Peluang Bisnis Buah Manggisyang Menguntungkan

- Juli 27, 2017

Peluang Bisnis Buah Manggisyang Menguntungkan

 
Menjadi buah eksotik dari daerah khatulistiwa, manggis adalah suatu komoditas mewah diluar daerah asalnya. Pasaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk konsumsi buah segar tampaknya Amat terbuka.
Namun, kenapa buah yng begitu digemari dinegeri orang ini Amat dibatasi penyebarannya? Serta, kenapa juga sesudah hampir 80 tahun buah manggis ini dikenal oleh orang Eropa keadaanya saat ini hampir tak berbeda yang dengannya waktu itu?
Peluang Bisnis Buah Manggi, buah manggis, pohon manggis, tanaman manggis, budidaya manggis, manfaat kulit manggis, manfaat buah manggis
Bisnis mengebunkan tanaman manggis sebetulnya telah tidak sedikit dirintis di Negara-negara beriklim tropis.
Beberapa catatan kuno mengungkapkan bahwasanya introduksi tanaman manggis ke daerah West Indies- Dominica, Trinidad, Tobago, Cuba Puerto Rico, serta Florida-membawa hasil yng tidak lebih memuaskan.
Tanaman yang telah di sebutkan baru mulai menghasilkan buah sesudah belasan tahun ditanam.
Namun, perbanyakan selanjutnya dari biji buah tanaman introduksi yang telah di sebutkan diluar dugaan menghasilkan bibit yng lebih pesat pertumbuhannya. Ini ada dugaan lantaran sudah menyesuaikan diri yang dengannya lingkungan setempat.
Sebuah perkebunan di Honduras pada pertengahan tahun 70-an sudah memiliki kebun manggis seluas 20 acres (1ha=3,4711 acres) yng mulai berproduksi.
Pada kurun waktu yng percis di Canal Zone (panama) tengan dirintis suatu kebun manggis dalam skala komersial, kini diperkirakan telah mulai berproduksi. Malah, di Mayagues Institute of Tropical Agriculture, Puerto Rico, pada tahun 1976 saja telah mempunyai sekitar 100 pohon manggis dalam kondisi pertumbuhan yng subur dsan produksi tinggi.
Ini belum salah satunya 25 pohon manggis yng saat ini berumur 40-an tahun di kebun percobaab Universitas Puerto Rico, Rio Piedras.
Menjadi perbandingan, kebun percobaan Cipaku, Bogor, memiliki beberapa pohon induk manggis berusia lebih Dari 60 tahun yng adalah tanaman warisan landbouw sebelum perang dunia II.
Koleksi tanaman manggis lain-lainnya ada dikebun percobaan Institut Petanian Bogor di Jonggol, Bogor, saat ini tengah dirintis suaru kenun buah tropika khas Indonesia di desa mekarsari, kecamatan Cilengsi, Bogor.
Saat ini tengah dirintis suatu kebun buah tropika khas Indonesia di desa Mekarsari, Kecamatan Cilengsi, Bogor, yng antara lain menanam beberapa ratus pohon manggis.
Tampaknya masih jauh langkah yng Perlu di tempuh bila mengharapkan manggis dikebunkan secara komersial dalam skala besar.
Beberapa masalah pokok semisal penyediaan bibit, tips budi daya yng efisien, tips mempersingkat masa mulai berproduksi, serta permodalan jangka panjang bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman ini masih adalah kendala yng Perlu diatasi secara terpadu.
Sumber: Pembibitan serta Pembudidayaan Manggis, Penerbit: Penebar Swadaya
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2015/01/peluang-bisnis-buah-manggis-banyak-didominasi-oleh-asing.html.

Seputar Peluang Bisnis Buah Manggisyang Menguntungkan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Peluang Bisnis Buah Manggisyang Menguntungkan