Cara Memperbesar Mangga Gadung | Budidaya Mangga

- Maret 09, 2018

Cara Memperbesar Mangga Gadung | Budidaya Mangga

 
Desa Menawan di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus adalah penghasil mangga gadung. Bagi penduduk setempat, mangga gadung telah menjadi sumber pendapatan. Setiap keluarga pasti memilikinya, minimal tiga pohon dipekarangannya, malah banyak sekali yng mengebunkannya.
Berat mangga gadung umumnya, rata-rata 0,400-0,450 kg per butir. Akan tetapi mangga gadung dari desa Menawan ukuran buahnya besar-besar, bobotnya mampu mencapai 0,5-0,8 kg per butir. Rasanya manis, aromanya wangi, daging buahnya tebal sekali, serta masak merata.

Yang akan di sajikan kali ini tatacara merawat kebun mangga gadung :

Pertama lubang tanam ukuran 75x75x50 cm disiapkan yang dengannya jarak 15x15 cm. Di setiap lubang diisi yang dengannya pupuk sangkar kotoran kerbau sebanyk 20 kg ditambah tanah. Pupuk sangkar serta tanah dicampur lantas dibiarkan.
Cara, Memperbesar, Mangga, Gadung, Budidaya, Budidaya manggaDua bulan lantas bibit ditanam. Penanamanya pada bulan Oktober/November, yakni tatkala musim hujan. Pada penanaman ini butuh diperhatikan supaya tanah disekeli batang lebih tinggi dari tanah disekitarnya. Gunanya bila hujan lebat turun, air tak menggenang, menjadikan akar terthindar dari kebusukan.
Pemupukan pertama diberikan seusai tanaman berumur satu tahun, yang dengannya Urea, TSP, KC1 masing-masing 200 g/pohon. Tatacaranya yang dengannya menyebarkan pupuk disekeliling pohon sejauh lingkaran tajuknya. Pemupukan di lakukan pada bulan September, tatkala hujan mulai turun ataupun pada tatkala bunga bermunculan.
Pemupukan terus diberikan setahun sekali hingga tanaman berumur 5 tahun, kecuali bila pertumbuhannya tak tidak jelek alias bagus. Akan tetapi dosisnya ditingkatkan 50% dari dosis pemberian sebelumnya. Pada tahun pertama diberi Urea, SP, KC1 masing-masing 200 g/pohon. Pada tahun kedua masing-masing 300 g/pohon serta pada tahun ketiga 450 g/pohon. Pada tahun keempat 675 g/pohon, sedangkan pada tahun kelima 1012 g/pohon.
Penyiraman tak di lakukan percis sekali, begitupun yang dengannya penyemprotan hama serta penyakit, kecuali kalu telah berproduksi. Pada tatkala tanaman mulai berbunga, disemprot yang dengannya insektisida diazinon, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah serangan lalat buah. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah penggerek batang, dimasukan furadan pada lubang-lubang yng ada di batang lantas ditutup yang dengannya tanah.
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2012/08/cara-memperbesar-mangga-gadung.html.

Seputar Cara Memperbesar Mangga Gadung | Budidaya Mangga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Memperbesar Mangga Gadung | Budidaya Mangga