Cara Menanam Pohon Sengon Dan Perawatannya

- September 01, 2017

Cara Menanam Pohon Sengon Dan Perawatannya

 
Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana tips ataupun kenik menanam sengon, ada baiknya kita mengetahui syarat - syarat yng mendukung pertumbuhan sengon agar bisa maksimal, ataupun mampu di baca di postingan sebelumnya yang dengannya judul syarat tumbuh sengon buto.
sengon, sengon buto, cara menanam sengon, budidaya sengon
Penentuan areal tanamSebelum di lakukan proses penanaman hal yng butuh di lakukan merupakan menentukan secara terperinci mengenai batas areal yng akan ditanami. Hal ini cukup penting di lakukan lantaran penentuan batas yng terperinci akan mempermudah penentuan luas serta letak lahan. Penghitungan kebutuhan benih, pemeliharaan, serta pengawasannya.
Pembersihan lahanPembersihan lahan yng sekalian di lakukan pada tatkala pengolahan tanah bisa di lakukan secara mekanis ataupun manual. Pada lahan yng luas yang dengannya kemiringan di bawah 30%, pengerjaanya bisa di lakukan secara mekanis, misalnya yang dengannya mempergunakan traktor. Pada lahan di atas kemiringan 30% pelaksanaanya tak bisa dilakuakn secara mekanis, namun secara manual. Hal ini tentunya memerlukan tenaga yng cukup tidak sedikit.
Sesudah lahan dibersihkan, proses selanjutnya merupakan pemancanagn ajiruntuk menandai tempat pembuatan lubang tanam. Pemancangan ajir Perlu sejajar yang dengannya garis contour serta disesuaikan yang dengannya jarak tanamnya, yang dengannya ukuran 3 x 2 meter. Pada tempat kedudukan ajir ini dia hendak dibuat lubang tanam.
Pembuatan lubang tanamUntuk penanaman sengon buto ukuran tiap lubang tanam merupakan panjang 30 cm, lebar 30 cm,serta dalamnya 30 cm. disaat membuat lubang, tanah cangkulan bagian atas (20-30 cm) serta bagian bawah (5-10 cm) dijauhkan pada tanah-tanah cangkulan yang telah di sebutkan diberikan pupuk sangkar.
Pemberian pupuk sangkar di lakukan 2 minggu sebelum tanam, serta kebutuhannya 20 ton/hektar. Satu minggu sebelum tanam, tanah bekas cangkulan dimasukkan kembali ke dalam lubang semisal sediakala. Tanah cangkulan bagian bawah dikembalikan ke bagian bawah, serta tanah cangkulan bagian atas pula dikembalikan ke bagian atas.
Cara tanamPenanaman sebaiknya di lakukan pada waktu yng tepat. Pertimbangan utama yng butuh diperhatikan yakni penyesuaian musim. Penanaman tanaman tahunan hendaknya di lakukan pada musim hujan. Hal ini dimaksudkan supaya pada masa awal pertumbuhannya bibit yng ditanam mendapatkan siraman air hujan. Andai tak berlangsung perubahan yng drastic, idealnya penanaman di lakukan pada bulan Desember ataupun Januari.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sengon buto idealnya ditanam pada bulan November s/d Januari, lantaran bibit tanaman ini cukup peka terhadap kekeringan pada awal masa tanam. Akan tetapi mampu pula ditanam di luar musim penghujan. Dalam hal ini tempat yng diguanakan mendapatkan air irigasi per tahunnya, ataupun disirami setiap pagi serta sore.
Andaikan bibit telah terlanjur ditanam, akan tetapi pada masa-masa selanjutnya tampaknya hujantidak turun lagi. Maka butuh di lakukan penambahan air siraman, hal ini bisa dilihat dari daun bibit sengon buto yng mulai Nampak menggugurkan diri bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan.
Sedangkan tips tanamnya merupakan menjadi berikut:
  • Tanah pada lubang tanam tadi digali kembali sesuai kebutuhan besarnya polibag ataupun keranjang pembungkus.
  • Polibag disobek dari bagian atas ke bawah secara berhati-hati serta jangan hingga merusak perakaran bibit tanaman sengon, seusai itu bbit dikeluarkan.
  • Bibit yng sudah dikeluarkan dari polibag di masukkan ke dalam lubang yng baru dibuat. Lubang ditanam kembali yang dengannya tanah galian yang telah di sebutkan sembari tidak banyak ditekan supaya bibit yng ditanam kokh berdiri.
  • Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperkokoh tanaman, dipakai ajir menjadi penopang. Bentuknya bisa satu batang ataupun dua batang ajir yng dibuat silang. Penancapan ajir jangan hingga terlalu dekat yang dengannya batang bibit supaya tak melukai/merusak perakaran.
  • Sesudah selesai penanaman, bibit disiram air secukupnya.

Pola TanamMengingat keragaman nilai guna penanaman sengon buto serta upaya optimalisasi penggunaan lahan, maka tanaman sengon bulo bisa ditumpangsarikan denagn tanaman lain pada tahun pertama s/d kedua (khusus budidaya sengon)
Tengah kalau mengikuti peraturan pola tanam. Tanaman sengon secara garis besar bisa dbagi menjadi 3, yaitu:a. Pola tanam di Daerah Sirkulasi Sungai (DAS).b. Pola tanam system tegalanc. Pola tanam dalam diservikasi perkebunan
Daerah peredaran sungai di Indonesia yng belum dimanfaatkan ataupun dikelola secara optimal mash Amat luas. Di jawa saja terdapat ± 2,5 juta hektar lahan DAS yng belum dimanfaatkan secara intensif, malah pola tanam yng salah Suka di lakukan pengolahan lahan yang telah di sebutkan menghasilkan lahan menjadi tak produktif serta tanahnya menjadi kritis.
Sengon merupakan tanaman tahunan yng tak susah penanganannya serta bisa dijadikan tanaman konservatif. Malahan lantaran itulah sengon buto cocok sekali dikembangkan d DAS, karena selain menjadi tanaman konservasi pula bisa menaikan penghasilan petani di sekeliling DAS yang telah di sebutkan, mengingat prospek masa depannya yng cukup cerah serta waktu yng dibutuhkannya tak terlalu lama.
Pada pola tanam di DAS, tanaman sengon buto dpat dikombinasikan yang dengannya tanaman: kapas, padi gogo, serta jagung. Adapun jarak tanamnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk sengon buto 3 x 3 meter, kapas 6x6 meter, padi gogo serta jagung masing-masing percis 1 x 1 meter.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/12/cara-menanam-sengon-dan-budidaya.html.

Seputar Cara Menanam Pohon Sengon Dan Perawatannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menanam Pohon Sengon Dan Perawatannya