Buah Ceremai, Manfaat, Kandungan, Jenis, Ciri Dan Varietasnya

- November 14, 2017

Buah Ceremai, Manfaat, Kandungan, Jenis, Ciri Dan Varietasnya

 
Ciri ciri Buah CeremaiCeremai berperawakan perdu ataupun pohon yng selalu hijau.pohon ini ketinggiannya mencapai 7m dan mempunyai percabangan yng memencar, ramping, dan kadang- kadang benkok- bengkok.
Buah Ceremai, ceremai, Manfaat Kandungan Jenis ciri dan Varietasnya
Daunnya berhadapan, berbentuk bulat telur hingga bentul lanset. Pangkalnya membulat ataupun agak berbentuk jantung, ujungnya tumpul memendek.
Pohon ceremai mempunyai daun yng berkilap, berbintik yng tembus cahaya, dan tak berbulu, selagi muda daun ceremai bewarna cokelat, sesudah tua menjadi hijau tua. Dalam cuaca dingin dan kering, daun ini berganti menjadi merah.
Ceremai berbunga harum, 1-4 kuntum bersatu pada ketiak daun bewarna putih susu. Daun kelopaknya benentuk tabung, daun mahkotanya bewarna putih.
Buahnya bertipe buah buni yng menggantung, berbentuk bulat gepeng. Selagi muda, bunga yang telah di sebutkan bewarna kehijauan, dan berganti menjadi jingga.
Akan tetapi, selama berkembang dan sesudah matang, bunga yang telah di sebutkan bewarna merah cerah hingga kehitam-hitaman.
Kulit buah ceremai tipis, daging buahnya bewarna merah-jingga. Buah ceremai tidak sedikit memiliki kandungan sari buah, rasanya asam hingga manis, bergetah tidak banyak. Buah ceremai berbiji satu butir, berbentuk pipih.
Pembungaan dan pembuahaan, pada ceremai bisa di-mulai pada umur tanaman 2 tahun, andai pertumbuhannya baik. Akan tetapi, umurnya ceremai mulai berbunga pada umur 5-6 tahun.
Bunga pohon ceremai muncul pada pucuk yng tumbuh serempak dalam musim sebelum-nya, ataupun pada bagian pangkal pucuk yng tumbuh pada musim itu.
Buah berkembang dan menjadi matang yang dengannya cepat, yakni cuma 3 minggu sesudah bunga mekar.
Pembungaan dan pembuahaan berlanjut pada kurun waktu yng berkepanjangan, dan bergantung pada iklim.
Varietas Buah Ceremai Ceremai mempunyai dua varietas. Varietas yng pertama merupakan varietas yng paling umum yng mempunyai buah”cerise” yng cerah dan berdaun bintik-bintik merah.
Adapun varietas yng kedua merupakan varietas yng berbuah buni bewarna merah tua hingga hitam. Varietas yng kedua ini jarang dijumpai, dan cenderung lebih manis rasanya dan getahnya lebih tidak banyak.
Kandungan Buah Ceremai Kandungan setiap 100 g bagian buah yng bisa dimakan memiliki kandungan 85-90 g air, 0,8-1 g protein, 0,4-8 g lemak, 8-12 g karbohidrat, 0,3-0,6 g abu, dan 20-30 mg vitamin C, nilai energy kira-kira 190kj/100 g. kulit kayunya berisi 20-28 % tannin.
Daunnya menghasilkan minyak atsiri yng berisi sitronele, geranil asetat, gerniol, sineol,terpinen, seskuiterpena. Bijinya memiliki kandungan tidak sedikit resin dan beracun.
Ceremai ditanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk dimanfaatkan buahnya. Buah ceremai bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun diolah menjadi selai, jeli, manisan, ataupun acar.
Di Brazil, sari buahnya difermentasi menjadi cuka ataupun anggur, kadang-kadang diolah menjadi minuman keras. Ceremai belanda Suka ditanam menjadi tanaman hias lantaran warna buahnya yng cerah dan khas.
Pernah ternama menjadi tanaman pagar. Ceremai akan bercabang rapat andai dipangkas secara teratur.
Daunnya yng ditumbuk akan mengeluarkan minyak yng rasanya sepat, dipakai menjadi pengusir serangga. Kulit batangnya kaya akan zat tannin, yng dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyamak kulit.
Khasiat & Manfaat Buah CeremaiDi Brazil dan suriname, seduhan daunnya dipakai menjadi obat sakit perut, demam, dan pengeras jaringan tubuh. Di jawa, buah ceremai dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menurunkan tekanan darah tinngi.
Ceremai tahan terhadap cuaca dingin, dab bisa tumbuh tanpa gangguan pada suhu beberapa derajat di bawah titik beku. Pertumbuhannya yng baik di lahan terbuka, dan cuma memerlukan curah hujan yng tak tidak sedikit. Ceremai bisa bertahan terhadap musim kemarau panjang.
Di Filipina, ceremai bisa tumbuh hingga ketinggian 1000 m dpl, sedangkan di Guatemala hingga 1800 m dpl. Ceremai bisa tumbuh diberbagai tipe tanah, kecuali tanah yng berkadar garam tinngi. Pohon ceremai tahan terhadap penggenangan air yng sementara.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/buah-ceremai-manfaat-kandungan-jenis.html.

Seputar Buah Ceremai, Manfaat, Kandungan, Jenis, Ciri Dan Varietasnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Buah Ceremai, Manfaat, Kandungan, Jenis, Ciri Dan Varietasnya