Penanaman Dan Pemeliharaan Kapulaga

- November 04, 2017

Penanaman Dan Pemeliharaan Kapulaga

 

Penanaman KAPULAGA
Pada tatkala penanaman tanah pada lubang tanam diusahakan gembur dan yang dengannya aerasi yng baik menjadikan setek yng ditanam tak terendam air. Penanaman setek ke dalam lubang tanam di lakukan hingga batas rimpang dan tunas yng sudah tumbuh tertimbun tanah setinggi 2-3 cm akan mempercepat pertumbuhannya. Penanaman setek yng terlalu dalam ataupun lebih dari 5 cm akan menghambat keluarnya tunas dari rimpang. Sebaliknya penanaman yng terlalu dangkal akan membuat mudah tanaman rebah maka daripada itu Perlu mempergunakan ajir. Satu lubang ditanami 3 setek ataupun batang, jarak tanam yng diterapkan dan 1.5 m x 2 m ataupun per 14 m2 ada 3 lubang bagi atau bisa juga dikatakan untuk system tanam tumpang sari.
Pemeliharaan Tanaman KapulagaPengelolaan System Irigasi dan Drainase
Pengelolaan system irigasi dan drainase lahan tanaman kapulaga butuh di lakukan pada musim kemarau lantaran tanaman kapulaga tak tahan terhadap kekeringan dan genangan air menjadikan memerlukan drainase yng baik.
Penyiangan Rumput Tanaman Kapulaga
Pemeliharaan tanaman kapulaga ini tak terlalu susah cuma membersihkan rumput yng tumbuh di sekeliling tananam disertai pemupukan. Penanaman kapulaga ini sekalian pula menjadi program pupuk organik yng di lakukan oleh para petani. Orang-orang mempergunakan serta memanfaatkan pupuk sangkar dan kompos keluarga bagi atau bisa juga dikatakan untuk memupuk tanaman ini. Pemberian mulsa berupa bahan organik dari jenis tanaman leguminosa butuh di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih menaikan mutu. Peningkatan mutu bisa di lakukan pemupukan lantaran tanaman kapulaga salah satunya rakus akan unsur hara, menjadikan pemupukan Amat diharapkan lebih-lebih sekali pupuk organik dan pupuk buatan. Adapun tatacara dan jumlah pupuk yng diberikan merupakan didasari masa pertumbuhan TBM (Tanaman Belum Menghasilkan).
Pemupukan Tanaman Kapulaga
Pupuk organik diberikan pada tatkala pengolahan tanah, dan pada tatkala penggemburan diluar rumpun sebanyk 1 – 1,5 kg pupuk sangkar, pemupukan selanjutnya setiap 3 bulan sekali. Sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pupuk buatan diberikan pada umur 1 bulan sebanyk 1 sendok makan pupuk urea dan diulang pada umur 3 bulan yang dengannya 1 sendok pupuk urea disebar diluar rumpun ataupun disemprotkan pada daun. Bagi tanaman kapulaga yng telah menghasilkan, pupuk sangkar diberikan sebanyk 10 – 15 kg setiap rumpun dan pemberian selanjutnya disesuaikan yang dengannya kondisi tanaman dan lingkungan. Pupuk buatan diberikan 10 – 12,5 gram berupa Urea dan TSP. Pupuk ini diberikan diluar rumpun pada batas perakaran yang dengannya membuat selokan kecil, lantas ditutup yang dengannya tanah dan disiram seperlunya.
Pemanenan Tanaman Kapulaga
Kapulaga mulai bisa dipanen seusai tujuh bulan. Kapulaga berbuah sepanjang tahun menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemanenan ini tak menentu. Pemanenan kapulaga dikenal sebutan panen besar 4 kali dan panen kecil 4 kali yng berlangsung dalam 1 tahun secara berselang-seling. Tanaman bisa dipergunakan hingga umur 10 – 15 tahun. Hasil panen per hektar mampu mencapai 2 – 3 ton buah kering per tahun dan ini berlaku bagi atau bisa juga dikatakan untuk tanaman yng telah berumur belasan tahun.
Pemanenan bisa di lakukan yang dengannya tanda-tanda sisa perhiasan bunga yng terdapat pada bagian ujung karangan bunga mulai rontok. Buah sebaiknya dipanen sebelum masak sempurna lantaran bila biji sudah masak umumnya akan pecah pada waktu dikeringkan dan warna-nya menjadi tidak lebih baik. Tips panen yakni yang dengannya memotong karangan bunga dibawah dompolan buah. Sesudah pemanenan, buah dicuci ataupun dibersihkan berlebi dahulu lantas dijemur langsung yang dengannya sinar matahari hingga kering dan kadar airnya mencapai 10-12 %. Buah kering dimasukkan ke dalam karung ataupun kantong plastik dan diikat ataupun ditutup rapat. Penyimpanan di lakukan di tempat yng kering.


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/penanaman-dan-pemeliharaan-kapulaga.html.

Seputar Penanaman Dan Pemeliharaan Kapulaga

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Penanaman Dan Pemeliharaan Kapulaga