Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil

- September 17, 2017

Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil

 
Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil
Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tips membuat minyak kelapa biasa, pada postingan di artikel ini kita akan menjelaskan bagaimana tips mengolah ataupun tips membuat minyak kelapa murni ataupun virgin coconut oil.
Ada dua tips bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan minyak kelapa murni, yakni yang dengannya tips pemanasan serta tanpa pemanasan.
Cara Membuat Minyak Kelapa Murni, Virgin Coconut Oil, minyak kelap murni
Masing-masing tips ini mempunyai teknik pengolahan yng berbeda. Adapun teknik pengolahannya menjadi berikut.
Teknik Pengolahan Yang dengannya Pemanasan
Persiapan bahan baku
Bahan baku utama pembuatan minyak kelapa murni ini berupa buah kelapa segar yng telah tua ataupun matang yang dengannya umur buah 11-12 bulan.
Buah kelapa yng demikian akan menghasilkan rendemen minyak yng tidak sedikit. Beberapa ciri bahwasanya buah kelapa telah tua ataupun matang antara lain kulit sabut telah bewarna cokelat serta buah belum ada yng berkecambah. Buah yng belum cukup umur ataupun baru sekitar 10 bulan umumnya mempunyai warna sabut yng masih hijau.
Akan tetapi, bila telah terlanjur dipanen meskipun buahnya belum cukup umur, buah yang telah di sebutkan masih bisa disimpan berlebi dahulu sekitar dua bulan menjadikan bisa mencapai tingkat ketuaan yng sesuai.
Lama penyimpanannya umumya sekitar dua bulan. Oleh lantaran itu, buah kelapa yng sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah menjadi minyak kelapa murni Perlu berumur 12 bulan.
Buah kelapa yng dipilih Perlu mempunyai kandungan air kelapa. Bila telah tak memiliki kandungan air kelapa, sebaiknya buah demikian jangan dipilih.
Buah tanpa air kelapa telah tak baik lantaran mungkin besar telah terjdi perombakan komposisi daging buah menjadikan bisa berpengaruh pada rendemen serta mutu minyak.
Jenis kelapa yng baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah menjadi minyak kelapa murni merupakan kelapa dalam ataupun kelapa hibrida local.
Anjuran mempergunakan jenis kelapa dalam ataupun kelapa hibrida lokal lantaran buahnya berukuran besar serta daginya cukup tebal menjadikan diperoleh minyak yng lebih tidak sedikit dibandinkan yang dengannya ukuran yng kecil-kecil menjadikan tak efisien.
Dari hasil percobaan yng di lakukan dibalitka manado, bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan minyak kelapa murni sebanyk 3,75 liter dibutuhkan kelapa sebanyk 30 butir kelapa dalam.
Umumnya setiap butir kelapa dalam menghasilkan daging kelapa seberat 500 g. jumlah santan yng diperoleh oleh 30 butir kelapa yang telah di sebutkan sekitar 48 liter. Dari santan yang telah di sebutkan akan diperoleh krim sebanyk 10 liter.
Persiapan Alat serta Saran pendukung
Pengolahan minyak kelpa murni scara tradisional ini mempergunakan perlengkapan yng Amat simpel. Adapun perlengkapan yng diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengolahan mimyak kelapa murni ini merupakan menjadi berikut.
  • Panci email, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanasan minyak mentah pada proses pemanasan kedua. Penggunaan panci email bertujuan supaya tak berlangsung oksidasi antara minyak yang dengannya panci. Dipasaran, ukuran panci ada bermacam-macam. Akan tetapi, bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pembutan minyak kelapa murni, ukuran panci butuh disesuaikan yang dengannya kapasitas pengolahan ataupun sesuai kebutuhan.

  • Wajan besi, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pemanasan krim santan sampai-sampai terbentuknya blondo bewarna putih.selain dari besi, wajan bisa terbuat dari bahan logam lain. Semisal halnya panci email, wajan pun ada bermacam-macam ukuran. Pilihlah ukuran wajan yng bisa menampung krim santan dalam jumlah tidak sedikit.

  • Saringa, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan santan serta ampas kelapa. Saringan bisa terbuat dari plastic ataupun logam. Supaya efesien, ukuran saringan sebaiknya besar.

  • Corong, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukkan minyak kelapa murni kedalam kemasan, umumnya berupa botol. Bila tak mempergunakan corong, dikhawatirkan aka ada tidak sedikit minyak yng tumpah. Dipasaran dijual beragam ukuran corong yng terbuat dari plastik. Sebaiknya ukuran corong disesuaikan yang dengannya ukuran mulut kemasan botol.

  • Ember plastic transparan, dipakai menjadi tempat untukfermentasi santan. Yang dengannya ember ini akan terbentuk krim santan. Batas pemisahan santan yang telah di sebutkan akan tampak dari luar bila embernya transparan menjadikan membuat mudah pengambilan krim. Selain ember plastic transfaran, pula bisa dipakai stoples plastic transfaran berukuran besar. Jumlahnya disesuaikan yang dengannya banyaknya santan yng akan difermentasi.

  • Baskom plastik berukuran besar, dipakai menjadi wadah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat santan. Sebaiknya wadah ini disiapkan sebanyk dua buah, yakni satu baskom bagi atau bisa juga dikatakan untuk ampas serta satunya lagi bagi atau bisa juga dikatakan untuk santan.

  • Kompor, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanaskan krim santan serta minyak mentah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk skala kecil ataupun skala keluarga, cukup mempergunakan kompor sumbu yang dengannya bahan bakar minyak tanah maupun kompor gas. Di pedasaan pun bisa dipakai tungku yang dengannya bahan bakar kayu ataupun tempurung kelapa. Hal ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penghematan biaya pengolahan.

  • Selang plastik, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan lapisan krim. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pemisahan ini cukup mempergunakan selang plastic berdiameter kecil. Akan tetapi, bila skala pengolahan minyak cukup besar, sebaiknya dipakai mesin pemisah krim.

  • Parutan kelapa, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memarut kelapa menjadikan daging kelapa menjadi partikel-partikel yng kecil. Yang dengannya partikel kecil maka upaya memperoleh santan berkadar minyak tinggi akan menjadi gampang. Parutan bisa berupa mesin pemarut ataupun parutan biasa yng dipakai secara manual, semisal yng umumnya dipakai oleh ibu keluarga. Bila kelapa yng akan diparut berjumlah tidak sedikit, sebaiknya dipakai alat ataupun mesin pemarut kelapa.

  • Pengepres santan, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan kandungan santan pada daging keelapa seusai diparut. Akan tetapi, alat ini tak seharusnya disiapkan lantaran proses pengeluaran santan yang telah di sebutkan bisa yang dengannya tips manual, yakni yang dengannya tangan.

  • Pengukur volume ataupun literan, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur jumlah air yng akan dipakai dalam proses pembuatan santan. Yang dengannya perbandingan kelapa serta air yng sesuai maka akan diperoleh santan yng baik. Alat ini pun dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengukur volume minyak yng diperoleh.

  • Centong, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaduk santan tatkala pemanasan sampai-sampai terbentuk blondo. Pengadukan ini di lakukan secara kontinu supaya tak terbentuk kerak santan yng akan merubah warna minyak. Centong pun bisa dipakai menjadi alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengalihkan minyak dari wajan ( tatkala proses pemanasan pertama ) ke panci email bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses pemanasan kedua.

  • Gayung, dipakai menjadi alat bantu dalam mengumpulkan air dalam proses pembuatan santan.

  • Jerigen, diguanakan menjadi wadah penampung seusai diperoleh minyak kelapa murni sebelum dikemas dalam kemasan botol. Jerigen ini Perlu dilengkapi yang dengannya tutup.

  • Botol, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengemas minyak dalam ukuran tertentu sesuai ukuran botol. Botol kemasan ini bisa terbuat dari kaca ataupun plastic.

  • Timbangan, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menimbang bahan baku, yakni kelapa parut. Penimbangan bahan Amat diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan perbandingan yng sesuai antara kelapa yang dengannya air.

  • Kain saring, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu proses pembuatan santan bila cuma mempergunakan tips manual, bukan alat pengepres santan. Kain pula bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyaring minyak pada tahap penyarungan kedua.

  • Kertas saring, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyaring minyak supaya diperoleh minyak yng bewarna bening. Kertas saring ini bisa diperoleh di apotek dalam bentuk lembaran-lembaran.

  • Lewang, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengupas sabut buah kelapa. Memanglah pengupasan sabut ini pun bisa di lakukan yang dengannya bantuan perang. Akan tetapi, tidak lebih efisien bila jumlah buah kelapanya tidak sedikit lantaran butuh waktu yng lama.

  • Parang, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membelah butiran kelapa yng telah tak terdapat sabut.

  • Kore-kore ( sebutan manado ) ataupun pencukil daging buah, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan daging kelapa yang dengannya tempurung. Yang dengannya alat ini maka pemisahannya menjadi lebih gampang.

Proses Pembuatan Minyak Kelapa Murni
  • Siapkan kelapa yng telah matang.
  • Kupas sabut kelapa bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh butiran butiran kelapa yang dengannya pengupas kelapa.
  • Belah butiran kelapa yang telah di sebutkan.
  • Pisahkan daging kelapa yang dengannya tempurungnya.
  • Parut daging kelapa.
  • Tambahkan air ke dalam hasil parutan daging kelapa, yang dengannya perbandingan 1 kg kelapa parut tambahkan air 2 liter.
  • Kocok ataupun peras kelapa bersama air sampai-sampai santannya bercampur yang dengannya air.
  • Piasahkan kelapa dari santannya yang dengannya mempergunakan kain.
  • Saring santan yng diperoleh yang dengannya mempergunakan saringan kelapa.
  • Pemanasan Krim Sanatan
  • Sesudah krim dari santan kelap didapatkan selanjutnya:
  • Masukan krim ke dalam wajan, lantas panaskan di atas api yang dengannya suhu 100-110 drajat celcius.
  • Sembari dipanaskan, aduk krim secara kontinu sampai-sampai agak matang. Jangan hingga berlangsung kerak akibat krim.
  • Hentikan pemanasan bila tampak adanya pemisahan blondo yang dengannya minyak.
  • Dinginkan bahan yang telah di sebutkan, lantas saring bagi atau bisa juga dikatakan untuk memisahkan blondo yang dengannya minyak. Minyak yng diperoleh merupakan minyak belum matang ataupun masih mentah.
Sesudah didapat minyak, alalu panaskan kembali serta lakukan penyaringan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terperinci serta terperinci silahkan Kamu baca buku yang dengannya judul Virgin Coconut Oil Pembutan & Pemanfaatan Minyak Kelapa Murni, terbitan Penebar Swadaya.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/cara-membuat-minyak-kelapa-murni-virgin-coconut-oil.html.

Seputar Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Minyak Kelapa Murni Virgin Coconut Oil