Jenis Jenis Dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

- Desember 27, 2017

Jenis Jenis Dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

 
Sebelum kita membahas jenis ataupun pembagian terstruktur mengenai tanaman lidah buaya berlebi dahulu kita ketahui apa saja bagian dari tanaman lidah buaya yang telah di sebutkan. Bagian dari tanaman lidah buaya terdiri atas akar, batang, daun, dan bunga.
jeni jenis lidah buaya, klasifikasi lidah buaya, fungsi lidah buaya, manfaat lidah buaya, tanaman lidah buaya

Bagian bagian Tanaman Lidah Buaya

Akar lidah buaya berjenis serabut dan tumbuh ke samping sepanjang 30-40 cm. Akar yang telah di sebutkan keluar dari batang yng tertimbun tanah. Tinggi tanaman lidah buaya bervariasi, sesuai yang dengannya jenis dan bentuk batangnya. Waktu muda, batang lidah buaya tak terlihat lantaran tertutup oleh daun yng tumbuh yang dengannya rapat. Namun, sesudah pelepahnya dipanen beberapa kali, maka batang tanaman ini akan terlihat yang dengannya terang.
Daun lidah buaya memiliki panjang yng bervariasi. Daun lidah buaya tidak sedikit memiliki kandungan air. Oleh lantaran itu, tanaman lidah buaya tergolong jenis tanaman sukulen. Bunga lidah buaya tersusun melingkar di ujung tangkainya yng menjulang vertikal. Warna bunga lidah buaya bervariasi, ada yng kuning, ungu, dan merah tua.
Di seluruh dunia, diperkirakan ada lebih dari 350 jenis lidah buaya yng salah satunya ke dalam suku Liliaceae. Dan, banyak sekali yng adalah hasil dari persilangan. Ada tiga jenis lidah buaya yng dibudidayakan secara komersial di dunia, yakni Aloe barbadensis miller, Aloe ferox miller, dan Aloe perry baker.
Dari ketiga jenis tanaman lidah buaya yang telah di sebutkan, yng paling tidak sedikit dimanfaatkan merupakan spesies Aloe barbadensis miller lantaran memiliki tidak sedikit keunggulan, yakni tahan terhadap hama, mempunyai ukuran besar (sampai-sampai 121 cm), mempunyai berat per batang yng mampu mencapai 4 kg, memiliki kandungan 75 zat yng bermanfaat, dan aman dikonsumsi.
Dari ke 75 zat yng terkandung di dalam tanaman ini, di antaranya terdapat 18 jenis asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormone, dan zat golonan obat yng meliputi antibiotik, antiseptic, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiatherosclerosis, dan antivirus. Menjadikan, tak heran kalau bangsa Mesir kuno menyebutnya menjadi tanaman keabadian.

Apa Sih Tanaman Lidah Buaya itu....?

Lidah buaya ataupun Aloe barbadensis milleer adalah sejenis tanaman berduri yng berasal dari daerah kering di Benua Afrika. Tanaman lidah buaya sudah dikenal dan dipakai sejak ribuan tahun yng lantas lantaran khasiat dan manfaatnya yng luar biasa.
Dari fakta sejarah, disebutkan bahwasanya bangsa Mesir kuno sudah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Lantaran manfaat lidah buaya yng luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya menjadi tanaman keabadian. Tak cuma itu, Dioscorides, seorang dokter dari zaman Yunani Kuno, menyebutkan lidah buaya bisa atau mampu menyembuhkan banyak sekali penyakit.
Dari fakta sejarah, disebutkan bahwasanya Mesir kuno sudah mengetahui manfaat dari lidah buaya sejak tahun 1500 SM. Lantaran manfaat lidah buaya yng luar biasa, bangsa Mesir kuno pun menyebutnya menjadi tanaman keabadian.
Pendapat dari data dari sebuah penelitian, lidah buaya adalah satu dari 10 jenis tanaman terlaris didunia dan memiliki potensi guna dikembangkan menjadi tanaman obat sekalian bahan baku pada indrustri kecantikan.
Tanaman yng tidak sedikit tumbuh di halaman rumah ini mempunyai tidak sedikit kandungan zat yng dibutuhkan oleh tubuh guna melancarkan proses metabolism. Di Negara modern, hampir sebagian besar warganya mengetahui khasiat dan manfaat dari tanaman yng satu ini, menjadikan tidak sedikit yng menanamnya menjadi tanaman hias sekalian antiseptic. Tentunya, tatacara semisal ini Amat baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk ditiru dan dikembangkan di dalam warga atau juga bisa dikatakan masyarakat kita.
Di Indonesia, lidah buaya dikenal menjadi bahan kosmetik bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan rambut. Padahal, kandunagn zat pada tanaman ini tak sekedar bagi atau bisa juga dikatakan untuk perawatan rambut, akan tetapi pula memberikan manfaat di dunia pengobatan. Banyaknya manfaat yng terkandung di dalam tanaman ini menjadikan lidah buaya berharga ekonomis tinggi. Menjadikan, tak heran bila para petani di Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan Barat, menjadikannya menjadi lahan usaha baru.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui manfaat apa saja dari tanaman lidah buaya ini, silahkan baca tulisan atau artikel sebelumnya yng ada di bawah ini (klik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membacanya)

Manfaat lidah buaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk kecantikan

Manfaat lidah buaya bisa mengobati luka memar

Kalau tulisan atau artikel ini memberikan manfaat bagi Kamu, tolong share keteman kamu melalui Facebook, google plus, ataupun twitter yang dengannya tatacara mengklik tombolnya di bagian bawah halaman ini. Terimakasih atas partisipasinya.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.bestbudidayatanaman.com/2014/02/Jenis-jenis-dan-Klasifikasi-Tanaman-Lidah-Buaya.html.

Seputar Jenis Jenis Dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis Jenis Dan Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya