Teknik Cara Budidaya Tanaman Gandum Yang Baik Dan Benar

- November 12, 2017

Teknik Cara Budidaya Tanaman Gandum Yang Baik Dan Benar

 
Tanaman Gandum adalah tanaman dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat.Tanaman Gandum umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembuatan tepung terigu,menjadi pakan ternak dan menjadi makanan sereal.Berbeda yang dengannya tanaman padi,tanaman gandum lebih tahan terhadap serangan hama burung,hal ini dikarenakan gandum mempunyai gabah yang berduri.Membudidayakan Tanaman Gandum di Indonesia Bukanlah Hal yang tak barangkali,lantaran didukung oleh tanah dan iklim yang sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan tanaman gandum.
Gambar Lahan Gandum
Lahan Dan Iklim yang cocok:
lahan yang dibutuhkan berada pada ketinggian sampai-sampai 800 meter dari permukaan laut,dan suhu yang cocok berkisar 20-25derajad celcius.Selain itu tanaman gandum pula memerlukan curah hujan 600mm/tahun dan tingkat kelembabab udara pada lahan berkisar antara 80-90%.Jenis tanah yang baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membudidayakan gandum yakni:Andesol,aluvial,regosol,kelabu dan latosol.
Pengelolaan Lahan
pengelolaan lahan bisa di lakukan yang dengannya tatacara membajak lahan mampu mempergunakan cangkul,mesin traktor,dan membajak yang dengannya kerbau.Pembajakan lahan bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetralisir kandungan racun pada tanah.Lantas bentuk sekat sekat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung bibit yang mempunyai lebar 200cm.dan buat saluran air disamping sekat sekat yang telah di sebutkan.
Teknik pembibitan
Pembibitan di lakukan disaat tanah tengah dibajak.bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam benih gandum bisa di lakukan yang dengannya menyemai benih benih gandum,maupun yang dengannya tatacara menanam bibit gandum yang telah tumbuh di atas lahan yang telah dibajak mempergunakan cangkul(manual),traktor(otomatis),kerbau(semi-otomatis).
Penanaman Bibit Gandum
penanaman bibit gandum bisa di lakukan yang dengannya tatacara menyemaikan bibit bibit gandum berlebi dahulu pada lahan persemaian.Adapun tatacara lain yang dengannya menanam bibit yang telah di sebutkan secara langsung pada sekat sekat yang menampung bibit yang dengannya jarak tanam 25cm x 25cm.
Pemupukan
pemupukan diberikan sebelum proses penanaman.adapun pupuk yang dipakai yakni pupuk N bisa di lakukan yang dengannya 2-3kali pemupukan yang dengannya tatacara dibenamkan pada tanah lantas diaduk secara merata dicampur yang dengannya tanah.
Perlindungan Terhadap Hama
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari serangan hama pada tanaman padi bisa yang dengannya tatacara penyemprotan pestisida lakukan secara rutin setiap seminggu sekali.
Masa Panen

Masa panen tanaman gandum yang paling tepat yakni pada waktu di awal kemarau dan akhir musim penghujan.Selain itu tingkat kematangan Gandum pula memberi pengaruh waktu pemanenan,andaikan panen akan ditunda maka akan bisa menurunkan bobot dari butir gandum.Masa panen gandum berkisar antara 80-130hari bergantung varietas dan ketinggian tempat ataupun suhu lingkungan.
Pemanenan bisa di lakukan sesudah terlihat ciri ciri berubahnya warna daun dari hijau ke kuning tua.


Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/10/teknik-budidaya-tanaman-gandum-yang.html.

Seputar Teknik Cara Budidaya Tanaman Gandum Yang Baik Dan Benar

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Cara Budidaya Tanaman Gandum Yang Baik Dan Benar