Mengenal Kayu Bangkirai | Seputar Bangkirai

- Juni 28, 2017

Mengenal Kayu Bangkirai | Seputar Bangkirai

 
Warna : kayu batang merupakan cahaya coklat ataupun coklat muda kekuningan secara bertahap berganti coklat tua. gubal yng lebih ringan dalam warna dari kayu batang, “itu merupakan 2 hingga 2 cm, umumnya 4 cm, tebal. Tekstur: Tekstur kayu bervariasi dari halus hingga kasar, secara umum tidak banyak kasar, ataupun kasar.

Foto dibawah ini merupakan kayu Bangkirai seusai diolah menjadi produk moulding/ antislip :

Serat : Serat yng lurus ataupun berputar serta saling bertautan.Touch: Permukaan kayu biasanya sentuhan halus. Bagian radial yang dengannya serat saling bertautan sebagian halus serta sebagian kasar.
Gloss : Permukaan kayu bervariasi dari tidak banyak mengilap glossy.
Fugure : Bagian radial yang dengannya serat saling bertautan menunjukan angka bergaris.
Penggunaan : Dalam pandang-an kekuatan serta daya tahan yng tinggi, kayu balau dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk konstruksi berat, lebih-lebih dalam kondisi lembab serta kontak yang dengannya tanah. Spesies ini dipakai antara lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk jembatan, bantalan rel kereta api, tiang listrik, lantai, konstruksi laut, bangunan perahu (kemudi, dayung, tiang, keels, serta iga), konstruksi bangunan, tubuh bekerja kendaraan, tiang gerobak, as roller, tong serta wadah lain-lainnya.
Kekuatan : Kayu Bangkirai pula salah satunya jenis kayu kuat serta keras. Sifat kerasnya pula disertai tingkat kegetasan yng tinggi menjadikan gampang muncul retak rambut dipermukaan. Selain itu, pada kayu bangkirai Suka dijumpai adanya pinhole. Biasanya retak rambut serta pin hole ini bisa ditutupi yang dengannya wood filler. Secara struktural, pin hole ini tak mengurangi kekuatan kayu bangkirai itu sendiri. Lantaran kuatnya, kayu ini Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk material konstruksi berat semisal atap kayu. Kayu bangkirai salah satunya jenis kayu yng tahan terhadap cuaca menjadikan Suka menjadi pilihan bahan material bagi atau bisa juga dikatakan untuk di luar bangunan / eksterior semisal lis plank, outdoor flooring / decking, dll.Pohon Bangkirai tidak sedikit didapati di hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/mengenal-kayu-bangkirai.html.

Seputar Mengenal Kayu Bangkirai | Seputar Bangkirai

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Kayu Bangkirai | Seputar Bangkirai