Bagian-bagian Dari Biji Tanaman Buah

- September 21, 2017

Bagian-bagian Dari Biji Tanaman Buah

 

Biji dalam perkembangannnya terdiri dari 3 bagian dasar, yng antara lain embrio, jaringan penyimpan makanan, serta pelindung biji.
Embrio yakni bagian biji yng bisa tumbuh menjadi tanaman baru. Embrio terbentuk dari bersatunya gamet jantan serta betina pada proses pembuahan. Embrio yng berkembang sempurna akan mempunyai bagian-bagian semisal epikotyl (calon pucuk), hipokotyl (calon akar), serta kotyledon (calon daun). Tanaman pada kelas angiospermae diklasifikasikan oleh banyaknya kotyledon. Tanaman monokotil memiliki satu kotiledon semisal pada bawang, sedangkan tanaman dikotil memiliki dua kotiledon semisal pada kacang-kacangan. Tanaman dari kelas gymnospermae biasanya memiliki lebih dari dua kotiledon, misalnya pinus yng memiliki 15 kotiledon. Pada tanaman famili rumput-rumputan, kotiledon berbentuk menyerupai perisai yng disebut scutellum, kuncup embrioniknya disebut koleoptil serta bagian bawah terdapat akar embrionik yng disebut radikula yng ditutupi oleh upih pelindung yng disebut coleorhiza.
Jaringan penyimpan makanan yakni bagian biji yng berfungsi menjadi cadangan makanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertumbuhan embrio. Pada masing-masing jenis tanaman, jaringan penyimpan makanan mempunyai sebutan yng berbeda, antara lain kotiledon pada kacang-kacangan, endosperm pada jagung, perisperm pada famili Chenopodiceae, serta gametphyte betina yng haploid pada pinus. Cadangan makanan yng tersimpan dalam biji biasanya terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serta mineral. Komposisi serta persentasenya berbeda didasari jenis biji.
Pelindung biji yakni bagian biji yng menjaga embrio serta jaringan penyimpan makanan dari lingkungan luar. Pelindung biji terdiri dari beberapa bagian yaitu kulit biji, sisa nukleus, serta endosperm serta kadang-kadang bagian dari buah. Kulit biji berasal dari integumen ovule yng mengalami modifikasi selama proses pembentukan biji berlangsung. Kulit biji umumnya keras serta kuat serta berwarna coklat serta bagian dalamnya tipis serta berselaput serta berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga biji serta kekeringan. Dalam hal penggunaan cadangan makanan terdapat perbedaan antara kelas monokotil serta dikotil, yakni pada sub kelas monokotil cadangan makanan dalam endosperm baru akan dicerna seusai biji masak serta berkecambah seusai menyerap air. Sedangkan tanaman dikotil cadangan makanan terdapat pada kotiledon ataupun perisperm telah mulai dicerna serta diserap oleh embrio sebelum biji masak.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/bagian-bagian-dari-biji-tanaman-buah.html.

Seputar Bagian-bagian Dari Biji Tanaman Buah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bagian-bagian Dari Biji Tanaman Buah