Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani

- September 21, 2017

Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani

 
Hai sahabat petani, andai Kamu merupakan petani kelapa, pasti sesekali ataupun malah Perlu berurusan yang dengannya mencungkil kelapa setiap harinya. Ya terang, namanya petani kelapa, masak mencungkil mesin ATM he he he..
Sahabat, butuh Kamu ketahui kebanykan petani di daerah Sulawesi sedang mempergunakan serta memanfaatkan hasil panen kelapanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan kopra. Kopra merupakan kelapa yng dijemur, lantas biasanya dijual yang dengannya harga per KG kepada pembeli kopra sesudah kering.
Nah, bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kopra ini dia dibutuhkan yng namanya proses pencungkilan kelapa berlebi dahulu. Tentu itu Perlu di lakukan, supaya kelapa mampu dijemur serta dijual tanpa melengket pada tempurung serta kulitnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencungkil kelapa, kebanykan petani di sini mempergunakan alat pencungkil kelapa manual yng umumnya disebut "cungkilan". Memanglah alat ini Amat simpel, namun yang dengannya adanya alat khusus ini, petani akan dimudahkan dalam aktifitas pencungkilan kelapanya. Karena, Amat susah mencungkil kelapa yang dengannya alat lain-lainnya yng tak didesain khusus.
Alat Pencungkil Kelapa
Hal yng membuat cungkilan gampang dipakai merupakan, bentuknya yng melengkung yng disesuaikan yang dengannya bentuk tempurung kelapa yng cekung. Ini dimaksudkan supaya mata cungkilan yng tajam bisa menjelajah hingga ke tempurung bagian dasar.
Bentuk Melengkung
Barangkali bagi Kamu yng pertama kali berupaya, akan cukup kesulitan mempergunakan alat ini. Serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu kesulitan Kamu, sebelumnya saya sudah membuat goresan pena wacana tatacara mencungkil kelapa yang dengannya gampang. Pada goresan pena yang telah di sebutkan saya persembahkan khusus bagi pemula yng ingin berupaya wacana cungkil-mencungkil kelapa.
Entah telah ada ataupun belum wacana mesin pencungkil kelapa yng modern, namun yng terang petani masih mempergunakan alat manual ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk bekerja. Pasalnya harga yng cukup murah, gampang dibawa, dan tak memerlukan perawatan ekstra merupakan kelebihan yng membuat petani memilihnya.
Selain itu, kemudahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakannya pula butuh diperhitungkan. Karena yang dengannya bentuknya yng khas ditambah keahlian penggunanya, maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencungkil kelapa yng cukup tidak sedikit pun mampu di lakukan yang dengannya waktu yng lebih cepat.
Tatkala ini, saya pula mempergunakan cungkilan semisal itu. Apakah Kamu pula? andai iya silahkan bagikan di sini pengalaman mencungkil kelapa dari Kamu. Demikian goresan pena saya wacana alat pencungkil kelapa manual yng membuat mudah petani, mudah-mudahan memberikan manfaat..

Sumber rujukan dan gambar : http://senibertani.blogspot.com/2014/11/alat-pencungkil-kelapa-manual-yang.html.

Seputar Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Alat Pencungkil Kelapa Manual Yang Memudahkan Petani