Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengandung Misteri

- Agustus 13, 2017

Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengandung Misteri

 
Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengandung Misteri
Bunga itu tampak Amat indah sekali. Kelopak bunganya yng tersusun secara roset melengkapi pesona keindahannya. Begitu juga yang dengannya namanya yng menarik yakni bunga Wijaya Kusuma.

Selain bentuk bunganya, ada hal menarik lain-lainnya ihwal bunga ini lantaran seolah menyimpan misteri tersendiri lantaran cuma mekar di malam hari saja. Seiring yang dengannya terbitnya sang surya, bunga Wijaya Kusuma pun ikut layu.Lantaran itulah bunga Wijaya Kusuma disebut menjadi bunga ratu malam ataupun night queen.

Ada mitos yng berkembang dalam budaya Jawa bahwasanya bunga ini dipercaya menjadi pusaka keraton Dwarawati menjadi titisan Dewa Wisnu. Lantaran itu, di lingkungan keraton Yogyakarta serta Surakarta ada mitos tidak tertulis bahwasanya seorang raja yng hendak naik tahta Perlu mempunyai bunga Wijaya Kusuma ini dalam keadaan mekar serta segar. Konon , bunga itu diambil oleh 40 orang utusan yng dipetik dari Pulau Nusakambangan.

Dalam kisah pewayangan, diceritakan konon bunga Wijaya Kusuma ini merupakan jimat ataupun senjata sitimewa yng ampuh milik Sri Bathara Kresna serta cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu Pandawa pada tatkala kondisi genting serta terdesak.

Bunga Wijayakusuma beraroma harum serta mekar secara sempurna tatkala sedang malam sekitar jam 12 malam. Pada satu tangkai kembang mampu berisi sekitar 10 kuntum serta ada pula yng mencapai 20 kuntum.

Lantaran dalam satu pohon mempunyai tidak sedikit tangkai, mampu muncul ratusan bunga Wiajaya Kusuma. Bentuk bunganya semisal terompet, serta rona warna merah muda di sekeliling tangkai bunga. Mahkotannya putih serta benang sarinya berwarna putih kekuningan.
Ada juga bunga Wijaya Kusuma yng berwarna kuning, merah muda, merah serta oranye. Begitu juga yang dengannya bentuk bunganya ada yng berbeda.

Tumbuhan Wijaya Kusuma adalah tanaman spesies anggota kaktus ( famili Cactaceae ). Tanda pada batangnya berbentuk silindris yng terbentuk dari helai daun tua yng mengecil serta mengeras. Tinggi batang bisa mencapai sampai-sampai 3 meter.

Sedangkan daun Wijaya Kusuma berbentuk pipih serta memanjang yng berwarna hijau yang dengannya permukaan halus tanpa duri serta tepi daun yng bergelombang. Panjang daun berkisar antara 10-15 cm. Pada tepi daun ini bisa tumbuh daun baru maupun bunga.

Bunga Wijaya Kusuma muncul dari tepi daun berupa kuncup yng semakin lama semakin panjang tangkai bunganya sampai-sampai bunga itu menjuntai ke bawah. Bunga berdiameter 10 cm yng berwarna putih serta berbau wangi. Sedangkan tangkai serta kuncup bunga berwarna merah muda. Buah Wijayakusuma berbentuk bulat, berwarna merah yang dengannya biji hitam. Perkembangbiakannya mampu mempergunakan biji ataupun stek daun.

Tanaman serta bunga Wijaya Kusuma ini sekilas mirip yang dengannya tanaman buah Naga. Cuma saja ukuran batangnya jauh lebih kecil dibanding tanaman buah naga.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/pesona-bunga-wijaya-kusuma-yang.html.

Seputar Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengandung Misteri

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pesona Bunga Wijaya Kusuma Yang Mengandung Misteri