Teknik Budidaya Tanaman Jahe | Berkebun Jahe

- Desember 31, 2017

Teknik Budidaya Tanaman Jahe | Berkebun Jahe

 
Jahe adalah satu dari sekian banyaknya dari sekian tidak sedikit tanaman obat yng bisa atau mampu tumbuh subur di tanah Indonesia. Ramai sekali manfaat yng mampu didapat dari jahe, di antaranya merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meringankan demam serta menghangatkan badan tatkala cuaca dingin. Selain itu, jahe pula biasa dipakai menjadi penyedap masakan. Oleh karena itulah, menanam jahe mampu dijadikan menjadi satu bisnis sampingan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah penghasilan.

Syarat Tumbuh
Supaya tanaman jahe bisa tumbuh subur serta memberikan hasil maksimal, beberapa syarat Perlu terpenuhi, yng meliputi:
- Kondisi tanah
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tumbuh yang dengannya subur, tanaman jahe butuh tanah yng kaya akan nutrisi.
- Cahaya
Tanaman jahe butuh cahaya yng cukup. Walau demikian, di alam liar, tanaman ini umumnya tumbuh di bawah pohon yng lebih besar lantaran intensitas cahaya yng mengenai batang serta daunnya mampu dikurangi.
- Suhu
Tanaman jahe bisa atau mampu tumbuh yang dengannya baik di daerah yng bersuhu 23 sampai-sampai 26 derajat celsius. Tanaman ini dikenal tak bisa atau mampu mentolerir suhu yng tidak lebih ataupun melebihi temperatur yang telah di sebutkan.
- Kelembaban
Jahe umumnya tumbuh pada daerah yng mempunyai tingkat kelembaban tinggi. Oleh karena itu, tanamlah jahe di tempat yng teduh, Anget serta lembab.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk budidaya tanaman jahe dibutuhkan beberapa tahapan serta perlengkapan. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk tempat serta media tanam, tanaman jahe tak butuh lahan yng luas ataupun kriteria tanah tertentu. Soal perawatan, jahe pula tak butuh perawatan yng rumit. Berikut merupakan teknik penanaman jahe supaya memberikan hasil maksimal.
- Pemilihan bibit
Hal penting yng wajib bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu perhatikan tatkala ingin menanam jahe merupakan memilih bibit yng mempunyai kualitas. Kamu mampu membuatnya sendiri yang dengannya gampang, yaitu yang dengannya mengambil satu tanaman jahe lantas simpen di tempat yng cukup elmbab sampai-sampai tunas keluar. Potong tunas yang telah di sebutkan lantas rendam yang dengannya mempergunakan agrimicin selama tidak lebih lebih 8 jam.
- Media tanam
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menanam jahe, tak dibutuhkan media tanam tertentu. Kamu mampu mempergunakan polybag, sekam, pupuk sangkar serta tanah humus. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat media tanam yng baik, Kamu butuh mencampurkan berlebi dahulu keempat bahan yang telah di sebutkan yang dengannya perbandingan 3:1. Pengertiannya, tanah sebanyk 3 ember butuh satu ember pupuk serta satu ember sekam.
Masukkan tanah yng telah dicampur yang telah di sebutkan ke dalam polybag tidak lebih lebih ¾ bagian. Sisipkan bit tanaman jahe ke dalam media tanam yng telah dibuat.
- Perawatan
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu supaya bibit jahe tumbuh yang dengannya sempurna, dibutuhkan beberapa langkah perawatan. Pada minggu pertama, Kamu Perlu menyiram bibit tanaman jahe sehari-hari. Disaat bibit telah mulai tumbuh besar, hentikan penyiraman serta ubah yang dengannya pemberian pupuk. Lindungi tanaman jahe dari serangan hama mempergunakan pestisida ataupun insektisida andaikan diserang serangga pengganggu. Hindarkan tanaman jahe yng telah mulai tumbuh besar dari air yng terlalu tidak sedikit supaya rimopang tak mengalami kerusakan.
Budidaya tanaman jahe memanglah tak susah hal ini lantaran tanaman ini gampang hidup serta cukup kebal terhadap serangan penyakit ataupun hama.jahe mampu dipanen disaat telah berumur sekitar 8 bulan. Walau Suka diambil, akan tetapi Kamu tak akan kekurangan lantaran tunasnya akan terus tumbuh. Oleh karena itulah, Kamu tak butuh melakukan penanaman dari awal lantaran cukup yang dengannya menunggu tanaman selanjutnya membesar serta Kamu pun telah mampu melakukan pemanenan kembali. Oleh karena itulah, andai Kamu mempunyai lahan yng cukup luas serta barangkali mencari pengganti tanaman tumpang sari, barangkali jahe cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kamu pilih.

Sumber rujukan dan gambar : http://www.kebunbudidaya.com/2016/11/teknik-budidaya-tanaman-jahe.html.

Seputar Teknik Budidaya Tanaman Jahe | Berkebun Jahe

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Teknik Budidaya Tanaman Jahe | Berkebun Jahe