Manfaat Bunga Kenanga Dan Khasiatanya Luara Biasa

- Agustus 27, 2017

Manfaat Bunga Kenanga Dan Khasiatanya Luara Biasa

 
Di Jawa, bunga kenanga pada biasanya diperdagangkan menjadi bunga tabur pada waktu ziarah ke makam ataupun menjadi bahan campuran tembakau bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengharumkan tambakau. Sedangkan di Banyumas (Jawa Sedang), ekstrak bunga kenanga yng dikeringkan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat malaria. Di ujung pandang dan pula di jawa, bunga kenanga diolah menjadi minyak rambut (bahasa Jawa: lengocem-ceman) yang dengannya tatacara dimasukkan ke dalam minyak kelapa dan dipanaskan menjadikan minyak yang telah di sebutkan beraroma kenanga.
bunga kenanga, manfaat bunga kenanga, khasiat bunga kenanga, budidaya bunga kenanga, cara menanam bunga kenanga, kenanga, tanaman kenangaPara wanita di Malaysia dan pulau Bali mempergunakan bunga kenanga segar bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengharumkan rambut, pakaian dan tempat tidurnya. Sedangkan para wanita di Thailand mempergunakan remasan bunga kenanga segar menjadi pengharum tubuh seusai mandi.
Bunga kenanga bisa diambil minyak atsirinya yang dengannya tatacara disuling. Minyak atsiri ini mempunyai nilai ekonomi tinggi dan telah sejak lama menjadi komoditi ekspor; Indonesia sudah mengekspornya ke benua Eropa sejak tahun 1864 ( Grevelink, 1883). Di Negara-negara pengimpor, minyak kenanga dipakai menjadi bahan parfum dan sabun mandi.
Potensi alam Indonesia memanglah besar. Dari sekitar 70 jenis tanaman penghasil minyak atsiri yng ada didunia, sekitar 40 jenis berada di Indonesia. Bahkan kini 3 jenis diantaranya bisa atau mampu memonopoli pasar dunia. Di antaranya merupakan minyak kenanga, sayang monopoli yang telah di sebutkan diluar dugaan masih pula belum bisa atau mampu mencukupi permintaan dunia. Kebutuhan dunia per tahunnya sekitar 75-100 ton minyak kenanga, namun sayang hingga kini produksi di dalam negeri masih tetap sekitar 50 ton.
Di dalam negeri, minyak kenanga diproduksi di daerah-daerah kabupaten Serang dan Cirebon (Jawa Barat). Kabupaten Boyolali (Jawa sedang) dan Kabupaten Blitar (Jawa Timur). Tatkala ini kabupaten Blitar adalah produsen minyak kenanga terbesar di Indonesia yang dengannya areal tanaman kenanga seluas 1.192 hektar (1989), melibatkan sekitar 6.000 petani, dan mempunyai 84 ketel penyulingan yang dengannya kapasitas sekitar 25 ton bunga kenanga sehari-hari pada musim panen raya. Bisnis minyak kenanga di Kabupaten Blitar ini dikelola oleh Koperasi Indrustri Kerajinan Rakyat (Kopinkra)”kenanga”.

Nilai guna kayu kenanga

Kayu pohon kenanga mempunyai nilai guna. Rumphius (orang bangsa Belanda Zaman V.O.C yng gemar mengamati dan meneliti tanaman Indonesia) dalam majalah Teysmannia (1896) mengemukakan bahwasanya kayu kenanga kebanykan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang korek api dalam indrustri Korek api.
Di daerah Aceh, kayu kenanga tidak sedikit dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sampan; di daerah Jawa Sedang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan paying tradisional; dan di daerah Kabupaten Boyolali dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang sapu ijuk. Sedangkan di Malaysia, kayu kenanga Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan tong lantaran kayu kenanga bersifat resonan.

Nilai Guna Kulit batang kenanga

Di daerag Minahasa, kulit batang kenanga yng digulung bisa dipakai menjadi tempat menyimpan jala bagi para nelayan. Didaerah Manado, kulit batang kenanga Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat tali (tambang). Pendapat dari Rumphius, orang-orang Sunda (Jawa Barat) mempergunakan kulit batang kenanga dibuat semisal salep bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati penyakit kudis, busung air dan pembesaran limpa.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.
Sumber Buku : Budidaya Kenanga. Penerbit, KANISIUSSumber Gambar : http://shuangxingfu.blogspot.com/


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2014/06/bunga-kenanga-manfaat-dan-khasiatanya-luar-biasa.html.

Seputar Manfaat Bunga Kenanga Dan Khasiatanya Luara Biasa

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Manfaat Bunga Kenanga Dan Khasiatanya Luara Biasa