Kandungan Manfaat Tanaman Singkong

- November 13, 2017

Kandungan Manfaat Tanaman Singkong

 

KANDUNGAN MANFAAT TANAMAN SINGKONGSingkong mempunyai beberapa nama dalam bahasa Indonesia. Ada yng menyebutnya ubi kayu, ada pula yng menyebutnya ketela pohon. Dalam bahasa latin singkong dikenal yang dengannya nama Manihot utilissima serta salah satunya dalam famili Euphorbiaceae. Singkong adalah tanaman perdu dimana umbinya Suka dimanfaatkan menjadi alternatif makanan pokok lantaran memiliki kandungan tidak sedikit karbohidrat. Sementara daunnya yng masih muda dimakan menjadi lalap ataupun dibuat sayur daun singkong.
Namun, selain dimanfaatkan menjadi bahan makanan, singkong pula dipakai menjadi tanaman obat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyembuhkan banyak sekali penyakit serta gangguan kebugaran atau kesehatan. Di antaranya obat rematik, sakit kepala, demam, luka, diare, cacingan, disentri, rabun senja, beri-beri, serta mampu menaikan stamina.
Kandungan Singkong serta Daun Singkong
Umbi singkong mempunyai kandungan kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B serta C, serta amilum. Daun singkong memiliki kandungan vitamin A, B1 serta C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, serta zat besi. Sementara kulit batang, memiliki kandungan tannin, enzim peroksidase, glikosida, serta kalsium oksalat.
Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram
Lantaran kandungannya itulah tanaman singkong sejak zaman dahulu dijadikan menjadi tanaman obat pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi banyak sekali keluhan penyakit.
Manfaat Singkong serta Daun Singkong
1. Melancarkan pencernaan
Singkong adalah umbi yng ramai sekali memiliki kandungan Insoluble Fiber ataupun Serat yng Tak Larut dalam Air. Serat jenis ini berfungsi memperlancar proses Buang air besar, dan bisa atau mampu nyerap serta membuang toksin dalam usus, menjadikan pencernaan Kamu menjadi sehat.
2. Mengobati sakit kepala
Kamu bisa mempergunakan serta memanfaatkan daun singkong bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati sakit kepala. Tatacaranya yakni coba sekali kali kompres yang dengannya daun singkong. Ambillah beberapa lembar daun. Lantas tumbuklah hingga halus. Sesudah itu kompreskan pada bagian yng dirasa sakit.
3. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati diare
Daun singkong diluar dugaan pula bisa atau mampu mengobati diare. Tatacaranya yakni rebuslah daun singkong di air kira kira 900 cc, lantas biarkan hingga tinggal separonya ataupun 450 cc. Lantas saring daun yang telah di sebutkan sampai-sampai menjadi separonya lagi. Lantas minumlah 2 kali sehari yakni pagi serta sore.
4. Mencerdaskan otak
Banyak sekali penelitian menyebutkan bahwasanya di dalam daun singkong ada banyak sekali kandungan asam amino yng dibutuhkan tubuh baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu merubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit serta tulang, menaikan daya ingat, kinerja otak serta metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yng terkandung dalam daun singkong yaituasam glutamik, phenilalanin, tirosin serta triptophan.
5. Obat Luka Bernanah serta Terbakar
Mengatasi luka bernanah, batang singkong segar ditumbuk lantas ditempelkan pada bagian tubuh yng sakit. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk luka garukan, singkong diparut lantas ditempelkan pada bagian yng sakit serta diperban.
Obat luka lantaran di kenai benda panas, singkong diparut lantas diperas. Airnya didiamkan beberapa tatkala sampai-sampai patinya mengendap, lantas patinya dioleskan pada bagian yng luka.
6. Mengatasi Rematik
Pada pemakaian luar, sebanyk lima lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, serta kapur sirih secukupnya, dihaluskan serta ditambahkan air secukupnya. Sesudah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yng sakit.
Pada pemakaian dalam, 100 gram batang singkong, satu batang sereh, serta 15 gram jahe direbus yang dengannya 1.000 cc air sampai-sampai tersisa 400 cc. Lantas, disaring serta diminum airnya sebanyk 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
7. Obat Cacingan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengobati cacingan pada anak-anak, tatacaranya ambil 60 gram kulit batang singkong serta 30 gram daun ketepeng cina direbus yang dengannya 600 cc air sampai-sampai tersisa 300 cc. Lantas disaring serta diminum airnya menjelang tidur. Mengatasi beri-beri, 200 gram daun singkong dimakan menjadi lalap.
8. Menaikan Stamina
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan stamina, 100 gram singkong, 25 gram kencur, serta lima butir angco (kurma merah, beli di toko obat/makanan china) yng sudah dibuang bijinya, diblender yang dengannya menambahkan air secukupnya. Lantas tambahkan madu serta diminum.
9. Manfaat lain dari singkong:
  • Daun singkong bisa genakan menjadi obat penambah darah lantaran mempunyai kandungan zat besi yng tinggi.
  • Daun singkong bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengompres pada luka bakar lantaran bisa mempercepat proses pendinginan.
  • Umbi singkong pula bisa dipakai menjadi obat panas dalam yang dengannya tatacara diparut berlebi dahulu serta diambil air perasannya.
  • Air perasan umbi singkong terbukti memiliki kandungan getah serta tepung maka mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk obat maag serta panas dalam.
  • Air perasan umbi bisa mengobati luka pada lambung, lantaran fungsinya menjadi antibiotik. Sedangkan pada penderita panas dalam air perasan umbi singkong yang telah di sebutkan bisa mendinginkan daerah pencernaan.


Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/kandungan-manfaat-tanaman-singkong.html.

Seputar Kandungan Manfaat Tanaman Singkong

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Kandungan Manfaat Tanaman Singkong