Tips Membudidayakan Tanaman Gumitir

- November 12, 2017

Tips Membudidayakan Tanaman Gumitir

 

PEMASARAN TANAMAN GUMITIR
  • Lantaran tanaman gumitir adalah tanaman yng menyukai air yng tidak sedikit. Tanaman gumitir akan tumbuh baik tatkala tersedia air yng berlimpah (musim hujan). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan harga bunga gumitir yng baik tanam lah bunga gumitir tatkala musim kemarau. Namun pastikan di daerah kamu mempunyai peredaran irigasi teknis menjadikan air selalu tercukupi. Disanalah keunggulan kita dibandingkan daerah lain (tegalan) yng menanam bergantung dari musim hujan.
  • Lantaran bunga gumitir paling besar dimanfaatkan menjadi bunga sarana upacara di daerah Bali maka tanamlah bunga gumitir menjelang hari raya besar (saraswati, galungan, kuningan, Tumpek dll) pastikan kamu panen gumitir 3 hari sebelum hari raya (umur panen bunga gumitir rata-rata 55 hst (dari bibit).
  • Perbedaan harga bunga gumitir di tingkat petani cenderung tinggi, lantaran bunga gumitir salah satunya volumetrik. memerlukan tempat yng tidak sedikit serta cuma bisa membawa jumlah berat yng tidak banyak. andai harga bunga norma di kisaran 5 ribu di petani maka di pasaran bunga gumitir akan bernilai 10 - 11 ribu. Hebohnya berlangsung tatkala bunga gumitir langka, tatkala harga di petani mencapai 30 ribu maka harga di tingkat pedagang serta di pasar mencapai 40-50 ribu. Lantaran alasan hukum permintaan serta penawaran. Andai stok bunga gumitir langka maka peluang pedagang mengangkat harga. Maka saran penulis tatkala bunga langka bisa mengambil kesempatan denga menjual langsung ke pedagang ataupun ke pasar. Lantaran tatkala bunga langka di sana harga bisa diangkat secara maksimal jadi margin keuntunmgan bisa mencapai 100%.

IKLIM DAN CUACA UNTUK TANAMAN GUMITIR 1. Tanaman gumitir memerlukan tanah yng mempunyai kemampuan mengikat air yng tidak sedikit jadi tanah lempung yang dengannya liat akan lebih baik dari tanah berpasir.
2. Suhu yng dikehendaki oleh tanaman gumitir relatif rendah yang dengannya tempat yng cocok di daerah pegunungan. Akan tetapi tak menutup mungkin di lakukan di daerah rendah yang dengannya sedtikit modifikasi. Pada daerah ketinggian 800 dpl hingga 1100 dpl maka lingkungan cenderung ber air serta basah, menjadikan bunga gumitir memperoleh air yng lebih tidak sedikit serta tanaman bisa berkembang yang dengannya lebih baik malah bunga yng mekar akan lebih besar.
PEMUPUKAN TANAMAN GUMITIR 3. Dari penelitian simpel yng pernah saya lakukan saya mendapatkan kesimpulan bahwasanya tanaman gumitir salah satunya tanaman yng tak boros akan pupuk. penelitian yng saya lakukan malah tanaman gumitir masih bisa tumbuh normal cuma yang dengannya pupuk kompos cair berbahan azolla . Andai kamu belum yakin cuma mempergunakan pupuk organik kamu bisa mengkombinasikanya antara pupuk kimia serta pupuk organik. Tanaman gumitir bisa dikocor yang dengannya pupuk kimia NPK (160 liter diberi 1 kg pupuk NPK serta tambahkan kompos cair sebanyk 10 liter). andai tanaman masih kecil 7- 14 hst bisa dikocor yang dengannya 120 cc per tanaman seusai tanaman berumur 15 - 55 - panen dikocor yang dengannya dosis 240 cc per tanaman. Dalam pemupukan sebaiknya genakan pupuk yang dengannya software kocor, lantaran sekalian memupuk sekalian menyiram.
PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT1. Hama paling utama pada tanaman gumitir merupakan (ulat tanah, keong, molusca serta anjing tanah) hama kelompok ini Amat rawan pada tatkala tanam bibit lantaran bibit yng masih muda langsung dipotong menjadikan bibit langsung terputus serta mati. Serangan hama jenis ini bisa berlangsung sepanjang malam serta dipagi telah memutus seluruh bibit dalam waktu 1 malam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi serangan hama ini merupakan kita Perlu begadang semalaman, letakkan bestisida berupa bekatul yng sudah dicampurkan muluscasida serta insektisida (Lanet, Drusban dll). Pemberian pestisida ini sebaiknya diberikan pada tatkala malam hari serta Perlu di lakukan ronda sepanjang malam lantaran hama ini akan keluar tatkala malam hari serta pestisida akan efektif dalam pengandalianya.
2. Hama kedua yng tak kalah berbahayanya merupakan jenis kutu putih. Serangan hama ini menghasilkan kerusakan pada bakal bunga serta akhirnya merusak bunga gumitir. Kutu jenis ini menyerang kelopak bakal bunga. Hama ini lantas masuk serta menghisap cairan pada kelopak yng memicu kelopak bunga mengkerut. Sesudah berlangsung pengkerutan kelopak dari bakal bunga maka hingga bunga mekar bungta akan tumbuh cacat serta tak laku di pasaran.
Solusi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi serangan hama ini merupakan yang dengannya penyemprotan pestisida (drusban, Curacron dll) serta di lakukan di sore hari menjelang malam, Lantaran kutu ini aktif di malam hari. Andai telah disadari terdapat serangan tatkala masih bakal bunga maka sebaiknya bunga dipotong serta dipangkas lantaran andai dibiarkan berkembang akan cacat serta tak laku dipasaran malah akan menghabiskan energi serta nutrisi dari tanaman induk. Andai telah dipangkas maka tunas yng baru akan berkembang yang dengannya cepat serta segera menggantikan bungan yng terserang penyakit pada generasi awal.
3. Penyakit utama pada tanaman gumitir merupakan jamur (Phytophthora infestans). Dimana jamur akan menginfeksi daun gumitir yng cenderung kecil serta tipis.akibat serangan jamur ini daun menjadi hitam serta akhirnya kering. seusai tanaman kering maka tanaman gumitir akan mati. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi serangan jamur ini.lakukan penyemprotan pestisida baik organik (air tembakau, Air bawang) maupun kimia (Dithane, Score, Explore dll) merek tak menjadi suatu keharusan. Akan tetapi yng menjadi kunci dari pengendalian jamur pada tanaman gumitir ini merupakan pastikan segera melakukan penyemprotan tatkala berlangsung embun ataupun gerimis. Lantaran gerimis serta kabut memacu serangan jamur malah dibandingkan yang dengannya tatkala hujan lebat. Cara lain merupakan lakukan pengendalian jamur ini tatkala dini hari hingga pagi hari lantaran jamur Amat aktif tatkala waktu yang telah di sebutkan.
4. Tatkala telah di lakukan panen lakukan penyemprotan fungisida lantaran tatkala habis panen tidak sedikit berlangsung pelukaan tanaman tatkala panen, menjadikan Amat rentan yang dengannya serangan jamur. Malah dari pengalaman seusai panen dimana bunga gumitir bisa dipanen sampai-sampai 15 kali (andai normal) Amat jarang berlangsung serangan hama. Serangan hama cuma berlangsung di awal tanaman berbunga (bunga pertama). Andai bunga pertama telah aman ataupun kutunya telah bisa terkendali maka tanaman pada fase selanjutnya akan aman.
PENGENDALIAN GULMA TANAMAN GUMITIR 1. Pada budidaya tanaman gumitir pemasangan mulsa menjadi wajib. Lantaran pernah saya melakukan penelitian menanam gumitir tanpa mulsa. Biaya tinggi terdapat atau terletak pada mengendalikan gulma, lantaran tanaman gumitir akan menjadi kekurangan unsur hara andai berebut unsur hara yang dengannya gulma.2. Keunggulan lain pemasangan mulsa merupakan mulsa yang telah di sebutkan bisa dipakai sampai-sampai 5 kali bergantung dari kualitas mulsa. Tatkala di lakukan penanaman kembali lobang tanam yng lama bisa dipakai lagi tinggal ditambahkan pupuk organik padat seusai itu lobang tanam bisa dipakai kembali. Dari pengalaman penulis pada penanaman yng selanjutnya tak berbeda jauh. Lantaran sifat tanaman gumitir cenderung hemat pupuk menjadikan pupuk dibutuhkan tak dalam jumlah yng tidak sedikit.
PANEN TANAMAN GUMITIR 1. Bunga gumitir yng tumbuh normal bisa dipanen sampai-sampai 15 kali (2kg per pohon). 2. Bunga gumitir makin rutin dipanen maka tanaman akan bisa tumbuh lebih lama. Sedangkan andai bunga ditahan lama pada pohon maka tanaman akan berat serta menghabiskan energi yng tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan bunga yng telah mekar yang telah di sebutkan. Dimana bunga yng telah mekar butuh energi yng lebih besar dari pada vase vegetatif (tunas).reff :http://berassehatbali.blogspot.co.id/

Sumber rujukan dan gambar : http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/tips-membudidayakan-tanaman-gumitir.html.

Seputar Tips Membudidayakan Tanaman Gumitir

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Tips Membudidayakan Tanaman Gumitir