Penanggulangan Hama Tanaman Dengan Tanaman Refugia

- November 09, 2017

Penanggulangan Hama Tanaman Dengan Tanaman Refugia

 
http://tipspetani.blogspot.com/
Pengendalian hama serangga pada tanaman padi ataupun sayuran tidak selamanya Perlu melakukan penyemprotan pestisida, pengendalian secara alami yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan serangga musuh alami terkadang lebih efektif, effisien serta ekonomis dan berdampak lingkungan yng lebih baik. Serangga musuh alami pada tanaman padi serta sayuran secara alamiah sebetulnya telah ada akan tetapi lantaran lingkungan yng tak memadai, maka berlangsung ketidakseimbangan perkembangan serangga musuh alami serta hama tanaman. Lambatnya perkembangan serangga musuh alami berdampak berlangsung ledakan hama yng butuh perlakukan penyemprotan mempergunakan pestisida kimia, nabati ataupun hayati.
Penggunaan serangga musuh alami bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan hama tanaman tatkala ini tengah gencar dianjurkan. Serangga musuh alami hama tanaman ataupun hama tanaman itu sendiri secara naluri menyenangi tanaman yng mengeluarkan nectar. Bau nectar akan menarik serangga musuh alami ataupun hama tanaman menjadikan pada tanaman yng mengeluarkan nectar akan berkumpul serangga musuh alami ataupun hama tanaman yng berakibat serangga musuh alami yang telah di sebutkan memakan hama tanaman. Pada tanaman yng mengeluarkan nectar yang telah di sebutkan berlangsung pengendalian hama tanaman secara alamiah menjadikan berlangsung keseimbangan lingkungan.
Refugia Tanaman yng berfungsi menjadi microhabitat dari serangga musuh alami serta penarik hama tanaman disebut Refugia. Tanaman yng berbunga semisal kenikir, jengger ayam, tapak dara, bunga matahari, bayam serta kembang kertas masuk golongan tanaman refugia. Bunga tanaman yang telah di sebutkan akan mengeluarkan nectar yng baunya menarik serangga musuh alami ataupun serangga hama tanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk datang.http://tipspetani.blogspot.com/
Penanaman RefugiaPenanaman refugia pada lahan sawah serta sayuran ataupun sekitarnya adalah suatu bisnis konservasi serangga musuh alami. Hal yang telah di sebutkan dimaksudkan agar bisa tercipta agroekosistem di lahan pertanian mampu terjaga. Andaikan agroekosistem lahan pertanian stabil maka populasi hama akan seimbang yang dengannya populasi serangga musuh alami.
Penanaman tanaman refugia pada tanaman padi diusahakan beberapa saat pembuatan galeng selesai menjadikan pada tatkala tanaman refugia berbunga padi telah mulai tumbuh menjadikan bisa terhindar dari hama tanaman. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman sayuran sebelum pengolahan lahan selesai bisa di lakukan penanaman refugia sehinggga pada tatkala tanaman sayuran telah besar tanaman refugia telah mulai berbunga.
Serangga-serangga musuh alami serta hama Amat tertarik yang dengannya tanaman yng berbunga. Serangga yng Suka melakukan kunjungan merupakan kumbang, lalat, lebah, semut, thrips serta kupu-kupu. Diluar dugaan dalam mempergunakan metode kunjungan tak didominasi penyuluh saja namun serangga pula melakukan kunjungan rutin bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh nectar.
Pemanfaatan tanaman refugia menjadi microhabitat serangga hama serta musuh –musuh alami bisa diterapkan di lahan persawahan ataupun lahan sayuran bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan hama secara almiah. Penanaman refugia akan mengurangi biaya bisnis tani bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengendalian hama menjadikan keuntungan petani bisa meningkat serta lingkungan terjaga secara berimbang. Selain melindungi keseimbangan lingkungan pula bisa menyejukkan mata manakala lahan pertanian yng subur yang dengannya dikelilingi tanaman bunga yng mekar. Bilamana dalam luasan yng cukup tanaman refugia ini tumbuh bersanding yang dengannya tanaman dilahan pertanian akan membuat suasana agrowitasa serta keadaan semisal ini akan membuat petani betah di lahan hatipun senang.Mudah-mudahan berguna..

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/penanggulangan-hama-tanaman-dengan.html.

Seputar Penanggulangan Hama Tanaman Dengan Tanaman Refugia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penanggulangan Hama Tanaman Dengan Tanaman Refugia