Bambu Kuning Atau Bambu Hias Dan Jenis Jenis Bambu

- September 21, 2017

Bambu Kuning Atau Bambu Hias Dan Jenis Jenis Bambu

 
Indonesia satu dari sekian banyaknya negara yng kaya akan aneka macam jenis tanaman, hal ini tak luput dari kualitas tanah yng ada di Indonesia Amat subur serta ditambah yang dengannya iklimnya yng Amat sejuk. Maka tak heran andaikan Indonesia salah satunya satu dari sekian banyaknya negara yng dijuluki paru-paru Dunia.
Bambu kuning, jenis bambu, manfaat bambu kuning, rebung bambu, jenis bambu kuning, rebung bambu kuningKalau kita bebicara ihwal tanaman pasti kita seluruh akan mengenal yng namanaya bambu, di Indonesia terdapat 160 jenis bambu, 88 diantaranya adalah bambu edemik ataupun jenis bambu yng khas yng terdapat di suatu daerah. Seluruh jenis bambu itu mempunyai manfaat bagi ke hidup-an kita-kita, semisal bahan pembuatan rumah, pembuatan perkakas keluarga, ataupun tanaman hias.
Bambu adalah jenis rumput-rumputan yng beruas serta beranggota family poaceae yng terdiri atas genus. Bambu salah satunya jenis tanaman yng memiliki tingkat pertumbuhan tinggi. Malah, beberapa jenis bambu yng bisa atau mampu tumbuh sampai-sampai 60 cm per hari. Indonesia adalah satu dari sekian banyaknya wilayah yng menjdi surga bagi jenis tanaman yng dsebut pula menjadi buluh, aur, serta eru ini.
Apa saja jenis bambu yng ada di Indonesia?, berikut merupakan beberapa jenis (spesies) bambu hias yng tumbuh di Indonesia.

  • Bambu Kuning


Penampilan dari bambu ini Amat cantik, batangnya berwarna kuning gading serta berstektur halus, kontras yang dengannya daunnya yng berwarna hijau terang. Tak semisal bambu yng lain, bambu kuning berbatang lurus. Yang dengannya begitu, bambu jenis ini bisa dijadikan menjadi pembatas taman yng menarik. Ketinggian bambu kuning bisa mencapai 3 m. Andai dirasa terlalu tinggi, cukup pangkas bagian batang yng paling atas, maka bambu pun tetap tumbuh rapi semisal sebuah pagar. Di pasaran, bambu kuning dijual denagn harga Rp 250.000 per rumpun.

  • Bambu Jepang


Bambu jepang memiliki bentuk yng khas, yakni batangnya kecil serta berdaun halus. Warna batang serta daunnya hijau pucat, mirip bambua kuning. Batang bambu jepang pula tumbuh lurus. Bambu jenis ini dijual di pasaran seharga RP 75.000 per rumpun.

  • Bambu Cina


Ukuran batang serta daun bambu jenis ini lebih halus dari bambu jepang. Akan tetapi, berbeda yang dengannya kedua jenis bambu lain-lainnya, bambu cina tumbuhnya lebih menyemak serta batangnya gampang melengkung. Warna batang bambu ini hijau muda kekuningan. Harga bambu cina di pasaran sekitar RP 75.000 per rumpun.
Dewasa ini, keberadaan tanaman (pepohonan) tak lagi berfungsi menjadi pelengkap keindahan, akan tetapi lebih jauh, yakni menjadi penjaga keseimbangan alam, menjadikan bisa memberikan kesegaran serta memperbanyak oksigen.
Oleh karena itu, dalam membuat taman haruslah ditangani secara professional, menjadikan keberadaannya bisa berfungsi secara maksimal. Satu dari sekian banyaknya jenis tanaman yng bisa dijadikan property tanaman hias merupakan bambu kuning.
Bambu kuning (Phyllostachys sulphurea) tergolong ke dalam keluarga rumput-rumputan (Garamineae). Tanaman yng berasal dari China ini mempunyai warna kuning emas. Tak cuma itu, batang bambu ini pula berwarna kuning emas, menjadikan bisa atau mampu memberikan aksen warna yng berbeda pada ruangan ataupun di taman.
Menjadi tanaman hias, bambu kuning pula berfungsi menjadi tanaman antipolutan. Pengertiannya, tanaman ini bisa atau mampu menyedot udara kotor yng berada disekitarnya.

Kandungan Zat Pada Bambu Kuning

Selain berfungsi menjadi tanaman hias, diluar dugaan bambu kuning telah sejak lama dipakai oleh nenek moyang kita menjadi tanaman obat. Umumnya, rebung dari bambu kuning Suka dipakai menjadi obat herbal guna mengatasi penyakit kuning. Dan, tatacara penggunaanya secara tradisional sudah diwariskan turun menurun.Semisal diketahui, penyekit kuning berhubungan yang dengannya ketidakberesan fungsi hati, menjadikan Suka disebut menjadi penyakit lever.
Pendapat dari pakar kebugaran atau kesehatan, rebung bambu kuning memiliki kandungan para hidroksi bemsalhedid, yakni suatu fenol yng mirip yang dengannya perpaduan silimarin serta kurkumin. Kedua perpaduan yang telah di sebutkan bisa menunjukkan racun yng terdapat di hati. Malah, senyawa silimarin sudah lama dipasarkan menjadi obat penyakit lever ataupun gangguan fungsi hati.
Pendapat dari sebuah penelitian di Jerman, ekstrak air dari hasil rebusan rebung bambu kuning mampu memperbaiki kerusakan sel pada hati. Fungsi yang telah di sebutkan bisa berlangsung dikarenakan bambu kuning mempunyai kandungan zat flavonoid, polisakarida, klorofil, asam amino, vitamin, mikoelemen, potassium, serta antioksidan.Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat serta khasiat bambu kuning klik di sini.
Sumber Buku : Tanaman-Tanaman Hias Ajaib bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kecantikan serta Kebugaran atau kesehatan, Penerbit : BUKUBIRUSumber Gambar : http://www.rgbstock.com/
Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2014/04/bambu-kuning-atau-bambu-hias-dan-jenis-jenis-bambu.html.

Seputar Bambu Kuning Atau Bambu Hias Dan Jenis Jenis Bambu

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bambu Kuning Atau Bambu Hias Dan Jenis Jenis Bambu