Tips Menanam Terong Belanda

- September 02, 2017

Tips Menanam Terong Belanda

 
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
Syarat Tumbuh
Di daerah tropik terong belanda bisa tahan hidup di ketinggian 1000 m dpl. ataupun lebih; terong ini masih bisa hidup di atas 2000 m dpl, andai suhu bulanan rata-ratanya tetap di atas 10° C serta embun bekunya, yng bisa membunuh tanaman muda serta daun dan ujung pucuk tanaman dewasa, tak terlalu lebat. Di dataran rendah, pohon terong belanda tak bisa atau mampu berbunga, sedangkan udara sejuk (mungkin khususnya malam yng ‘sejuk) bisa mendorong pembungaan. Oleh lantaran itu, tanaman ini berbuah matang pada musim dingin ‘di daerah subtropik, serta andai ditanam di daerah tropik buah matang seusai berlangsung udara dingin. Rasa buah akan menjadi lebih baik pada hari-hari cerah yng panas serta malam-malam yng dingin pada musim kemarau di daerah tropik daripada selama musim dingin dl dataran tinggi. Terong belanda tumbuh baik di tanah yng balk drainasenya, lantaran bahan organik serta kelembapannya tengah. Tanaman ini tak tahan terhadap genangan, meskipun cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk 1-2 hari. Pohonnya yng berbuah lebat serta berumur panjang dijumpai menjadi naungan dl sangkar ayam; hal ini memperlihatkan bahwasanya terong belanda resposif terhadap pupuk sangkar serta tempat-tempat yng kering. Tanaman ini berakar dangkal, karenanya gampang roboh, pula cabang-cabangnya yng rapuh itu gampang sekali patah andai tengah berbuah lebat. Jadi, tempat yng ternaung hendaknya dipilih ataupun diadakan pohon penahan angin.

Pedoman Budidaya
Perbanyakan serta penanaman: Benih terong belanda hendaknya dipilih dari tanaman yng sifatnya percis yang dengannya induknya. Di Brazil, benih itu dicuci, dikeringkan serta dianginkan lantas disimpan di lemari pendingin selama 24 jam. Pendinginan dinyatakan menghasilkan perkecambahan benar-benar 100% dalam 4-6 hari. Hendaknya sudah disiapkan persemaian yng dipupuk ataupun diberi kompos serta dinaungi ringan. Perbanyakan yang dengannya setek adalah pengganti, akan tetapi susah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan akan bebas dari serangan virus. Penumbuhan dalam wadah bisa mengurangi kerugian daripada penanaman di lapangan. Setek dari batang yng berumur 1-2 tahun, yng diameternya 10-30 mm, panjangnya 45-100 cm bisa ditanam langsung di lapangan sesudah daun-daunnya dibuang. Tanaman dari setek tumbuh menjadi pohon yng rimbun bercabang-cabang rendah, yng Perlu dibuang bunga-bunganya supaya pada tahun pertama pertumbuhan bisa terangsang. Di Selandia Baru, terong belanda kadang-kadang disambung yang dengannya jenis-jenis yng berkerabat, khususnya yang dengannya Solanum mauritianum Scop., yakni satu gulma yng meliar kembali. Pohon yng tumbuh di atas batang bawah ini agak kerdil akan tetapi berbuah ramai sekali serta butuh ditunjang. Di Selandia Baru, pohon terong belanda ditanam dalam baris tunggal ataupun ganda, misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk barisan tunggal 2,5 m x 2 m ataupun 4,5 m x 1,5 m serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk barisan ganda (3,5 -F 1,5) m x 2 m ataupun (4 + 2,5) m x 3 m, akan menjadikan kepadatannya 2000-1000 pohon per hektare. Penanaman yng jauh lebih padat lagi pula sudah diadukan atau dilaporkan dari beberapa negara lain. Petani-petani Selandia Baru seringkali menanam terong belanda ini menjadi tanaman tumpang sari pada kebun jeruk yng masih muda.

Pemeliharaan
Kebun buah terong belanda hendaknya berdrainase baik; seringkali tanaman ini dipelihara di punggung guludan ataupun di atas bedengan. Lantaran system perakarannya dangkal, penanaman terlalu dalam hendaknya dihindari, sebaliknya pemberian mulsa Amat menguntungkan. Pohon muda yng berasal dari benih dipenggal hingga tingginya tinggal 1 m supaya percabangannya bermunculan, serta setiap 12 bulan diadakan pemangkasan di awal daur kehidupannya. Pemangkasan tahunan ini terdiri -atas pemotongan cabang serta penjarangan cabang-cabang yng sudah pernah berbuah, supaya berlangsung peremajaan cabang yng akan berbuah, serta mengurangi terpencarnya cabangcabang pohon. Waktu pemangkasan akan memberi pengaruh tatkala panen. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanah-tanah yng tidak lebih subur di Selandia Baru dianjurkan pemberian pupuk yang dengannya kombinasi 110-170 kg N, 35-55 kg P2O5, serta 100-200 kg K2O per tahun. Pelaksanaannya dipecah menjadi pemupukan bagian dasar, persis sebelum pemangkasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendorong pertumbuhan pucuk, serta pemupukan bagian atas sesudah buah yang terakhir terbentuk guna mendorong pertumbuhan buah. Di daerah tropik pemakaian sejumlah besar bahan organik serta pupuk sangkar disaat membuat guludan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penanaman akan mengurangi perlunya pemberian pupuk tambahan. Pengairan selama musim kemarau penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempertahankan pertumbuhan serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki ukuran buah serta hasil panen.

Hama serta Penyakit
Masalah-masalah utama penyebabnya yaitu oleh infeksi virus, antara lain virus-virus mosaik terong belanda, mosaik mentimun, mosaik Arab serta satu ataupun beberapa virus yng belum teridentifikasi. Virus-virus yang telah di sebutkan cepat menyebar (vektor utamanya barangkali afid) memicu turunnya hasil kebun terong belanda itu. Tanaman yng sehat (asal dari benih) hendaknya ditanam sejauh-jauhnya dari pohon yng lebih tua; kebugaran atau kesehatan kebun buah secara ketat serta pemberantasan vektornya adalah jalan utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah adanya virus. Nematoda bongkol akar (Meloidogyne spp.) pula rawan serta bersama-sama yang dengannya virus akan memicu terjadinya tanaman kerdil serta tak produktif; suhu serta kelembapan yng tinggi akan memperburuk keadaan. Adanya beberapa penyakit jamur, di antaranya embun tepunglah yng paling mengganggu. Andai serangannya gawat, akan memicu daun tua rontok lebih awal. Penyakit ini bisa diatasi yang dengannya tatacara perlakuan secara teratur sulfur ataupun fungisida yng lebih khusus lagi; pengganti lain adalah mempertahankan kecepatan tumbuh yng cukup tinggi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan kembali daun-daunnya yng hilang. Tak tidak sedikit bisnis bisa di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberantas serangan bakteri yng penyebabnya yaitu oleh Pfeudomonas syringae.

Panen serta Pasca Panen
Panen Mengukur waktu pembungaan akan menjurus ke masa panen yng panjang. Buah terong belanda tak akan matang sesudah dipanen, serta lantaran cuma buah yng matang penuh yng adalah kualitas prima, maka pohonnya butuh dipanen beberapa kali sepanjang musim panen, yng lamanya 5-7 bulan ataupun lebih. Hal ini terang menambah ongkos produksi. Pemetikannya gampang saja, lantaran tangkai buah gampang sekali patah di bagian lapisan absisinya yng berada 3,5-5 cm dari pangkal buahnya. Hasil Di Brazil pohon terong belanda yng jarak tanamnya cukup yang dengannya produksi penuh, menghasilkan 20-30 kg buah per tahun: Produksinya di Selandia Baru pula hampir percis, sedangkan hasil komersial biasanya 15-17 ton/ha. Pohon terong belanda ini bisa memberikan hasil yng balk selama 11-12 tahun, akan tetapi biasanya menurun sesudah berumur 5-6 tahun. Penanganan pasca panen Buah terong belanda dagingnya keras serta kulitnya licin serta liat menjadikan gampang dikelola. Dalam keadaan kehangatan yng normal, daya tahannya sekitar 1 minggu, akan tetapi pada penyimpanan dingin yang dengannya suhu 3,5° C ± 1° C buah bisa disimpan selama 8 minggu ataupun lebih. Colletotrichum serta Phoma yng menyerang buah yng tersimpan Perlu diberantas yang dengannya perendaman dalam air panas serta pelapisan kembali yang dengannya lilin.
sumber http://www.iptek.net.id
KEBUN TERONG BELANDAhttp://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html
http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/05/tips-menanam-terong-belanda.html.







Seputar Tips Menanam Terong Belanda

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Menanam Terong Belanda