem lalat buah, yakni Metilat Plus yng berbahan aktif metil eugenol yng Amat efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik perhatian lalat buah jantan.
Makin tidak sedikit perangkap lem Metilat di lahan tanaman cabe akan makin efektif mengendalikan serangan lalat buah.
Andaikan lalat buah jantan sibuk tergoda yang dengannya aroma Metilat Lem maka lalat buah betina tak mampu dibuahi dan akhirnya pula mati.
Pada perangkap lem Metilat yang telah di sebutkan pula mampu ditambahkan insektisida menjadikan andaikan lalat buah jantan terpancing pada perangkap yang telah di sebutkan akan langsung mati.
2. Selain itu pula bisa di lakukan penyemprotan insektisida berbahan aktif sipermetrin, deltametrin, profenofos, klorpirifos, metomil, kartophidroklorida, ataupun dimehipo.
Dosis sesuai petunjuk pada kemasan.
Campurkan Aero 810 bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan daya guna pestisida kimia dalam mengatasi serangan lalat buah.
Cara Membasmi Lalat Buah Mangga
Cara Membasmi Lalat Buah Mangga bisa dikendalikan yang dengannya banyak sekali tips mulai dari biologi, mekanis, kultur teknis dan kimia.
Di alam lalat buah memiliki musuh alami berupa parasitoid dari genus Biosteres dan Opius dan beberapa predator semisal semut, sayap jala (Chrysopidae va. (ordo Neuroptera)), kepik Pentatomide (ordo Hemiptera) dan beberapa kumbang tanah (ordo Coleoptera).
Peran musuh alami belum tidak sedikit dimanfaatkan mengingat populasinya yng rendah dan banyaknya petani yng mengendalikan hama mempergunakan insektisida.
Parasitoid dan predator ini lebih rentan terhadap insektisida daripada hama yng diserangnya.
1. Pengumpulan dan pemungutan sisa buah yng tak dipanen lebih-lebih buah sotiran bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindarkan hama yang telah di sebutkan menjadi inang potensial, akan menjadi sumber serangan selanjutnya.
Pengendalian mekanis pula bisa di lakukan yang dengannya mengumpulkan buah yng busuk ataupun telah terserang lantas dibenamkan kedalam tanah ataupun dibakar.
2. Pembungkusan buah mulai umur 1,5 bulan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah peletakan telur (oviposisi), adalah tips mekanik yng paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk diterapkan menjadi antisipasi terhadap serangan lalat buah.
Bahan Pembungkus
Petani umumnya mempergunakan kertas, kertas karbon, plastik hitam, daun pisang, daun jati, ataupun kain bagi atau bisa juga dikatakan untuk membungkus buah yng tak terlalu besar semisal belimbing dan jambu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk buah yng berukuran besar, semisal nangka, petani biasa mempergunakan anyaman daun kelapa, karung plastik, ataupun kertas semen.
Setiap jenis pembungkus mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Syarat Bahan Pembungkus
Apa pun bahan pembungkus yng dipakai Perlu memenuhi persyaratan : bahan tak gampang rusak, bahan berwarna gelap, dan bahan membantu melindungi kelembaban dalam bungkusan.
Waktu Pembungkusan
Kapan buah Perlu dibungkus bergantung dari jenis buahnya.
Misalnya, buah belimbing Perlu sedini barangkali dibungkus.
Buah mangga dibungkus sebelum buah memasuki stadium pemasakan.
Lalat buah tertarik pada warna kuning dan aroma buah masak ataupun aroma amonia yng dikeluarkan oleh beberapa jenis bunga dan buah, jadi membungkus buah sedini barangkali mampu efektif mengurangi serangan lalat buah.
3. Pengasapan.
Upaya membungkus buah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari serangan lalat buah akan makin efektif andai dibarengi yang dengannya pengasapan.
Tujuan pengasapan merupakan mengusir lalat buah dari kebun.
Pengasapan di lakukan yang dengannya membakar serasah ataupun jerami hingga menjadi bara yng cukup besar.
Lantas bara dimatikan dan di atas bara ditaruh dahan kayu yng masih lembab.
Pengasapan di sekitar pohon bisa mengusi lalat buah dan efektif selama tiga hari.
Pengasapan selama 13 jam mampu membunuh lalat buah yng tak pernah sempet menghindar.
4. Kotak perangkap yng di dalamnya diletakkan bahan pemikat lalat buah, antara lain mempergunakan daun Selasih (Ocimum sp.) yng tidak sedikit tumbuh di ladang ataupun di tempat terbuka lain-lainnya.
Tanaman selasih memiliki kandungan minyak asiri, saponin, flavanoid, tanin, dan senyawa geranoil, methyl eugenol (ME), linalol dan senyawa lain yng bersifat menguap.
Minyak selasih diadukan atau dilaporkan memiliki kandungan ME > 65%.
Cara Penggunaan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menarik/mengendalikan lalat buah, selasih bisa dimanfaatkan secara langsung ataupun disuling dulu bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh minyaknya.
Penggunaan secara langsung tatacaranya :
1. Daun selasih 10–20 helai dibungkus yang dengannya kain strimin, lantas diremas-remas, lantas masukkan ke dalam perangkap;
2. Daun selasih dicincang yang dengannya pisau 2 – 3 cm, selanjutnya dibungkus kain strimin dan dimasukkan pada alat perangkap.
Pengendalian secara kultur teknis bisa di lakukan yang dengannya pengolahan tanah (membalik tanah) di bawah pohon/tajuk tanaman yang dengannya tujuan supaya pupa terangkat ke permukaan tanah menjadikan di kenai sinar matahari dan akhirnya mati.
Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk
Ini dia Cara Membasmi Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk yng biasa dipakai oleh pemilik kebun jeruk menjadikan meminimalisir gagal panen.
Sanitasi.
Jagalah kebersihan. Buang/pangkas buah yng sudah terserang dan pendam dalam tanah.
Tanah disekitar tanaman dicangkul dan dibalik supaya pupa yng ada dalam tanah mati.
Sampah/seresah disekitar tanaman pula Perlu dikumpulkan dan dibakar ataupun dipendam dalam tanah.
Budidaya yng baik.
Lakukan pemangkasan pada tanaman buah supaya tajuk mampu terbentuk dan mengurangi kerimbunan kanopi.
Genakan perangkap lem kuning bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah dan mengurangi serangan lalat buah.
Lem perangkap kuning.
Genakan perangkap metyl eugenol bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangkap lalat jantan.
Namun ingat jangan meletakkan perangkap dalam sedang tempat pertanaman, sebaikknya di pinggir saja supaya lalat tak terkumpul ditengah pertanaman.
Perangkap metyl eugenol.
Genakan insektisida kimia andai sudah mempergunakan pengendalian 1–5 diluar dugaan masih berlangsung serangan.
Pendapat dari pengalaman yang dengannya mempergunakan insektisida piretroid sintetik yng kuat semisal Deltametrin 25 EC, Betasiflutrin 25 EC, Lamdasihalotrin 25 EC dan Sipermetri 100 EC yang dengannya konsentrasi 1 ml/L umumnya telah bisa atau mampu mengendalikan hama lalat buah ini.
Yng butuh diperhatikan merupakan waktu dan tips penyemprotannya.
Lakukan penyemprotan tatkala pagi-pagi sekali sebelum jam 6 pagi, ataupun malam hari dan semprot bagian bawah daun secara merata dan mengabut.


Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/cara-membasmi-lalat-di-rumah-kandang.html.

Seputar Cara Membasmi Lalat Di Rumah, Kandang Sapi, Pada Tanaman Cabe, Pada Tanaman Jeruk, Dan Mangga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membasmi Lalat Di Rumah, Kandang Sapi, Pada Tanaman Cabe, Pada Tanaman Jeruk, Dan Mangga