Vetiver Rumput Perkasa Penahan Erosi Yang Ampuh

- Agustus 28, 2017

Vetiver Rumput Perkasa Penahan Erosi Yang Ampuh

 
VETIVER Rumput Perkasa Penahan Erosi
Erosi merupakan proses penggerusan lapis tanah permukaan yng penyebabnya yaitu oleh beberapa hal semisal angin, air, es, ataupun gravitasi.
Air hujan di atas permukaan tanah akan menumbuk agregat tanah menjadi partikel-partikel tanah yng lepas.
Partikel-partikel tanah yng lepas ini akan terbawa oleh sirkulasi permukaan.
Erosi secara alamiah bisa dikatakan tak memicu musibah bagi ke hidup-an kita-kita ataupun keseimbangan lingkungan.
Akan tetapi erosi bisa berlangsung menjadi erosi dipercepat, hal ini bisa diakibatkan oleh kegiatan-kegiatan ataupun tindakan yng memicu dampak negatif pada lingkungannya.
Berlebi lagi akan dirasakan pada lereng-lereng jalan yng curam serta terbuka (tanpa vegetasi) serta bila jenis tanahnya memiliki erodibilitas yng tinggi.
Seusai lereng selesai direncanakan secara geoteknik yang dengannya baik serta yang dengannya mempertimbangkan faktor keselamatan, lantas diikuti yang dengannya perlindungan lereng yng dilaksanakan yang dengannya baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat yakin kestabilan dalam jangka panjang lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk daerah yang dengannya curah hujan tinggi serta mempunyai tanah yng peka erosi semisal Indonesia.
Ada beberapa pendekatan yng bisa di lakukan, yakni yang dengannya :
a. Metoda Kimia, penggunaan bahan pemantap tanah/soil conditioner.
b. Metoda Mekanik, yakni yang dengannya pembuatan terasering, mempergunakan pemasangan tembok ataupun matras kawat, dsb dimana kedua metoda yang telah di sebutkan berbiaya Amat tidak murah.
c. Metoda Vegetatif (yang dengannya mempergunakan tanaman), dimana adalah pendekatan yng bersifat “lembut” ataupun “hijau” yng tak tidak murah, estetis pula ramah lingkungan.
Satu dari sekian banyaknya upaya penanganan erosi yng di lakukan yang dengannya metoda vegetatif yakni yang dengannya Vetiver System.
Vetiver System (VS) merupakan sebuah teknologi simpel berbiaya murah yng mempergunakan serta memanfaatkan tanaman Vetiver hidup (Vetiveria zizanioides) bagi atau bisa juga dikatakan untuk konservasi tanah serta air dan perlindungan lingkungan.
Vetiver yng ditanam tak diperbolehkan dipanen akarnya, lantaran malah andai hal ini berlangsung bisa memicu efek yng kontradiktif, dimana terjadinya kerusakan tanah.
Bentuk Fisik Rumput Vetiver
Tanaman ini adalah tanaman tahunan yng tumbuh tegak yang dengannya tinggi 1.5–2.5 m.
System perakarannya dalam serta masif, bisa atau mampu masuk Amat jauh kedalam tanah.
Malah ada yng bisa atau mampu menembus sampai-sampai kedalaman 5.2 meter.
Bila ditanam di lereng-lereng keras serta berbatu, ujung-ujung akar vetiver bisa atau mampu masuk menembus serta menjadi semacam jangkar yng kuat.
Tips kerja akar ini semisal besi kolom yng masuk ke dalam menembus lapisan tanah, serta pada tatkala yng percis menahan partikel-partikel tanah yang dengannya akar serabutnya.
Kondisi semisal ini bisa mencegah erosi yng penyebabnya yaitu oleh angin serta air menjadikan vetiver dijuluki menjadi ”kolom hidup”.
Batangnya kaku serta keras, tahan terhadap sirkulasi air dalam (0.6–0.8 m).
Andai ditanam berdekatan, membentuk baris/pagar yng rapat.
Hal yang telah di sebutkan akan mengurangi kecepatan sirkulasi, memindahkan air larian serta bisa menjadi filter yng Amat efektif.
Tak menghasilkan bunga serta biji yng bisa menyebar liar semisal alang-alang ataupun rerumputan lain-lainnya.
Keunggulan
Keunggulan Vetiver, antara lain :
- Tahan terhadap variasi cuaca, semisal : kekeringan panjang, banjir, genangan serta temperatur 14-55º C
- Memiliki daya adaptasi pertumbuhan yng Amat luas pada banyak sekali kondisi tanah, semisal :
Pada tanah masam (memiliki kandungan mangan serta aluminium),
Pada tanah bersalinitas tinggi serta memiliki kandungan tidak sedikit natrium,
Pada tanah yng memiliki kandungan logam berat, semisal : Ar, Cd, Co, Cr, Pb, Hg, Ni, Se serta Zn.Tahan terhadap rentang pH tanah : 3–10.5.
- Bisa atau mampu menembus lapisan keras sampai-sampai kedalaman 15 cm.
Yang dengannya kemampuan yang telah di sebutkan, bisa bekerja menjadi paku tanah ataupun pasak yng hidup.
VS Amat praktis, tak tidak murah, gampang dipelihara serta Amat efektif dalam mengontrol erosi serta sedimentasi tanah, konservasi air, dan stabilisasi serta rehabilitasi lahan
Kelemahan
Lantaran pola pertumbuhan vetiver yng tegak lurus ataupun vertikal terhadap tanah, maka disarankan penanamannya dikombinasikan yang dengannya jenis tanaman penutup tanah, semisal bahia, rumput pahit (carpet grass) ataupun jenis kacang-kacangan (legume).
Menjadikan tanaman penutup tanah yang telah di sebutkan bisa mengurangi percikan serta sirkulasi permukaan lebih-lebih pada awal pertumbuhan vetiver.
Pada bagian depan, terlihat rumput Bahia menutupi permukaan tanah, sebelum tunas vetiver tumbuhnya merapat serta daunnya rimbun lantaran vetiver merupakan tanaman hidup, menjadikan tak bisa langsung berfungsi yang dengannya baik dalam menangani erosi permukaan.
Tanaman ini masih memerlukan waktu ataupun suatu proses yakni proses pertumbuhan.
Penggunaan
Penelitian yng sudah di lakukan oleh Pusat Litbang Jalan serta Jembatan Balitbang Departemen PU, yang dengannya tujuan :
1. Pemilihan tata letak tanaman yng paling baik dalam mengurangi erosi yng berlangsung.
Hasil yng diperoleh dari penelitian pada tempat, bahwasanya kombinasi antara rumput vetiver yang dengannya rumput Bahia yang dengannya komposisi 50% : 50%, yang dengannya penanaman setiap baris vetiver berselang seling yang dengannya baris rumput bahia , menunjukan hasil yng paling baik dalam mengurangi erosi yng berlangsung.
2. Mengetahui signifikansi erosi yng berlangsung pada variasi kemiringan lereng serta variasi panjang lereng (tengah dilaksanakan pada tahun 2009 ini)
Dari penelitian di atas, dilanjutkan yang dengannya mengaplikasikan tata letak paling baik dari penelitian yang telah di sebutkan, yang dengannya variasi :
Panjang lereng (3 meter, 6 meter serta 9 meter)
Kemiringan lereng (30º, 45º serta 60º )
Variasi-variasi yang telah di sebutkan di lakukan pada dua jenis tanah yng memiliki nilai erodibilitas tanah yng berbeda.
Tips Penanaman serta Biaya Operasional
Dalam penanaman vetiver, baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk jarak bibit dalam baris (jarak horizontal) ataupun jarak vertikal antar strip vetiver, bergantung dari rawan ataupun tak rawannya jenis tanah ataupun kemiringan lereng.
Perhitungan perkiraan biaya yng dibutuhkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk : penyiapan bibit (pupuk, tanah subur, polibag, pemeliharaan) , penanaman (penggalian, pemupukan dasar, penanaman, penutupan lubang kembali) serta pemeliharaan (pemangkasan, penyiangan, pemupukan, penyiraman) dan penyulaman (mengganti tanaman yng mati).
Kesempatan Investasi
Teknologi penggunaan vetiver menjadi penahan erosi bisa membuka peluang-peluang investasi baru.
Kesempatan investasi yang telah di sebutkan bisa di lakukan pada dua hal, yakni dalam hal pembibitan/pemasaran bibit pada calon pemakain, serta dalam hal penggunaan itu sendiri. Keduanya adalah sebuah proses yng bisa mempergunakan pola kerjasama antara dunia bisnis serta warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, yang dengannya dukungan pemerintah.
Kesempatan-peluang yang telah di sebutkan antara lain :
a. Yang dengannya teknologi vetiver (vetiver system) adalah investasi lingkungan yng tak ternilai, lantaran adalah teknologi ramah lingkungan yng berorientasi jangka panjang.
b. Yang dengannya memberdayakan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, dimana yang dengannya melibatkan penduduk setempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyediakan bibit, bisa menambah pendapatan orang-orang.
Dalam proses produksi bibit, penanam modal bisa bekerja percis yang dengannya warga atau juga bisa dikatakan masyarakat (pemberdayaan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat).
Warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bisa melakukan pembibitan yang dengannya metode penggunaan polybag.
Misalnya penanam modal memberi jaminan keseluruhan biaya yng dibutuhkan dalam pembibitan yang telah di sebutkan.
Pendapatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk warga atau juga bisa dikatakan masyarakat bisa diperoleh malalui system bagi hasil yang dengannya penanam modal, ataupun secara simpel yang dengannya menjual langsung bibit-bibit polybag yang telah di sebutkan dalam skala harga tertentu yng disepakati.
Biaya produksi bibit vetiver ataupun biaya penanaman serta pemeliharaannya secara keseluruhan masih relatif lebih murah dibanding metode kimia serta mekanik.
Pengertiannya, produsen vetiver bisa menjual VS ini yang dengannya harga yng lebih murah dibanding penyedia metode lain.
Ini dia yng mendasari prospek vetiver di pasaran.
Tentunya, penggunaan vetiver pula tak dibatasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencegah erosi saja, menjadikan kesempatan pasar lain pula masih terbuka.
Produk samping : daunnya bisa dipakai bermacam-macam kerajinan tangan, semisal : tas, taplak meja, tas, dllantara baris pertanaman vetiver bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit, warga atau juga bisa dikatakan masyarakat masih bisa menanam palawija ataupun sayuran.
Yng butuh diperhatikan : adanya PERDA yng mengatur, supaya pertanaman vetiver bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit tak merusak tanah, antara lain :
Persyaratan tempat/area bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman bagi atau bisa juga dikatakan untuk bibit vetiver (misalnya di tempat datar).
Memberikan batas supaya lahan budidaya vetiver tak meluas tanpa kendali.dll
c. Mungkin dibentuknya kelompok budidaya Vetiver yang dengannya dukungan dari pemerintah, yang dengannya memberikan insentif pada warga atau juga bisa dikatakan masyarakat, semisal :
Insentif harga bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk serta perlengkapan
Pelatihan
Penghargaan
Dalam hal promosi serta pembukaan kesempatan pasar Vetiver
Hal ini Amat dibutuhkan lantaran penggunaan vetiver dalam pencegahan erosi belum diketahui secara luas, menjadikan pembudidayaan bibit tanpa disertai yang dengannya prospek pasar yng terperinci malah bisa merugikan warga atau juga bisa dikatakan masyarakat serta penanam modal.
Dukungan lembaga keuangan semisal Bank serta koperasi (pinjaman/pemberian modal)
d. Yang dengannya seluruh keunggulan ini, prospek vetiver dalam pencegahan erosi sebetulnya Amat terbuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk kesempatan investasi.
Tentunya manfaat yng diharapkan tak cuma dalam hal financial, namun pula dalam aspek lingkungan serta pemenuhan kebutuhan teknis pencegahan erosi itu sendiri.
Mudah-mudahan Berguna..

Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/05/vetiver-rumput-perkasa-penahan-erosi.html.

Seputar Vetiver Rumput Perkasa Penahan Erosi Yang Ampuh

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Vetiver Rumput Perkasa Penahan Erosi Yang Ampuh