Peranan Bahan Organik Terhadap Tanah Dan Tanaman

- Januari 24, 2018

Peranan Bahan Organik Terhadap Tanah Dan Tanaman

 
Peranan Bahan Organik Terhadap Tanah dan Tanaman
Bahan organik berfungsi menjadi penyimpan unsur hara yng secara perlahan dan akan dilepaskan kedalam larutan tanah dan disediakan bagi tanah.
Bahan organik yng berada di dalam ataupun di atas permukaan tanah pula akan menjaga dan membantu mengatur suhu dan kelembaban tanah.
Penambahan bahan organik ke dalam tanah liat berat bisa memperbaiki drainase, dan pada tanah berpasir bisa memperbaiki daya simpen air.
Bahan organik pula bisa berfungsi menjadi stabilisator yang dengannya jalan merangsang jasad mikro bisa atau mampu menghasilkan bahan yng bisa mengikat partikel-partikel tanah.
Bahan organik memberikan beberapa keuntungan meliputi pengurangan toksisitas Al dan Mn yang dengannya membentuk kompleks Al- bahan organik yng tak beracun, menyediakan dan menambah unsur hara N, P, K dan S melalui mineralisasi, menurunkan fiksasi P, menaikan kapasitas tukar kation tanah, menaikan sifat-sifat fisik tanah salah satunya kapasitas ikat air dan stabilitas agregat, menaikan aktivitas mikroorganisme tanah, mengurangi peredaran permukaan dan erosi tanah.
Bahan organik yng diberikan akan menaikan nilai kapasitas tukar kation menjadikan dari peningkatan nilai KTK yng akan makin membuat mudah tanaman dalam menyerap unsur hara.
Sedangkan peningkatan N-total di dalam tanah akan bertambah melalui proses dekomposisi bahan organik dan pula berasal dari suplai N melalui pemupukan N, P, K yng berada dalam bentuk tersedia.
Bahan organik berperan penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan kesuburan tanah. Peranan bahan organik bagi tanah merupakan dalam kaitannya yang dengannya perubahan sifat-sifat tanah, yakni sifat fisik, biologis, dan sifat kimia tanah.
Bahan organik adalah pembentuk granulasi dalam tanah dan Amat penting dalam pembentukan agregat tanah yng stabil.
Bahan organik merupakan bahan pemantap agregat tanah yng tiada taranya.
Melalui penambahan bahan organik, tanah yng tadinya berat menjadi berstruktur remah yng relatif lebih ringan.
Pergerakan air secara vertikal ataupun infiltrasi bisa diperbaiki dan tanah bisa menyerap air lebih cepat menjadikan peredaran permukaan dan erosi diperkecil.
Demikian juga yang dengannya aerasi tanah yng menjadi lebih baik lantaran ruang pori tanah (porositas) bertambah akibat terbentuknya agregat.
Bahan organik memainkan beberapa peranan penting di tanah.
Karena bahan organik berasal dari tanaman yng tertinggal, berisi unsur-unsur hara yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan tanaman.
Bahan organik memberi pengaruh struktur tanah dan cenderung bagi atau bisa juga dikatakan untuk melindungi menaikkan kondisi fisik yng dimau-kan.
Peranan bahan organik ada yng bersifat langsung terhadap tanaman, akan tetapi sebagian besar memberi pengaruh tanaman melalui perubahan sifat dan tanda tanah.
Tanaman pakan ternak biasa dipakai menjadi penutup tanah dalam budidaya tanaman perkebunan yng berbentuk pohon dan berumur panjang.
Tanaman Penutup Tanah yng lazim dipakai merupakan jenis kacangan yng tumbuh merambat dipermukaan tanah.
Jenis yng dipilih Perlu memenuhi dua persyaratan utama yakni :
1. Bisa atau mampu menutupi pemukaan tanah dalam waktu singkat.
2. Tak mengganggu pertumbuhan tanaman utama.
Tanaman penutup tanah memiliki peranan pentingdalam system budidaya tanaman perkebunan, yakni dalam mencegah erosi, memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah, menyediakan bahan organik dan hara bagi tanaman utama.
Keberadaan tanaman penutup tanah diperkebunan memungkinkan pembudidayaan tanaman perkebunan dan ternak secara terpadu.
Usahatani terpadu ini tak cuma positif bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan produktivitas per satuan areal lahan, namun pula bermanfaat dalam mendukung system usahatani yng efisien, lestari, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.
Mudah-mudahan Memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/peranan-bahan-organik-terhadap-tanah.html.

Seputar Peranan Bahan Organik Terhadap Tanah Dan Tanaman

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peranan Bahan Organik Terhadap Tanah Dan Tanaman