Hal-hal Yang Menyebabkan Petani Gagal Panen

- Februari 08, 2018

Hal-hal Yang Menyebabkan Petani Gagal Panen

 
Bekerja menjadi seorang petani, sangatlah berharga seni. Tidak sedikit keuntungan yng mampu dinikmati, andai kita menjadi seorang petani. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk keuntungannya sendiri, saya sudah mengulasnya di keuntungan serta kelebihan menjadi seorang petani. Pada goresan pena yang telah di sebutkan, saya sudah menjelaskan aneka macam hal yng menguntungkan, andai Kamu mau bertani.
Akan tetapi percis semisal pekerjaan lain-lainnya, bahwasanya bertani pula tak selamanya menguntungkan, ataupun pun berjalan mulus-mulus saja. Melainkan halangan serta rintangannya, pasti pula ada. Serta satu dari sekian banyaknya halangan ataupun kendala yang telah di sebutkan merupakan gagal panen.
Memanglah, gagal panen adalah momok nomor satu bagi orang yng bercocok tanam. Karena, andai ini hingga berlangsung, seorang petani mampu mengalami kerugian jutaan, malah puluhan juta rupiah. Malahan lantaran kerugian yang telah di sebutkan, tidak sedikit dari para tani yng Perlu menjual kebun-kebun orang-orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk membiayai kebutuhan hidup, ataupun pun membayar hutang.
Kasihan kan nasib orang-orang? Serta ini pernah menimpa keluarga saya. Memanglah berat rasanya andai kaum tani mengalami hal ini. Keuntungan yng diharap-harap, bahkan hasil kosong yng didapatkan. Sebetulnya apakah penyebab gagal panen yng Suka dialami oleh petani?
Ini dia hal-hal yng memicu petani gagal panen
1. Serangan hama
Serangan hama menjadi masalah utama bagi para petani. Jangan heran, lantaran yng namanya hama itu ada di mana-mana. Ya.. di mana pun itu, di dataran tinggi ataupun rendah, yng terperinci selagi ada tanaman, selalu ada hama yng siap menyikat tanaman Kamu.
Tidak peduli siang serta malam, hama-hama itu selalu beraksi, tatkala Kamu bekerja ataupun pun disaat Kamu tengah tertidur. Andai tak memperoleh penanganan yng tepat, orang-orang benar-benar akan menyerang tanaman Kamu, sampai-sampai tidak menyisakannya kecuali tidak banyak. Ini dia kenapa akibat serangan hama, Suka membuat panen menjadi gagal.
2. Perubahan cuaca yng tak menentu
Entah kenapa, akhir-akhir ini cuaca menjadi tak menentu. Kadang panas, mendadak hujan. Malah musim penghujan berlangsung pada musim panas, serta sebaliknya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk masalah cuaca, ini cuma pengamatan pribadi, serta petani-petani di daerah saya. Bahwasanya cuaca yng berubah-ubah tak menentu, mampu menjadi penyebab rusaknya tanaman.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebabnya, saya tidak lebih tau persis. Cuma saja, ramai sekali yng mengalami gagal panen akibat cuaca yng tak baik, atau juga mendadak berganti yang telah di sebutkan. Tidak sedikit yng sudah memperlihatkan bahwasanya hujan yng panjang pula mampu merusak tanaman sayur serta buah-buahan.
3. Bencana alam
Bencana alam yng Suka berlangsung di Negeri ini, pula adalah satu dari sekian banyaknya penyebab gagal panen. Bencana alam yang telah di sebutkan semisal banjir, kekeringan, tanah longsor, gunung meletus, malah bencana alam yng tak terduga sebelumnya, semisal luapan lumpur lapindo serta tsunami Aceh.
Puluhan malah ratusan hektar area pertanian mampu tertutup abu vulkanik, terendam banjir, kering kerontang akibat kemarau, tertimbun lumpur, malah luluh lantak tersapu tsunami. Andai semisal itu bukan cuma gagal panen, malahan tak ada yng mampu di panen. Malah lebih parahnya lagi, sawah serta ladang orang-orang Perlu lenyap akibat bencana-bencana yang telah di sebutkan.
4. Kekurangan air
Kekurangan air yng saya maksud di sini, bukan lantaran bencana alam semisal kekeringan. Melainkan akibat faktor tertentu, misalnya irigasi yng tak berfungsi ataupun pun letak geografis suatu daerah yng memanglah susah memperoleh air.
Butuh Kamu ketahui, bahwasanya ada beberapa daerah di Indonesia, yng cuma mengandalkan air dari gunung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyirami serta menghidupi tanaman pertanian. Itu penyebabnya yaitu letak orang-orang yng berada di pegunungan, serta daerah yang telah di sebutkan mempunyai curah hujan yng Amat tidak banyak. Akibat dari ketergantungan ini, terkadang para petani kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh air yang telah di sebutkan. Jadi, telah terperinci akan berimbas kepada hasil panen yng tak memuaskan, malah gagal bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh hasil.
5. Mahalnya harga pupuk
Tatkala ini pupuk sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seorang petani. Yang dengannya adanya pupuk, orang-orang mampu menaikan hasil pertanian orang-orang menjadi lebih baik lagi. Itu lantaran pupuk akan membuat tanaman lebih subur, berbuah lebat, serta berbobot tentunya.
Nah, andai harga pupuk menjadi tidak murah, otomatis para petani akan mengurangi biaya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli pupuk yang telah di sebutkan. Akibatnya, kebutuhan pupuk yng dibutuhkan tanaman menjadi berkurang, menjadikan hasil dari tanaman yang telah di sebutkan pun akan mengalami penurunan. Malah, akibat minimnya pupuk, mampu membuat petani gagal panen.
Para pembaca, demikianlah hal-hal yng bisa memicu petani gagal panen, mudah-mudahan berguna bagi Kamu.

Sumber rujukan dan gambar : http://senibertani.blogspot.com/2014/08/hal-hal-yang-menyebabkan-petani-gagal.html.

Seputar Hal-hal Yang Menyebabkan Petani Gagal Panen

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Hal-hal Yang Menyebabkan Petani Gagal Panen