Ini Akibat Dan Efek Pestisida Kimia | Dampak Pestisida Kimia

- September 18, 2017

Ini Akibat Dan Efek Pestisida Kimia | Dampak Pestisida Kimia

 
Dampak Negatif Penggunaan Pestisida Kimia yng Tak Bijaksana
Kita ketahui bersama hama serta penyakit tanaman bisa memicu berkurangnya hasil pertanian malah mampu memicu kegagalan panen.
Ini dia yng menjadi tantangan besar bagi petani dalam berusaha tani.
Kadang petani telah mengeluarkan tidak sedikit biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli benih, pupuk, serta biaya lain-lainnya, namun pada akhirnya tak hingga panen.
Hal ini dia yng memicu para petani mempergunakan tatacara instan yakni menyemprot tanaman yang dengannya pestisida kimia bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi hama serta pula penyakit pada tanaman yang telah di sebutkan.
Penggunaan pestisida kimia memanglah sukses membantu petani mengatasi hama penyakit tanaman serta menaikan produksi ataupun hasil pertanian cukup tinggi.
Akan tetapi diluar dugaan pemakaian pestisida secara terus menerus yang dengannya dosis yng makin meningkat memicu dampak yng luar biasa juga.
Hal ini dia yng mengharuskan kita bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih bijaksana dalam pemakaian pestisida serta mencari solusi alternative.
Yang akan di sajikan kali ini akan kami bahas perihal beberapa dampak negative penggunaan pestisida kimia yng diaplikasi secara terus menerus serta berlebihan:
Hama menjadi Resisten
Resistensi hama terhadap pestisida ini berlangsung lantaran pemakaian pestisida yng percis secara terus menerus. Dampak lanjutan dari resistensi hama merupakan akan berlangsung peningkatan dosis pestisida menjadikan biaya produksi pertanian pula akan makin tinggi.
Dalam bisnis penggendalian hama pada tanaman suatu waktu disemprot pestisida yang dengannya dosis tertentu lain waktu andaikan ada serangan hama yng percis disemprot yang dengannya dosis yng percis tak akan mempan, makanya umumnya dosisnya dinaikkan.
Solusinya kalau tak mampu mengghindari penggunaan pestisida maka Perlu di lakukan pergantian jenis pestisida.
Kematian Musuh Alami
Perangkat lunak pestisida kimiawi secara berlebihan memicu kematian Musuh alami salah satunya musuh alami dari jenis predator serta parasitoid.Padahal musuh alami ini Amat berpotensi dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengendalian hama secara hayati.
Yang dengannya kematian musuh alami ini akan memicu terjadinya peningkatan populasi hama di lahan pertanian.
Andaikan musuh alami pada lahan padi yng berperan menggendalikan hama wereng ini mati, maka berlangsung ketidakseimbangan antara musuh alami serta hama, akibatnya berlangsung serangan wereng yng hebat.
Timbulnya Hama Baru
Timbulnya hama jenis baru dari dampak pestisida ini penyebabnya yaitu seleksi penggunaan pestisida.
Secara alami hama akan menaikan keturunannya lantaran generasinya terancam punah.
Berlangsung Ledakan Hama
Populasi hama yng tak terkendali lantaran berkurangnya malah tak adanya musuh alami akan meningkat drastis malah, tak cuma meningkat intensitas serangannya namun akan memicu terjadinya ledakan serangan hama.
Akumulasi Bahan Kimia Pada Hasil Pertanian
Produk hasil pertanian yng di perangkat lunak pestisida kimia akan berlangsung akumulasi kimia yng memicu produk yang telah di sebutkan andai di kosumsi secara terus menerus menyebakan penyakit degenerative semisal kangker.
Merusak Lingkungan
Lingkungan pertanian serta sekitarnya akan merasakan dampak dari penggunaan pestisida kimia.
Lingkungan akan tercemar oleh zat kimia rawan yng terkandung dalam pestisida.
Ikan, udang serta binatang kecil komponen egroekosistem tidak sedikit yng mati.
Hal ini memicu ketidakseimbangan ekosistem di wilayah pertanian kita.
Memicu Keracunan
Tidak sedikit kasus keracunan akibat dari dampak pestisida baik itu kita-kita sendiri, binatang ternak, ataupun binatang lain sekitar lahan pertanian.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi dampak penggunaan pestisida maka pengendalian hama agar bisa di lakukan yang dengannya bijaksana serta lebih mengutamakan lingkungan.
Hal ini memberikan kesempatan terjadinya pengendalian secara hukum alam.
Serangga musuh alami akan tidak sedikit berperan dalam mengendalikan populasi hama.
Malah kalau mampu lebih ditingkatkan yang dengannya menyediakan refugia yng berfungsi menjadi mikrohabitat serta sumber makanan bagi serangga musuh alami.
Refugia ini berupa tanaman berbunga cerah yng ditanam disekitar lahan pertanian.
Mudah-mudahan kita memahami pentingnya pengetahuan ttg efek negatif dari Pestisida Kimia


Sumber rujukan dan gambar : http://k-bioboost.blogspot.com/2016/04/dampak-negatif-penggunaan-pestisida.html.

Seputar Ini Akibat Dan Efek Pestisida Kimia | Dampak Pestisida Kimia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Ini Akibat Dan Efek Pestisida Kimia | Dampak Pestisida Kimia