Bagian-bagian Pada Kayu Yang Harus Dipahami

- Oktober 15, 2017

Bagian-bagian Pada Kayu Yang Harus Dipahami

 

A. KULITAdalah bagian yng terdapat pada bagian terluar, disini saya bedakanmenjadi dua bagian yaituKulit luar yng mati, memiliki ketebalan yng bervariasi pendapat dari jenis pohon.Kulit bagian dalam yng bersifat hidup serta tipis.Kulit berfungsi menjadi pelindung bagian-bagian yng terdalam, terhadap mungkin pengaruh dari luar yng bersifat merusak, misalnya iklim, serangan serangga, hama, kebakaran dan perusak kayu lain-lainnya. Selain itu berfungsi menjadi jalan bahan makanan dari daun ke bagian-bagian tanaman.B. KAMBIUMMerupakan jaringan yng lapisannya tipis serta bening, melingkari kayu, ke arah luar membentuk kayu yng baru. Yang dengannya adanya kambium maka pohon lambat laun bertambah besar. Pertumbuhan meninggi ditentukan oleh jaringan meristem. Kambium terdapat atau terletak antara kulit dalam serta kayu gubal.
C. KAYU GUBALBagian kayu yng masih muda terdiri dari sel-sel yng masih hidup, terdapat atau terletak di sebelah dalam kambium serta berfungsi menjadi penyalur cairan serta tempat penimbunan zat-zat makanan. Tebal lapisan kayu gubal bervariasi pendapat dari jenis pohon. Biasanya jenis yng tumbuh cepat memiliki lapisan kayu gubal lebih tebal dibandingkan yang dengannya kayu terasnya. Kayu gubal umumnya memiliki warna terang.
D. KAYU TERASTerdiri dari sel-sel yng dibentuk melalui perubahan-perubahan sel hidup pada lingkaran kayu gubal bagian dalam, penyebabnya yaitu terhentinya fungsi menjadi penyalur cairan serta lain-lain proses ke hidup-an. Ruang dalam kayu teras bisa memiliki kandungan macam-macam zat yng memberikan warna lebih gelap. Tak mutlak seluruh kayu teras demikian. Cuma pada jenis-jenis yng kayu terasnya berisi tiloses. Pada beberapa jenis tertentu kayu teras tidak sedikit memiliki kandungan bahan-bahan ekstraktif, yng member keawetan pada kayu yang telah di sebutkan, membuat lebih berat serta lebih awet. Namun tak seluruh jenis kayu yng memilikizat ekstraktif telah bisa dipastikan keawetannya. (Misalnya yng memiliki kandungan zat gula, zat gtepung dan juga lain-lainya).
E. HATIMerupakan bagian kayu yng terdapat atau terletak pada pusat lingkaran tahun (tak mutlak pada pusat bontos). Hati berasal dari kayu awal, yakni bagian kayu yng pertama kali dibentuk oleh kambium. Oleh lantaran itu biasanya memiliki sifat rapuh ataupun sifat lunak.
F. LINGKARAN TAHUNBatas antara kayu yng terbentuk pada permulaan serta pada akhir suatu musim. Melalui lingkaran-lingkaran tahun ini bisa diketahui umur pohon. Andaikan pertumbuhan diameter (membesar) terganggu oleh musim kering lantaran pengguguran daun, maupun serangga/hama, maka lingkaran tahun bisa terdiri lebih dari satu lingkaran tahun (lingkaran tumbuh) dalam satu musim yng percis. Hal ini disebut lingkaran palsu. Lingkaran tahun bisa gampang dilihat pada beberapa jenis kayu daun lebar. Pada jenis- jenis lain, lingkaran tahun ada kalanya susah dibedakan lebih-lebih di daerah tropic, lantaran pertumbuhan praktis berlangsung sepanjang tahun.
G. JARI-JARIDari luar ke dalam berpusat pada sumbu batang, berfungsi menjadi tempat saluran bahan makanan yng gampang diproses di daun guna pertumbuhan pohon.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2015/09/bagian-bagian-kayu.html.

Seputar Bagian-bagian Pada Kayu Yang Harus Dipahami

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Bagian-bagian Pada Kayu Yang Harus Dipahami