Manfaat Tetes Tebu Untuk Peternakan

- Maret 09, 2018

Manfaat Tetes Tebu Untuk Peternakan

 
TETES TEBU UNTUK INDUSTRI PETERNAKAN
Tetes Tebu Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Industri Peternakan . Tetes tebu Amat di perlukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk industri peternakan, pertanian. Molase ataupun etes tebu merupakan sejenis sirup limbah sisadari proses pengkristalan gula pasir. Molase tak dikristalkan lantaran memiliki kandungan glukosa serta fruktosa yng tak dikristalkan lagi. Tetes tebu Suka dimanfaatkan menjadi bahan campuran pakan/ minum ternak, bahan campuran jamu ternak, bagi atau bisa juga dikatakan untuk fermentasi pakan & kotoran ternak, bahan industri kimia, bahan industri energi etanol, bahan industri konstruksi serta bahan baku industri pangan, dll.
tetes tebu dalam drum
Tetes tebu murni (tak dicampur apapun) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis pertanian, peternakan serta industri makanan. Harga bandrol loco biasanya di jual Rp 550.000/ drum 200 L. serta umumnya harga yang telah di sebutkan belum salah satunya drum (mampu tukar drum kosong).
Manfaat Tetes Tebu / Molases Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ternak
  • adalah pakan pencahar yng normalnya diberikan pada ternak dalam jumlah kecil.
  • menaikan palatabilitas ransum (aroma serta rasa disukai oleh hewan ternak),
  • menaikan nafsu makan
  • menaikan aktivitas mikroba rumen,
  • mengurangi ransum berdebu (dustiness),
  • menjadi perekat dalam pembuatan pellet,
  • sumber energi yng essensial
  • menggemukan ternak
Tips pemakaian : dicampurkan ke ransum yang dengannya komposisi maksimal 15%.
Manfaat Tetes Tebu/ Molase Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Ternak Unggas
  • Menaikan nafsu makan
  • Sumber energi yng esensial
  • Menggemukan ternak

Tips pemakaian : dicampurkan ke air minum yang dengannya komposisi tetes tebu maksimal 5%.
MENGAPA TETES TEBU BISA MENGGEMUKAN TERNAK ?
1. Menaikan Nafsu Makan Ternak
Pendapat dari pakar dokter ternak, protein adalah faktor yng Amat berpengaruh terhadap pertambahan berat badan, mengingat fungsi protein menjadi unsur pembentuk jaringan tubuh, maka banyaknya konsumsi pakan yng masuk ke dalam tubuh ayam, menghasilkan pakan terserap oleh tubuh unggas menjadikan berlangsung pembentukan daging.2. Sumber Energi Esensial Ternak
Menjadi penambah energi lantaran andai kondisi iklim yng tidak lebih baik maka energi pada pakan tak dipakai menjadi pertumbuhan akan tetapi dipakai menjadi alternatif energi tubuh yng hilang oleh lantaran itu butuh penambahan tetes tebu yng adalah sumber energy esensial.
Molase yng dalam bahasa Inggris disebut molasses adalah produk sampingan dari industri pengolahan gula tebu ataupun gula bit yng masih memiliki kandungan gula serta asam-asam organik. Molase yng hasil dari industri gula tebu di Indonesia dikenal yang dengannya nama tetes tebu. Tetes tebu didapatkan dari hasil pemisahan yang dengannya kristal gula pada pengolahan gula tebu.
Proses pengolahan diawali yang dengannya penggilingan tebu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan nira mentah yng berbentuk jus, seusai itu nira mentah akan memasuki proses pemurnian bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh nira jernih yang dengannya tatacara mengendapkan nira kotor, selanjutnya nira jernih memasuki proses penguapan yng bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan konsentrasi hingga yang dengannya tingkat jenuhnya.
Hingga tahap ini nira kental hasil dari proses penguapan akan melalui proses pembentukan kristal gula melalui pemasakan, seusai kristal terbentuk serta melalui tahap pendinginan di lakukan pemisahan mempergunakan alat pemusing serta penyaring menjadikan didapatkan gula mentah serta tetes tebu.
Industri yng mempergunakan serta memanfaatkan molase diantaranya merupakan industri yng menghasilkan produk hasil penyulingan semisal rum, alkohol, industri fermentasi semisal mononatrium glutamat, asam sitrat, cuka, protein selSUMBER PERTANIANhttp://agropedia.co/

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/04/manfaat-tetes-tebu-untuk-peternakan.html.

Seputar Manfaat Tetes Tebu Untuk Peternakan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Tetes Tebu Untuk Peternakan