Sekilas Info Tentang Kehidupan Burung Pipit

- November 12, 2017

Sekilas Info Tentang Kehidupan Burung Pipit

 
burung pipit tengah memberikan makan anak-anaknya
KLASIFIKASI BURUNG PIPIT
  • Kingdom: Animalia
  • Phylum: Chordata
  • Class: Aves
  • Order: Passeriformes
  • Family: Estrildidae
  • Genus: Lonchura
  • Species: Lonchura punctulata
  • Asal: India, Cina, Asia Tenggara, Afrika
  • Harapan hidup: 6-8 tahun

Burung pipit merupakan burung kecil berparuh pendek pemakan biji-bijian. Nama latin burung pipit merupakan Lonchura punctulata.Sekilas nampak kemiripan fisik antara burung pipit yang dengannya burung gereja/house sparrow, lantaran burung gereja (Passer domesticus) serta burung pipit tergabung dalam satu ordo yng percis: Passeriformes, walaupun berbeda family. Nama lain burung pipit di Indonesia merupakan Emprit ataupun Bondol. Sedangkan di luar negeri, burung pipit dikenal yang dengannya nama Munia (spesies burung pipit dari Asia), Mannikin (spesies burung pipit dari Afrika) ataupun Silverbills.
JENIS BURUNG PIPIT
Terdapat lebih dari 40 spesies burung pipit, beberapa di antaranya:scaly breasted munia
Spesies: Lonchura punctulataNama Lain: Bondol Peking, Scaly-breasted Muniachestnut munia
Spesies: Lonchura atricapillaNama Lain: Bondol Coklat, Chestnut Munia
Bondol Coklat merupakan jenis burung pipit yang dengannya penampilan paling menarik serta cukup bersahabat yang dengannya kita-kita.
white-headed munia
Spesies: Lonchura majaNama Lain: Emprit Haji, White-headed MuniaDaerah Penyebaran: Sumatera, Jawa, Bali
Tak semisal bondol coklat, emprit haji lebih galak terhadap kita-kita serta suka mematuk.
javan munia
Spesies: Lonchura leucogastroidesNama lain: Bondol jawa, Javan Munia
java sparrow
Spesies: Lonchura oryzivoraNama Lain: Java Sparrow
MORFOLOGI BURUNG PIPIT
Burung pipit bertubuh kecil, yang dengannya panjang tubuh antara 10-12 cm serta berat 10-14 gram. Kuku burung pipit tumbuh Amat cepat. Burung pipit jantan mempunyai kepala yng tidak banyak lebih lebar dibanding burung pipit betina.
HABITAT
Burung pipit tinggal di area terbuka di dekat sumber makanan orang-orang dimana terdapat tidak sedikit tanaman rumput berbiji semisal sawah ataupun padang rumput. Burung pipit membuat sarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk berlindung dari panas serta hujan di atas pohon pada ketinggian lebih dari 4 meter. Pohon-pohon yng umumnya dipilih menjadi tempat membuat sarang merupakan pohon pinang, kelapa ataupun pohon jambu yng rimbun.
Burung pipit hidup dalam kelompok. Di dalam satu kelompok Suka didapati adanya variasi jenis/spesies pipit yng berbeda. Kelompok pipit dalam jumlah besar adalah hama padi yng Amat merugikan.
MAKANAN
Makanan utama burung pipit merupakan biji-bijian (seed) semisal padi serta millet. Tatkala musim kawin, burung pipit akan memakan dedaunan hijau serta serangga menjadi tambahan nutrisi. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk burung pipit peliharaan, makanan lebih bervariasi bergantung selera: beras, remahan roti, pupa semut, tauge, bayam, parutan wortel, ulat hongkong, sampai-sampai tulang sotong.telur burung pipit
SIKLUS HIDUP
Burung pipit akan siap kawin sesudah usia 7 bulan. Musim kawin burung pipit umumnya berlangsung pada musim hujan. Burung pipit akan membuat sarang yng terbuat dari rumput kering serta sabut kelapa. Sarang orang-orang berbentuk bulat semisal bola yang dengannya lubang di satu sisinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat induk keluar masuk. Burung pipit akan bertelur sebanyk 4-8 butir serta telur mulai dierami sesudah telur ketiga dikeluarkan. Selama pengeraman, jantan serta betina akan bergantian mengerami, akan tetapi betina yng akan lebih Suka mengeram lantaran sifat keibuan orang-orang. Lama pengeraman merupakan 13-14 hari. Sesudah menetas, anak burung pipit akan mulai belajar terbang tatkala berusia 21-25 hari. Anak burung pipit muda mempunyai warna bulu coklat muda polos, serta baru akan memperoleh pola warna bulu spesies orang-orang sesudah benar-benar dewasa.
PREDATOR
Musuh alami burung pipit merupakan ular, kadal, serta pula burung pemangsa.

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/12/sekilas-info-tentang-kehidupan-burung.html.

Seputar Sekilas Info Tentang Kehidupan Burung Pipit

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sekilas Info Tentang Kehidupan Burung Pipit