Budidaya Cabe Untuk Mencegah Serangan Cacar Buah Pada Tanaman Cabe

- Juli 26, 2017

Budidaya Cabe Untuk Mencegah Serangan Cacar Buah Pada Tanaman Cabe

 
BUDIDAYA CABE UNTUK MENCEGAH SERANGAN CACAR BUAH PADA TANAMAN CABE
Musim penghujan telah mulai datang seluruh petani telah mempersiapkan lahannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk Budidaya Tanaman Hortikultura lebih-lebih yng berada di daerah ladang (Tadah Hujan) yng airnya sepenuhnya mengandalkan dari datangnya hujan.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil panen cabe Optimal di musim penghujan diharapkan tutorial serta tips Budidaya secara khusus yng intinya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan lingkungan yng sesuai yang dengannya kondisi curah hujan yng ada.
Oleh lantaran Memodifikasi lahan, pengolahan lahan serta penggunaan pupuk dan Varietas tanaman yng cocok butuh diusahakan seawal barangkali.
Serangan Cacar buah pada Cabe bersifat merusak malah mampu memicu kegagalan hingga 80 %.
Cacar ini penyebabnya yaitu oleh Jamur serta akan mengganas serangannya kalau berlangsung Hujan terus menerus serta secara mendadak terdapat panas, pada kondisi yang telah di sebutkan spora jamur akan pecah serta tidak sedikit tumbuh serta berkembang lantaran di dukung oleh suhu yng Anget.
Terlepas dari banyaknya pabrikan mengeluarkan Fungisida baik yng bersifat sistemik ataupun kontak maka tak ada salahnya kalau kita dari awal mengetahui tata tips yng sifatnya Preventif menjadikan kita pula mampu menekan biaya dari adanya serangan cacar buah.
Adapun tindakan pencegahan yng sifatnya budidaya itu antara lain,
Tindakan Pencegahan Serangan Cacar Buah :
1. Pemilihan Varietas Cabe
Varietas tanaman cabe yng memiliki ketahanan terhadap serangan Cacar Buah (Antraknose)
Buah berwana hijau terang (bukan hijau gelap)
Buah lentur
Kadar air cabe rendah (umumnya kulit daging buah tipis)
Tanaman memiliki ruas yng agak panjang menjadikan sirkulasi udara makin lancar.
2. Jarak Tanam diperlebar
Jarak tanam yng Ideal tanam cabe di musim penghujan merupakan 70 x 70 Cm yang dengannya tips di tanam secara Zig–Zag (Gigi Walang) serta perlunya pengurangan cabang–cabang lateral di bawah Cabang Utama (Cabang Y) serta kalau diharapkan daun yng ada di bawah cabang Y segera di lakukan perompesan.
Hal ini bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menciptakan sirkulasi udara yng lancar menjadikan menguragi kelembaban lingkungan yng akan memancing serangan Cacar pada buah.
3. Pemberian Kapur Dolomit serta Pupuk Dasar
Pemberian Kapur Pertanian (Dolomit) serta Pupuk Nitrogen secara nyata pula mengurangi serangan cacar buah.
Karena yang dengannya adanya pemakaian dolomit ini tanaman akan memperoleh pH Tanah yng netral serta sesuai yang dengannya kebutuhan tanaman cabe yang dengannya tanaman sehat ini maka tanaman akan memiliki tingkat kebugaran atau kesehatan serta kekebalan yng lebih tinggi.
Perangkat lunak pupuk Nitrogen yng tinggi pada tatkala hujan yng terlalu tinggi malah akan merangsang tingginya serangan cacar buah, lantaran Nitrogen akan memacu cabe memiliki kadar air yng tinggi menjadikan kadar serat menjadi rendah.
4. Andai ada tanaman yng terserang Cacar
Andai terlanjur ada tanaman yng terserang cacar maka segara lakukan pemetikan pada buah yng terdapat serangan Cacarnya serta segera siapkan lubang serta di tutup menjadikan jamur tak terbawa oleh udara serta air.
5. Penggunaan Fungisida
Fungisida Sistemik serta Kontak butuh di kombinasi serta jangan tidak ingat genakan perekat yng tidak jelek alias bagus (berlebi dahulu mampu dicobakan di daun Talas).
Pemakaian fungisida di lakukan yang dengannya Interval 4 hari sekali akan tetapi bila curah hujan tinggi serta disertai panas makan interval penyemprotan fungisida bisa dirapatkan menjadi 2 hari sekali.
6. Saluran Drainase
Pembuatan saluran Drainase di musim hujan butuh perlukuan khusus lebih-lebih berkaitan yang dengannya kedalaman saluran. Idealnya saluran memiliki lebar 50 Cm yang dengannya kedalaman saluran 40 Cm pada bagian sedang serta Saluran keliling lahan memiliki kedalaman 50 Cm.
Pengobatan tatkala serangan cacar telah mulai masuk menyerang tanaman cabe :
1. Segera kurangi perangkat lunak pupuk yng memiliki kandungan Nitrogen tinggi baik yng lewat tanah ataupun lewat daun.
Segera ganti kombinasi pupuk yang dengannya perangkat lunak pupuk Phoshat serta Kalium yng tinggi menjadikan kadar air di tanaman serta buah cabe menjadi rendah.
2. Perangkat lunak Fungisida gabungan antara Sistemik serta Kontak butuh di lakukan serta pilihlah bahan aktif yng berbeda-beda menjadikan efek resistensi mampu dikurangi.
3. Sanitasi lingkungan butuh di lakukan secara rutin yang dengannya tips menghilang-kan rumput liar yng tumbuh di sekeliling tanaman menjadikan kondisi lingkungan yng lembab mampu dikurangi.
Mudah-mudahan Berguna..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/07/budidaya-cabe-untuk-mencegah-serangan.html.

Seputar Budidaya Cabe Untuk Mencegah Serangan Cacar Buah Pada Tanaman Cabe

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Cabe Untuk Mencegah Serangan Cacar Buah Pada Tanaman Cabe