Pengendalian Tanaman Layu Pada Tomat

- Juli 28, 2017

Pengendalian Tanaman Layu Pada Tomat

 
http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/pengendalian-tanaman-layu-pada-tomat.htmlPENGENDALIAN TANAMAN LAYU PADA TOMAT
Satu dari sekian banyaknya jenis penyakit yng seringkali didapati pada tanaman tomat merupakan layu bakteri. Semisal apa gejala penyerangan dan tindakan pengendaliannya?
Faktor Penyebab layu pada tomat
Faktor penyebab utama dari penyakit layu bakteri yakni bakteri Pseudomonas solanacearum E.F Smith. Sementara faktor-faktor lain-lainnya yng pula turut memberi pengaruh penyakit tanaman tomat yng satu ini merupakan:
  • Penyebaran penyakit yng bisa berlangsung melalui serangga, biji, nematode, air (irigasi), residu tanaman, bibit tanaman yng berlebi dahulu terserang penyakit, kita-kita beserta perlengkapan pertanian.
  • Keadaan temperatur yng terlalu tinggi sekitar 35˚ C sampai-sampai 37˚ C serta kelembaban yng pula Amat tinggi (berada di atas 80%).
  • Bakteri penyerang bisa hidup lebih lama di dalam tanah, lebih-lebih yang dengannya suhu yng agak tinggi disaat musim hujan.

Tanaman Inang
Penyakit yng menyerang tanaman tomat ini sebetulnya pula merusak beberapa inang berupa jenis tanaman yng lain-lainnya. Misalnya saja semisal kentang, terung, cabai dan keluarga Solanaceae yng lain-lainnya. Yang dengannya demikian, maka para petani yang dengannya pemilihan jenis tanaman yang telah di sebutkan Amat butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui yang dengannya cermat mengenai penyakit layu bakteri ini. Tentunya andai tak ingin terus menerus gagal panen cuma lantaran serangan dari penyakit yng satu ini.
Gejala Serangan
Beberapa kondisi yng menggambarkan gejala serangan dari penyakit layu bakteri ini antara lain:
  • Gejala wal yng ditandai yang dengannya layunya daun muda, dalam sejumlah kasus didapati pula kondisi daun-daun tua yng mulai menguning.
  • Kelayuan dari seluruh daun muda ataupun pucuk bisa berlangsung secara mendadak, menjadikan menjadi satu akibat kematian tanaman tomat dalam beberapa hari lantas.
  • Gejala khas dari serangan penyakit ini pula bisa dikenali dari potongan batang yng seusai terserang penyakit. Batang akan terlihat berkas pembuluhnya yng berwarna coklat. Andaikan potongan batang yang telah di sebutkan lantas dimasukkan ke dalam gelas bening yng diisi yang dengannya air bersih (jernih) maka selama beberapa menit lantas akan mengeluarkan slime ataupun massa lendir yng berwarna coklat susu.
  • Pada serangan yng telah Amat parah bisa memicu petani kehilangan hasil panen tomat antara 10% sampai-sampai 40%. Malah bisa melonjak sampai-sampai mencapai angka 93,1% .

Metode Pengendalian
Dalam pengendalian penyakit layu bakteri pada tanaman tomat bisa di lakukan yang dengannya dua metode ataupun tips, yakni secara non kimiawi ataupun kimiawi:
Pengendalian Non-Kimiawi
Bisa di lakukan yang dengannya penanaman varietas yng tahan terhadap penyakit. Mempergunakan benih-benih ataupun bahan tanaman yng benar-benar sehat serta tentunya yang dengannya manajemen lahan (rotasi lahan) yng baik juga. Selain itu, bisa pula di lakukan pencabutan terhadap sejumlah tanaman yng terserang penyakit supaya tak menular ke tanaman sehat di sekitarnya. Amat butuh pula diterapkan metode pencegahan yang dengannya menghindari keadaan tanah yng tak becek (menggenang).
Pengendalian Kimiawi
Bisa di lakukan yang dengannya menyiram tanaman mempergunakan 35 gram umbi bawang putih (diblender bersama 75 ml air steril sampai-sampai menghasilkan 10 ml larutan bawang). Bisa di lakukan pula yang dengannya membenamkan sekitar 6 gram umbi bawang putih di sekeliling area akar tanaman tomat. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan pestisida memanglah bisa di lakukan, asalkan yang dengannya jenis yng tepat.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/pengendalian-tanaman-layu-pada-tomat.html.

Seputar Pengendalian Tanaman Layu Pada Tomat

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengendalian Tanaman Layu Pada Tomat