Budidaya Adenium Dan Cara Menanamnya

- November 05, 2017

Budidaya Adenium Dan Cara Menanamnya

 
Tanaman yng satu ini tidak sedikit diminati di Indonesia maka tak heran tidak sedikit para pecinta tanaman ini membudidayakan adenium, adenium selain mempunyai keindahan warna pada bagian daunnya bagian bonggolnyapun mempunyai keunikan.Adenium berasal dari gutun pasir di Afrika dan jazirah Arab. Adeneium termaasuk tanaman sekulen ataupun tanaman yng memiliki kandungan tidak sedikit air yang dengannya tanda utama satu dari sekian banyaknya bagian tanman dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan air.
Sifat Tanaman Adenium
Adenium tanaman hias yng bisa menyesuaikan diri dan gampang tumbuh, akan tetapi banyak sekali para pecinta adenium terasa kesulitan ddalam memliharanya, umumnya yng Suka dikeluhkan oleh para pemilik adenium adalah jarang berbunga, pertumbuhan lambat, dan akar busuk. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghilangkam masalah-masalah yang telah di sebutkan kita Perlu mengetahui sifat-sifat yng adenium, diantaranya:
• Tak suka air
Adenium bukan berguna tak butuh air. Adenium mempunyai tempat menyimpan air di dalam batangnya menjadikan bisa menyesuaikan diri di daerah kering dan tandus. Adenium tak bisa bertahan di daaerah basah ataupun lembab. tanah yng basah malahan menghambat pertumbuhan, lebih-lebih memicu busuk akar.
• Suka sinar matahari yng penuh
Di tempat asalnya yng panas maka tanaman yng satu ini hidupnya Amat bergantung pada sinar matahai. Agar bisa bisa tumbuh yang dengannya baik, tempatkan adenium di tempat yng memperoleh sinar matahari penuh sepanjang hari.
• Menyukai media porous
Adenium sebetulnya bisa tumbuh di tanah yang dengannya segala kondisi, akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa tumbuh yang dengannya optimal adenium memerlukan tanah yng porous ataupun gampang mengalirkan air.
Cara Budidaya Adenium
• Bibit adenium
Bibit adenium bisa diperoleh dari perbanyak secara generative berupa biji. Biji ini adalah hasil dari penyerbukan di dasarbunga yng berlanjut menjadi bakal buah. Sekitar dua bulan buah akan masak. Segera petik lantas ambil biji-bijinya. Maka biji siap bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan bibit. Sedangkan secara vegetative berupa stek, cangkok, dan grafting.
• Cara menanam adenium
Cara menam di tanah : Penanaman adenium langsung di tanah yng Perlu di lakukan merupakan membuat lubang tanam yang dengannya ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm. biarkan lubang terbuka selama 2 minggu agar bisa bibit hama dan penyakit mati. Lantas lubang tanam diuruug yang dengannya top soil yng sudah dicampur pupuk sangkar yang dengannya perbandingan 1 : 1. Selanjutnya penanaman bibit.
Cara menanam di pot : Media tanam bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman adenium di dalam pot Perlu subur dan porous ataupun tak mengikat air terlalu lama. Bahan media tanam yang telah di sebutkan diantaranya pasir bangunan, pupuk sangkar, dan sekap padi, yang dengannya perbandingan 2 : 2 : 1. Lantas media tanam dimasukan ke dalam pot sesudah dasar pot yng berlubang ditutup pecahan genting ataupun kerikil supaya media tanah tak keluar tatkala disiram air.
budidaya, adenium, cara menamnya, tanaman
Generative
Secara generative, yakni perbanyakan tanaman melalui perkawinan. Proses ini diawali yang dengannya bertemunya kepala putik yng adalah organ kelamin betina yang dengannya serbuk sari yng adalah organ kelamin jantan. Proses itu disebut penyerbukan.
Penyerbukan secara alami merupakan penyerbukan yng berlangsung berkat bantuan angina tau serangga. Tak seluruh bunga bakal menjadi buah andai mengandalkan tips ini karena kadang tak ada serangga yng hinggap dan tak ada angin bertiup. Penyerbukan buatan adalh penyerbuksan yang dengannya batnuan kita-kita.
Dari satu tangkai pilih satu dari sekian banyaknya bunga yng sehat. Bunga yng diserbuk pilih yng telah mekar kira-kira 3 hari. Lantas robek corong bunga. Yang dengannya kuas kecil, serbuk sari diambil, dan dioleskan ke kepala putik, akan tetapi benang sari bunga yng diserbuki Perlu dibuang dahulu. Kira-kira 4 hari, bunga layu dan rontok. Andai penyerbukan sukses, didasar bunga terlihat bakal buah. Perbanyakan generative pula bisa di lakukan yang dengannya biji.
Vegetative
Secara vegetative tanaman adenium dapt di lakukan yang dengannya tips setek batang. Teknik setek batang pada adenium yakni yang dengannya tips memilih batang berlebi dahulu yang dengannya memilih batng yng berdiameter minimal 2 cm, batng sehat, dan cukup umur.
Cabang pilihan yang telah di sebutkan lantas dipotong yang dengannya arah miring. Andaikan menginginkan akar cepat tumbuh, pangkal cabang yng sudah dipotong diolesi zat perangsang akar.
Lantas setek diangin-anginkan selama dua hari agar bisa pangkalnya kering ataupun telah tak ada getahnya. Selanjutnya, stek diatanam di media tanam yng telah disiapkan yang dengannya perbandingan 2 : 2 : 1 antara pupuk sangkar, pasir halus, dan tanah subur. Media tanam letakkan pada tempat yng teduh dan sehari-hari disiram.
Sesudah 2 minggu, setek akan bertunas menandakan stek sudah sukses, sebaliknya andai tak muncul tunas menandakan setek mati.
Grafting
Grafting merupakan penggabungan batang bawah dan batang atas dari tanaman yng berbeda akan tetapi masih dalam satu family.
Teknik grafting pada adenium, yakni menyiapkan batang atas dan batang bawah. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang atas pilih tanaman sehat dan berdaun subur. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk batang bawah pilih bonggol yng sehat dan tak busuk. Diameter batang bawah sebaiknya tidak banyak lebih besar dari batang atas.
Batang bawah dipotong yang dengannya bentuk V, sedangkan batang atas dipotong yang dengannya bentuk V terbalik. Masukkan batang atas ke dalam celah batang bawah agar bisa keduanya menyatu. Sambungan yang telah di sebutkan lantas diikat yang dengannya potongan plastic bening.
Usahakan sambungan menutup secara sempurna supaya sambungan tak di kenai air dan letakan di tempat yng teduh. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi penguapan dan mempercepat pertumbuhan tunas, sisakan 2-4 helai daun. Sekitar dua minggu, hasil penyambungan akan terlihat yang dengannya munculnya tunas daun pada cabang batabg atas.
Kalau tulisan atau artikel ini berguna bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tips mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2013/01/budidaya-adenium-dan-cara-menanamnya.html.

Seputar Budidaya Adenium Dan Cara Menanamnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Budidaya Adenium Dan Cara Menanamnya